Connect with us
Lady Bird Netflix Review
Merie Wallace/A24

Film

Lady Bird Review: Kisah Drama Remaja yang Realistis dan Relevan

Sentuhan personal Greta Gerwig dalam film debutnya sebagai sutradara yang berbuah manis.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Lady Bird (2017) merupakan film drama remaja yang menjadi debut bagi Greta Gerwig sebagai sutradara. Film ini menuai banyak ulasan positif hingga sempat mendapatkan rating 100% dari situs Rotten Tomatoes (rating terbaru 99%).

Lady Bird juga telah memenangkan dua penghargaan Golden Globes untuk kategori Best Motion Picture – Musical or Comedy dan Best Actress untuk penampilan Saoirse Ronan sebagai pemeran utama. Film ini juga masuk nominasi Oscar 2018 untuk kategori, Best Picture, Best Actress, dan Best Supporting Actress.

Lady Bird Netflix

Lady Bird Netflix

Lady Bird bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Christine alias Lady Bird yang keras kepala dan memiliki mimpi besar. Ia tak sabar untuk segera meninggalkan kota Sacramento dan melanjutkan pendidikan di kota besar setelah lulus dari SMA. Namun, Christine kerap tidak sepaham dengan sang ibu yang sedang mengalami kesulitan ekonomi.

Netflix terus memperbarui koleksi film berkualitasnya, ada banyak film nominasi Oscar yang sudah bisa kita tonton dalam website streaming tersebut. Salah satu judul film terbaru yang telah masuk Netflix adalah “Lady Bird”.

Nostalgia Masa Remaja Dengan Segala Gejolak Emosinya

Lady Bird memiliki storyline sederhana dan tidak mengandung kronologi cerita yang paten. Namun, dalam dua menit utama, film ini telah menyajikan scene sederhana dengan kejutan, membuat kita tertarik untuk mengenal lebih lagi sosok Christine yang menamai dirinya sendiri Lady Bird.

Tidak ada konflik utama apalagi plot twist dalam kisah ini, dialognya juga sangat natural dan relevan. Film ini juga memiliki sentuhan komedi, namun materi komedi yang dibawakan juga natural, seperti halnya lelucon atau gurauan yang kita lontarkan pada teman atau orang tua di kehidupan sehari-hari.

Konsep cerita tersebut diimbangi dengan kualitas akting para cast yang berkualitas. Saoirse Ronan berhasil menghidupkan karakter Christine dengan gejolak remaja dalam mengejar mimpi, menjalani hubungan romansa pertamanya, bersenang-senang dengan sahabatnya, hingga interaksinya dengan keluarga.

Ladybird Netflix

A24

Salah satu penampilan paling sempurna dalam Lady Bird adalah chemistry ibu dan anak yang dieksekusi oleh Saoirse dan Laurie Metcalf. Hubungan ibu dan anak perempuan selalu melibatkan dinamika emosi dan suasana hati yang dinamis apalagi ketika anak perempuan sedang dalam usia remaja. Kadang kita merasa sayang dan cinta pada sang ibu, tapi ada saatnya kita bertengkar hingga rasanya ingin meninggalkan ibu jika sudah dewasa. Hubungan love-hate yang disajikan dalam film ini dijamin akan membuat kita teringat lagi pada masa pemberontakan saat masih remaja.

Produksi yang Sederhana Secara Teknikal

Memiliki presentasi storyline dengan screenplay yang berkualitas dan berarti setiap detiknya, Lady Bird termasuk film dengan produksi yang biasa saja dalam segi teknikal. Dalam aspek sinematografi, sound, hingga scoring, tidak ada teknik yang begitu ditonjolkan.

Beberapa film drama terbaik biasanya didukung dengan scoring yang menggugah dan setidaknya satu adegan monumental dengan sinematografi dramatis. Namun Lady Bird tidak mengandalkan aspek-aspek tersebut untuk menggugah penontonnya. Sebelum kita sadari, film sudah mendekati akhir dan ditutup dengan adegan yang tenang tanpa lonjakan emosi tertentu.

Sentuhan Personal Dari Greta Gerwig yang Memberikan Esensi Dalam Cerita

Lady Bird merupakan film semi autobiografi dari Greta Gerwig sendiri. Sebagian besar unsur dalam film drama ini mengandung sentuhan personal dari masa remaja Greta yang berasal dari Sacramento. Begitu juga penciptaan karakter Christine atau Lady Bird yang memiliki banyak kesamaan dengan dirinya saat masih dalam fase pemberontakan saat remaja.

Sebagai sutradara Lady Bird, Greta telah menuangkan segenap hatinya dengan sentuhan skill dan kreativitas untuk menghasilkan film debut yang membuat namanya langsung masuk dalam jajaran sutradara berbakat. Sentuhan pribadi tersebut telah menghasilkan karya dengan nilai relevansi tinggi yang mampu menjangkau hati banyak penonton.

Lady Bird merupakan film yang menonjolkan drama natural tanpa gimmick atau plot twist. Namun memiliki racikan ajaib untuk membuat materi yang sangat sederhana menjadi film layar lebar terkonsep dan memiliki esensi yang mendalam tentang dinamika kehidupan gadis remaja.

Namun, film ini mungkin kurang cocok buat penonton yang mudah bosan dengan dialog panjang, fase cerita yang lambat, dan minimnya adegan dramatis. Buat yang sedang mencari film drama berkualitas dan penuh makna, Lady Bird bisa menjadi tonton seru buat kita yang sedang #DiRumahAja.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect