Connect with us
Senigma
Isyana Sarasvati: Ragu Semesta Single Review

Music

Isyana Sarasvati: Ragu Semesta Single Review

Idealisme Isyana dalam mengomposisi musik bernuansa klasik.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Menjelang perilisan album ketiganya, Isyana Sarasvati merilis single terbaru yang bertajuk “Ragu Semesta”. Bekerja sama dengan Kenan Loui Widjaja, Isyana membawakan musik dengan genre klasik dan lirik yang puitis, namun tetap dikemas secara modern dan easy listening.

Musik klasik merupakan salah satu genre musik pure yang menjadi fondasi dalam musik Isyana Sarasvati selama ini, terlihat dari jenis vokal sopran dan kemampuannya dalam bermain piano. Nuansa klasik yang murni dan vintage akan sangat terasa pada single “Ragu Semesta”. Menunjukan sisi idealis dari Isyana di tengah-tengah industri musik pop dan R&B.

“Ragu Semesta” memiliki aransemen yang didominasi dengan musik klasik orkestra dan instrumen piano yang dikomposisi sendiri oleh penyanyi muda ini. Sentuhan musik orkestra ditambahkan seiring berjalannya lagu dan memberikan nuansa megah pada pertengahan lagu. Denting piano yang sederhana berpadu sempurna dengan suara Isyana yang lembut namun powerful.

Mendekati bridge akhir, terdapat bagian instrumental klasik yang cukup pendek namun meninggalkan kesan sebelum lagu ditutup dengan ketenangan yang manis. Layaknya sebuah komposisi musik klasik pada umumnya, “Ragu Semesta” memiliki bagian-bagian yang variatif dengan berbagai aransemen membuat lagu memiliki dinamika yang kaya.

“Ragu Semesta” sendiri memiliki makna lirik yang dalam dan relevan untuk siapapun dalam berbagai situasi. Tak hanya tentang cinta dan ikatan terhadap seseorang, namun juga dalam menemukan panggilan diri dan mengambil keputusan dalam hidup. Ada kalanya kita mengharapkan sesuatu terjadi dalam hidup kita meski tidak bermakna dan sia-sia, keraguan kita merupakan pertanda akhir bagi kita untuk melepas harapan tersebut.

Istilah ‘ragu semesta’ dalam lagu ini memiliki makna firasat alami dalam diri kita. Lirik ditulis dengan puitis menggunakan bahasa Indonesia baku yang akan membawa kita ke dunia sastra lama. Menambah lagi poin idealisme yang ingin dibawakan oleh Isyana melalui single ini.

“Ragu Semesta” juga memiliki video klip yang tak kalah artistik. Isyana tampil cantik dan anggun dalam gaun putih yang sederhana. Berawal dari jalan-jalan santai sambil menikmati burger, ia masuk naik ke panggung dan mulai memainkan piano di sebuah teater yang nyaris kosong.

Hanya Isyana Sarasvati yang mampu tampil anggun saat menikmati burger dan bermain piano. Sentuhan komedi dan quirky dalam video klip “Ragu Semesta” memberikan kemasan visual yang unik sekaligus memiliki nilai estetika dengan konsep yang original.

Secara keseluruhan , “Ragu Semesta” merupakan single terbaru dari Isyana Sarasvati yang totalitas dan berani. Memadukan lirik yang puitis dan aransemen musik klasik yang murni, menunjukan idealisme Isyana pada musik klasik dengan eksekusi yang pas dengan hasil yang menakjubkan.

Click to comment

Leave a Comment

Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review

Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review

Music

Alexandra Savior Alexandra Savior

Alexandra Savior: The Archer Single Review

Music

Rex Orange County: Pony Album Review Rex Orange County: Pony Album Review

Rex Orange County: Pony Album Review

Music

Coldplay: Orphans & Arabesque Single Review Coldplay: Orphans & Arabesque Single Review

Coldplay: Orphans & Arabesque Single Review

Music

Connect