Connect with us
Jungle Keep Moving
Photo: Anna Victoria

Music

Jungle: Keep Moving Single Review

Menyemarakan lantai dansa dengan ‘Keep Moving’ yang terdengar lebih universal.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Duo electronic, Jungle, baru saja merilis single terbaru yang groovey berjudul ‘Keep Moving’. Single ini menandai rencana perilisan album ketiga mereka yang bertajuk “Loving In Stereo” pada Agustus 2021 mendatang. Bertepatan dengan memasukinya musim panas di negara empat musim, Jungle memiliki ekspektasi untuk menghadirkan summer tracklist dengan semangat selebrasi serta menghadirkan nuansa lantai dansa yang semarak.

‘Keep Moving’ menghadirkan musik disco dan soul dance yang smooth sekaligus hype. Terasa usaha untuk meracik lagu yang dengan aransemen musik disco yang simple namun catchy dan membawa kita kembali ke era “Saturday Night Fever” dengan lagu-lagu dari Bee Gees yang tak pernah gagal membuat pendengarnya bergoyang.

Bagian intro merupakan medley dari sebuah track pendek, ‘Dry Your Tears’. Dimana track tersebut lebih dominan dengan instrumen string yang mellow, gloomy, dan atmospheric. Kemudian ‘Keep Moving’ menjadi track yang menyambut dengan lirik lebih penuh harapan dan menghibur; transisi dan akselerasi mood yang dihadirkan dari dua track ini smooth; memberikan ekspektasi tracklist album yang berkualitas pada album ‘Loving in Stereo’.

‘Keep Moving’ memadukan komposisi instrumen string dengan aransemen musik disco lantai dansa dengan hook yang catchy. Komposisi string yang dimasukan menjadi garis bawah untuk lirik yang menjadi hook dari lagu ini, ‘keep moving, keep moving’. Kemudian bassline dan drum dengan tempo medium memberikan sentuhan soul music yang menambah volume pada musik yang dominan dengan sound stereo.

Jungle

Setelah mengulang-ngulang komposisi sepanjang track untuk memenuhi tujuan sebagai track yang catchy, ‘Keep Moving’ ditutup dengan freestyle instrumen yang menunjukan sisi idealis dari Jungle dengan memainkan pola-pola pada instrumen piano, bass, dan gitar electrik sebagai penanda berakhirnya pesta di lantai dansa, kembali pada keheningan.

Rilis di tengah masa yang masih sulit bagi sebagian besar orang, ‘Keep Moving’ merupakan track yang menghadirkan berbagai emosi dalam satu lagu. Ada perasaan melankolis, kecemasan, namun juga berpadu dengan harapan dan kebahagian secara bersamaan. Hidup memang sedang sulit, kita juga tidak selalu bahagia, namun ketika kita hendak menari untuk menghilangan kepenatan, tak ada yang melarang untuk kita tetap menari; kira-kira mood seperti itulah yang akan kita rasakan saat mendengarkan lagu ‘Keep Moving’.

Jungle merupakan unit electronic asal Inggris dengan Josh Lloyd-Watson dan Tom McFarland sebagai produser musik. Grup musik ini telah debut pada 2014 dengan album self-titled yang menganut genre modern soul, funk, dan electronic. Mereka juga telah merilis album kedua pada 2018, “For Ever”, dimana diakui sebagai album yang lebih menonjolkan ekspresi pribadi; terasa introvert dan idealis.

“Loving In Stereo” akan menjadi album ketiga dimana Jungle hendak menyajikan materi musik lantai dansa yang lebih universal dan lebih mudah dinikmati oleh kalangan mainstream.

Click to comment

Julia Michaels Julia Michaels

Julia Michaels: Not in Chronological Order Album Review

Music

The Armed The Armed

The Armed: ULTRAPOP Album Review

Music

Young Stoner Life Young Stoner Life

Young Stoner Life: Slime Language 2 Compilation Album Review

Music

PJ Harding & Noah Cyrus: People Don’t Change Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect