Connect with us
Roadside Attractions
Roadside Attractions

Film

Hope Gap Review: Drama Keluarga tentang Peliknya Perceraian

Edward memilih untuk meninggalkan Grace setelah hampir tiga dekade hidup bersama.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Hope Gap merupakan film yang disutradarai oleh William Nicholson. Bagi Nicholson, film ini merupakan film kedua yang ia sutradarai, setelah sebelumnya Nicholson lebih memilih untuk menulis naskah. Film populer seperti Les Miserables (2012) dan Gladiator (2000) adalah beberapa film yang naskahnya pernah ia tulis.

Tema perceraian dipilih oleh Nicholson untuk film keduanya. Mungkin, tema ini masih segar di ingatan penonton jika kita kembali ke tahun lalu dan mengingat kualitas akting memukau dari Scarlett Johanson dan Adam Driver dalam Marriage Story (2019). Walaupun memiliki premis yang mirip, kedua film ini memiliki keunikannya tersendiri.

Hope Gap

Roadside Attractions

Usia Pernikahan Tidak Menjamin Kuatnya Perasaan Cinta

Grace (Annette Bening) dan Edward (Bill Nighy) adalah pasangan suami-istri yang telah lama bersama. Grace bekerja sebagai antologis puisi dan menghabiskan hari-harinya dengan mengumpulkan dan menganalisis puisi dari penyair-penyair terkenal dunia. Di sisi lain, suaminya adalah seorang guru sejarah yang hobinya mencari banyak trivia di Wikipedia.

Sejak film dimulai, penonton sudah dapat merasakan kehampaan dalam hubungan kedua pasangan ini. Grace dan Edward punya meja kerja yang berbeda dan keduanya duduk dengan saling membelakangi. Kesempatan mengobrol hanya muncul saat Edward membuatkan teh hangat untuk Grace. Obrolan yang muncul bertema dangkal dan membosankan, lalu mereka kembali sibuk dengan hobi masing-masing.

Anak laki-laki mereka, Jamie (Josh O’Connor) datang dari London untuk berkunjung. Kunjungan ini terasa mengejutkan karena Jamie jarang sekali datang ke kampung halamannya. Grace sangat bahagia dengan kedatangan anaknya dan menyiapkan makan malam yang enak. Namun, malam itu menjadi kacau ketika Grace dan Edward membahas perayaan 29 tahun pernikahan mereka.

Hope Gap

Roadside Attractions

Kekacauan bertambah ketika Jamie mendengar cerita Edward tentang hubungan pernikahannya yang sudah tidak harmonis. Sifat sang istri yang keras merupakan salah satu hal yang membuat Edward ingin mengakhiri hubungan mereka. Keadaan diperparah ketika Edward mengakui bahwa dirinya sedang jatuh cinta dengan perempuan lain.

Penampilan Brilian dari Annette Bening dan Bill Nighy

Annette Bening memerankan karakter seorang ibu setelah sebelumnya ia telah memerankan karakter yang sama dalam film American Beauty (1999). Hope Gap menunjukkan bahwa kualitas akting Bening sama sekali tidak berkurang seiring bertambahnya waktu.

Di sisi lain, Bill Nighy juga pernah berperan sebagai seorang ayah dalam film About Time (2013). Dengan penampilan dan karakter yang mirip, Bill Nighy terasa seperti memerankan karakter yang sama di dua film yang berbeda. Namun, kualitas akting aktor senior ini tetap menonjol, walaupun mendapatkan karakter yang membosankan.

Hope Gap merupakan film yang sukses menunjukkan penampilan terbaik dari aktor muda Josh O’Connor. Walaupun memiliki pengalaman yang lebih sedikit dari Bening dan Nighy, namun O’Connor mampu menyeimbangi keduanya dan memerankan karakter Jamie dengan sangat baik.

Anna Valdez-Hanks menangkap banyak adegan dan pemandangan indah dalam film ini lewat sinematografinya. Mengambil latar tempat Seaford, Inggris membuat film ini didominasi adegan pinggir pantai dengan tebing-tebing tinggi di sekelilingnya. Film ini penuh dengan pemandangan visual yang memanjakan mata.

Walaupun film ini terasa lengkap, namun ada beberapa aspek yang terasa kurang. Banyak adegan dalam film ini yang diulang-ulang, contohnya ketika scene Grace dan Jamie pergi ke bawah tebing atau berkelana di atas bukit. Dialog yang kurang berkesan juga membuat scene tersebut terasa membosankan.

Secara keseluruhan, Hope Gap merupakan film yang menarik. Film ini dibintangi aktor dan aktris bertalenta dan memiliki kisah yang menyentuh. Walaupun belum bisa mengalahkan Marriage Story (2019), namun Hope Gap menjadi film tentang perceraian yang sangat layak untuk dinikmati di akhir tahun ini.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect