Connect with us
IU
Wolajowoon

Music

IU: Love Poem Album Review

Suara emas IU yang mampu beradaptasi pada berbagai genre lagu.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Love Poem” merupakan mini album kelima dari IU yang rilis pada 18 November 2019. Mini album ini terdiri dari 6 track dengan genre pop ceria yang telah menjadi ciri khas sang penyanyi.

Track “Blueming” dipilih sebagai single utama dari album comeback-nya ini. Lagu dengan aransemen musik electro pop rock memiliki perpaduan antara synth dan pemilihan chord melodi instrumen gitar yang ceria, memberikan nuansa yang fresh dan tetap mempertahankan warna musik dan kepribadian yang quirky.

Dilansir dari Soompi, IU berkolaborasi dengan Lee Jong Hoon dan Lee Chae Kyu dalam penulisan lirik dan aransemen musik untuk lagu “Blueming”. Kedua musisi tersebut sebelumnya juga membantu IU dalam memproduksi lagu “Twenty-Three”.

Album “Love Poem” dibuka dengan track “unlucky” dengan nuansa musik bubblegum pop yang manis dengan instrumen piano yang riang dan mendominasi sepanjang track. Memasuki chorus, nuansa pop swing terasa dengan sentuhan bassline dan drum dengan tempo medium. “unlucky” memiliki lirik yang optimis dalam menjalani hari yang terkadang terasa sial. Namun, kita harus tetap bangkit dan tidak mengandalkan hidup pada keberuntungan.

Masih dengan flow yang lembut, kita akan mendengarkan lagu dengan nuansa yang lebih moody pada track “The Visitors”. Kali ini track lebih didominasi dengan instrumen gitar akustik dengan nuansa blues dan lirik yang melankolis. Lagu ini memiliki lirik tentang dilema masih mencintai laki-laki yang sudah meninggalkan sang perempuan. Lagu ini memiliki nuansa vintage dan nostalgia yang kental.

Nuansa musik yang lebih lembut akan terasa pada dua track mendekati akhir yaitu “Above the time” dan “Lullaby”. “Above the time” memiliki aransemen musik ballad yang megah dengan sentuhan orkestra, sementara lagu “Lullaby” hanya diiringi instrumen piano yang lembut dan minimalis. Kedua track ini menonjolkan kemampuan vokal IU sebagai soloist yang powerfull dan berkualitas.

Album ditutup dengan track yang juga menjadi judul dari mini album ini, “Love Poem”. Track terakhir masih memiliki nuansa ballad dengan aransemen piano dan full band yang lembut dan melankolis. Sekali lagi, IU menampilkan kualitas vokal yang lembut dengan nada tinggi yang sempurna. “Love Poem” lebih terdengar sebagai musik pop alternatif yang akan membuat kita merinding pada bagian chorusnya.

Secara keseluruhan, “Love Poem” mengandung track dengan berbagai sentuhan genre namun tetap menunjukan ciri khas IU dengan suara emasnya. Album ini menunjukan vokal IU yang mampu beradaptasi pada berbagai genre tanpa kehilangan kualitasnya. Flow track dimulai dengan ceria dan ditutup dengan lagu ballad yang lembut dengan lirik yang menyentuh bagi setiap penggemar dari IU.

Click to comment

Leave a Comment

Stars and Rabbit - Little Mischievous Stars and Rabbit - Little Mischievous

Stars and Rabbit: Little Mischievous Single Review

Music

Hayley Williams Simmer Hayley Williams Simmer

Hayley Williams: Simmer Single Review

Music

Saska Diandra Saska Diandra

Saska Diandra: Doa Dicukupkan Single Review

Music

Eminem Eminem

Track of The Week: Eminem, Soccer Mommy, Agnimaya

Cultura Lists

Advertisement
Connect