Connect with us
Karakter Film Horor Hollywood Paling Ikonik Sepanjang Masa
Freddy Krueger cosplay (Photo by Daniel Zuchnik/Getty Images)

Cultura Lists

Karakter Film Horor Hollywood Paling Ikonik Sepanjang Masa

Banyak sekali karakter dalam film horor, tapi hanya sedikit yang menjadi ikonik dalam industri sinema Hollywood.

Ragam karakter selalu muncul di dalam berbagai film. Karakter yang bermunculan ditujukan untuk berbagai hal, salah satunya seperti memberikan ketakutan dalam film.

Walau sudah banyak sekali karakter yang bermunculan dalam film horor Hollywood, namun hanya sedikit yang memberikan kesan mendalam bagi penonton. Selain menebar rasa takut, mereka juga memiliki ciri khas yang menjadikannya ikonik. Berikut ini adalah daftar karakter film horor Hollywood paling ikonik sepanjang masa untuk menyambut Halloween.

Texas Chainsaw Massacre: The Beginning

Texas Chainsaw Massacre: The Beginning

Leatherface (1974)

Leatherface adalah karakter yang muncul dalam seri film horor The Texas Chainsaw Massacre yang dirilis pertama kali pada 1974 silam. Ia sendiri juga selalu hadir dalam waralaba film horor tersebut, dan memberikan teror dalam setiap kemunculannya.

Seperti seri filmnya yang punya banyak versi, Leatherface juga memiliki ragam versi dan latar belakang. Akan tetapi, karakternya dalam setiap timeline dipertahankan melalui wajahnya yang dilapisi kulit manusia dan gergaji mesin yang selalui ia pakai untuk membunuh korbannya.

Leatherface merupakan salah satu karakter film horor Hollywood yang paling populer. Ia juga yang mendorong hadirnya berbagai karakter ikonik lainnya di beragam film horor masa kini.

Michael Myers

Michael Myers – Halloween (2018)

Michael Myers (1978)

Film Halloween juga menjadi salah satu franchise horor yang paling populer sepanjang masa. Waralaba yang memulai debutnya pada 1978 ini menghadirkan karakter film horor yang menjadi pop culture, yakni Michael Myers.

Berbeda dengan Leatherface yang memiliki ragam versi, Michael Myers sendiri selalu digambarkan sama dalam setiap installment-nya. Terutama dari penampilannya yang selalu menggunakan topeng pucat dan membawa pisau dapur untuk menghabisi korbannya dengan cara yang sadis.

Sebagai karakter film horor, Michael Myers digambarkan dalam setiap seri Halloween sebagai sosok yang sepenuhnya jahat. Inilah yang menjadikan kemunculannya terasa mengancam sekaligus membuat dirinya menjadi ikonik.

Jason Voorhees

Jason Voorhees

Jason Voorhees (1980)

Banyak sekali franchise film horor Hollywood yang menjadi populer, salah satunya adalah Friday the 13th yang mempopulerkan karakter film horor Jason Voorhees.

Jason Voorhees digambarkan sebagai sosok yang tegap, dengan menggunakan topeng hockey dan machete sebagai senjata utamanya. Hal unik dari Jason adalah dorongan membunuhnya yang datang dari trauma kekerasan yang ia alami di Camp Crystal Lake.

Selain muncul dalam film, Jason pun juga tampil dalam beberapa judul game. Di antaranya yang terbaru adalah Mortal Kombat X sebagai salah satu guest character. Saking populernya karakter film horor Hollywood ini, kita dapat merasakan menjadi Jason dalam game Friday the 13th yang tersedia di PC, PlayStation 4, dan Xbox One.

Freddy Krueger

Freddy Krueger

Freddy Krueger (1984)

Seperti judulnya, A Nightmare on Elm Street mampu memberikan mimpi buruk bagi para karakter dan penontonnya. Salah satu penyebabnya muncul dari kehadiran Freddy Krueger sebagai antagonis utama.

Karakter berwajah buruk rupa yang datang dari pemikiran jenius Wes Craven ini tergolong unik. Selain tampil dengan sweater bergaris merah hijau dan sarung tangan berpisau ala Wolverine-nya, Freddy juga terkenal karena selalu menyerang melalui mimpi para korbannya dan tak bisa dikalahkan, kecuali jika ia berhasil dibawa ke dunia nyata.

Karena watak dan tingkah laku Freddy yang unik tersebut, tak heran ia menjadi salah satu karakter buatan Wes Craven yang paling terkenal. Selain itu, ia juga tampil dalam film Freddy vs Jason, diadu dengan Jason Voorhees yang sama-sama karakter ikonik dalam film horor Hollywood.

Chucky

Chucky

Chucky (1988)

Berbeda dengan beberapa karakter film horor Hollywood lainnya, karakter ini merupakan boneka yang datang dari franchise The Child’s Play. Chucky adalah boneka Good Guy yang menjadi wadah dari jiwa Charles Lee Ray. Walau menjadi boneka, Chucky mampu memberikan teror bagi setiap orang dan membunuh mereka dengan sadis.

Layaknya Michael Myers, Chucky sendiri digambarkan sebagai sosok yang sepenuhnya jahat. Ia juga menjadi salah satu karakter yang menerapkan praktek voodoo, menjadikan dirinya unik dan membuat penonton mudah untuk takut padanya.

Karakter Film Horor Hollywood Paling Ikonik Sepanjang Masa

Pennywise (It)

Pennywise (1990)

It adalah salah satu karya Stephen King yang paling populer dan sekaligus memperkenalkan Pennywise sebagai antagonis utamanya. Makhluk supernatural ini memiliki perawakan ala badut, mulai dari wajah hingga keseluruhan tubuhnya. Diiringi dengan balon yang selalu ia bawa dan sering meneror anak-anak melalui kemampuan halusinasinya setiap 27 tahun sekali, tak heran Pennywise menjadi karakter film horor Hollywood paling ikonik dari Stephen King.

Pennywise sudah muncul dalam dua versi di layar lebar. Versi pertamanya pada tahun 1990 silam dibawa layaknya badut biasa. Akan tetapi, pesona mengerikannya terpancar kala ia dibangkitkan kembali dalam film It arahan Andy Muschietti pada 2017 hingga sekuelnya yang muncul 2019 lalu.

Ghostface

Ghostface

Ghostface (1996)

Pembunuh berantai kerap muncul dalam berbagai film horor sebagai antagonis. Akan tetapi, Ghostface menjadi satu dari sedikit karakter antagonis yang paling unik sepanjang masa.

Karakter yang muncul dalam seri film Scream ini digambarkan sebagai sosok dengan topeng hantu dan jubah hitam. Berbeda dengan ragam film horor yang memiliki satu identitas, ada banyak karakter yang menggunakan Ghostface sebagai penyamarannya, walau mereka semua sama-sama serial killer.

Walau identitas Ghostface digunakan oleh banyak karakter, tetapi tujuan mereka semua tetap sama, yakni menghabisi Sidney Prescott yang dianggap sebagai petaka bagi para antagonis. Ia juga dimunculkan dalam game Dead by Daylight, menjadi salah satu DLC walau tak berkaitan langsung dengan waralaba Scream.

Billy the Puppet

Billy the Puppet

Billy the Puppet (2004)

Karakter film horor paling ikonik tidak selamanya menjadi antagonis utama. Hal ini berlaku pada Billy the Puppet yang datang dari franchise film horor Saw.

Billy ditampilkan sebagai boneka dengan dandanan bernuansa hitam yang rapi dan menggunakan sepeda roda tiga di hampir setiap kemunculannya sebagai messenger dari sang antagonis utama, Jigsaw. Walau begitu, wajahnya yang putih dibarengi dengan spiral merah di pipi dan rambut berantakan membuatnya tampak lebih mengerikan.

Selain tampil di Saw, Billy juga dimunculkan pula sebagai referensi dalam berbagai karya para kreatornya, James Wan dan Leigh Whannell. Ia bahkan menjadi salah satu dari banyak karakter film horor Hollywood yang muncul dalam horor komedi Scary Movie 4, sekaligus menjadi antagonis utama dalam film tersebut..

Itulah daftar karakter film horor Hollywood paling ikonik sepanjang masa. Apabila ingin memahami mereka, coba tontonlah berbagai film horor dari masing-masing karakter. Cocok juga ditonton sambil menyambut Halloween yang akan datang di akhir bulan nanti.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect