Connect with us
Senigma
john mayer
Ralph Freso/Special for The Republic

Music

John Mayer: Room For Squares Album Review

Album debut John Mayer yang membentuk musik warna musiknya hingga saat ini.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pada Juni 2001, soloist John Mayer merilis album debutnya yang bertajuk “Room For Squares”. Album ini penuh dengan sentuhan naif yang kaya lirik dengan aransemen pop, alternatif rock, hingga musik sentuhan country yang dibawakan dengan modern dan elegan.

Dilansir dari Pitchfork, John Mayer berusaha membuat konsep album dengan kesan dewasa namun terdengar kekanak-kanakan. Konsep ini terdengar pada setiap lirik lagu seputar quarter-life-crisis dan cinta yang jenaka namun dikemas penulisan yang dewasa dan aransemen musik yang elegan dan profesional.

Sebagai album debut, John Mayer menampilkan berbagai warna aransemen yang membentuk album “Room For Squares” ini.

John Mayer: Room For Squares

John Mayer: Room For Squares

“Your Body Is Wonderland” dipilih sebagai single utama dari album ini. Lagu ini memiliki aransemen musik country yang dipadukan dengan pop, menciptakan musik yang catchy. Dengan lirik yang easy listening, John Mayer mampu membawakan hook-up-song dengan cara paling elegan dan romantis.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, John Mayer memasukan berbagai track dengan warna musik. Mulai dari lagu country yang dipoles elegan dan modern seperti “No Such Thing”, “Why Georgia”, dan “My Stupid Mouth”.

Lagu-lagu ini memiliki aransemen gitar dan drum yang hampir serupa. Tak hanya pada aransemen musiknya, gaya penulisan narasi cerita ala country juga diterapkan pada lagu-lagu ini dimana John Mayer menyanyikan berbagai cerita.

Lirik-lirik pembuka seperti “I am driving up 85 in the kind of morning…” pada lagu “Why Georgia”, hingga “Staying home alone on Friday….” pada lagu “Love Song For No One” merupakan salah satu pola penulisan lirik yang banyak diterapkan Mayer pada album pertamanya.

Berikutnya kita akan mendengarkan beberapa track dengan nuansa blues yang kental. Salah satu track yang sangat terdengar nge-blues adalah “City Love”. Lagu ini memiliki rhythm khas lagu-lagu blues pada beat musik dan cara pembawaan vokal Mayer. Beberapa track lainnya yang memiliki warna musik blues adalah “Neon” dan “St. Patricks’ Day” dengan lirik yang melankolis dan aransemen gitar yang menjadi kekuatan musisi satu ini.

Alternatif rock juga merupakan salah satu genre yang terdengar pada karya-karya John Mayer. “Great Indoors” dan “Not Myself” merupakan track yang memiliki aransemen musik alternatif rock dengan unsur gitar dan drum yang cukup dinamis dan powerful.

Secara keseluruhan, “Room For Squares” merupakan karya awal yang mempengaruhi kesuksesan dan warna musik John Mayer hingga saat ini. Dengan karakter penulisan lirik ala country dan blues, ia membungkus dua genre konservatif tersebut terdengar lebih easy listening, modern, dan catchy. Namun, tetap tidak menghilangkan unsur elegan dan berkelas dari jenis musik tersebut.

Click to comment

Leave a Comment

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Music

Super Junior Super Junior

Super Junior: Time_Slip Album Review

Music

raisa you raisa you

Raisa: You Single Review

Music

mika mika

Track of The Week: Mika, Megan Trainor, Raisa

Cultura Lists

Connect