Connect with us
Semakin percaya diri dalam mengeksplorasi genre musik, kali ini Isyana Sarasvati rilis single progressive rock bertajuk ‘Unlock The Key’.
Isyana Sarasvati

Music

Isyana Sarasvati: Unlock The Key Single Review

Isyana Sarasvati rilis single progressive rock melalui label indie sendiri.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Semakin percaya diri dalam mengeksplorasi genre musik, kali ini Isyana Sarasvati rilis single progressive rock bertajuk ‘Unlock The Key’. Lagu ini menjadi single debut yang Ia rilis di bawah label musik indie, Redrose Records. Semenjak merilis album ‘LEXICON’ pada November 2019 lalu, penyanyi bersuara sopran ini sudah mulai menunjukan gaya bermusik yang eksperimental.

Isyana Sarasvati lebih dari sekedar musisi yang nyaman meracik musik pop, Ia memiliki referensi genre musik yang sangat luas. Mulai dari klasik yang lembut, hingga musik rock yang keras. Melalui ‘Unlock The Key’, kita akan mendengarkan fusion dari kedua genre tersebut.

Mungkin beberapa dari kita masih memiliki persepsi bahwa klasik dan rock adalah dua genre yang sangat kontras, bagai air dan api. Namun, sebenarnya kedua genre ini memiliki pakem yang sama; kompleksitas komposisi dan “mengagungkan” instrumen musik. Kedua genre ini sangat meminimalisir auto-tune dan menciptakan bunyi-bunyian electro dari perangkat musik digital. Sama halnya musik klasik mengagungkan instrumen piano atau violin, musik rock mengagungkan teknik seorang gitaris dalam memainkan gitarnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #UNLOCKTHEKEY (@isyanasarasvati) on


Isyana Sarasvati mengambil banyak peran dalam mengomposisi track ini. Mulai dari produser, komposer, strings arranger, hingga vocal director. Ia juga menulis lirik ‘Unlock The Key’ dalam bahasa Inggris, terinspirasi dari perang yang terjadi di dalam pikirannya. Tak hanya melalui lirik, aransemen musik yang diracik oleh Isyana juga menjadi ekspresi gejolak pribadi yang Ia rasakan. Isyana juga mengisi instrumen piano dalam lagu ini.

‘Unlock The Key’ memiliki aransemen musik dengan kompleksitas tinggi. Track ini memiliki bagian yang terasa jauh dari standar lagu pada umumnya. Lagu ini tidak memiliki verse dan chorus yang repetitif, lebih seperti movement pada komposisi klasik atau lagu opera. Mulai dari pembuka hingga penutup, kita akan terus diperdengarkan melodi dan irama yang baru.

Lagu dibuka dengan nuansa musik yang megah sebagai intro, kemudian diakselerasi dengan instrumen full band rock berdampingan dengan instrumen piano yang tak kalah agresif. Instrumen bass dan drum menjadi dasar yang powerful, memberikan volume pada aransemen secara keseluruhan, berpadu sempurna dengan instrumen string dengan note-note yang tajam. Sementara instrumen piano menjadi aksen manis pada setiap transisi.

Kemudian ada bagian dalam track dimana kita akan mendengarkan Isyana Sarasvati bermain dengan nada-nada tinggi yang meliuk dengan gaya vokal opera yang menakjubkan. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi gitar solo yang menambah unsur rock progressive dalam track ini.

Secara keseluruhan, Isyana Sarasvati kembali mengejutkan kita dengan single eksperimental yang diproduksi maksimal. ‘Unlock The Key’ menunjukan sense of music dari Isyana Sarasvati yang selama ini Ia pendam, setidaknya dalam ranah industri musik komersial.

Banyak dari kita mungkin sudah tahu bahwa musisi ini lahir dari genre musik klasik dengan suara soprannya yang khas, kemudian masuk ke industri pop dengan lagu yang lebih catchy dan easy listening. Dengan proses produksi yang dilakukan di label rekaman sendiri, potensi maksimal dari Isyana Sarasvati semakin tereksplorasi dengan menghasilkan jaw-dropping track seperti ‘Unlock The Key’.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect