Connect with us
HER Fight For You
Photo by Rich Fury/Getty Images

Music

HER: Fight For You Single Review

Single tentang perjuangan dan perlawanan yang sukses sabet trofi Oscar 2021.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Fight For You” tanpa diduga berhasil menyabet trofi Best Original Picture dari Academy Award 2021. Hits milik H.E.R tersebut merupakan soundtrack untuk “Judas and the Black Messiah” yang dirilis pada Februari lalu.

H.E.R kembali berjaya di ajang penghargaan bergengsi. Setelah membawa pulang piala Song of The Year (“I Can’t Breathe”) dan Best R&B Song (“Better Than I Imagined”) dari Grammy Awards 2021, H.E.R melanjutkan dengan merebut trofi Oscar.

“Fight For You” merupakan soundtrack dan end title theme dari film ‘Judas and the Black Messiah’. Lagu mengenai perjuangan akan kebebasan tersebut tepat menggambarkan film yang menarasikan penghianatan William O’Neal dan informasi FBI atas Fred Hampton; petinggi Black Panther Party di akhir tahun 1960-an di Chicago. Fred Hampton adalah seorang sosialis revolusioner yang dikenal atas usahanya untuk mendirikan ‘Rainbow Coalition’ pada tahun 1969.

Kemenangan singer-songwriter yang baru berusia 23 tahun di Oscar 2021 tak bisa disangkal memang mengejutkan. Terutama dengan sederet soundtrack hits, seperti “Speak Now,” dari ‘One Night in Miami,’ “Io Si” dari ‘The Life Ahead,’ dan “Husavik” dari ‘Eurovision Song Contest’ digadang-gadang akan menyabet trofi.

Membawa pesan mengenai perjuangan dan kebebasan, terutama bagi warga berkulit hitam di Amerika Serikat, kemenangan H.E.R dengan “Fight For You” dipercaya memberi makna tersendiri. Sang penyanyi pun tanpa ragu menyampaikan bahwa para gadis muda berkulit hitam dan dari Filipina bisa merayakan bersama kemenangannya.

“To all the young Black and Filipino girls that you can be up here too,” menjadi pesan yang diharapkan bisa disampaikan dari kemenangan H.E.R.

Menjadi lagu pengiring bagi film bersetting akhir tahun 1960-an, “Fight For You” mengusung irama soul 70an. Lagu dibuka dengan permainan instrumen perkusi upbeat dan catchy. Sebelum disisipi vokal R&B khas H.E.R.

Tidak banyak instrumen dihadirkan di latar belakang lagu ini. Sebaliknya “Fight For You” memberikan ruang pada H.E.R menarasikan kisah dan perjuangan Fred Hampton melalui liriknya: “Oh you better beware, their guns don’t play fair / All we got is a prayer.” Melodi yang dihantarkan pun nyaris seluruhnya bergantung pada vokalisasi serta warna suara sang penyanyi.

Musik minimalis tidak mengurangi makna dan efek mendalam yang tersampaikan. “Fight For You” justru sanggup membuat pendengarnya tergugah akan cerita perjuangan bagi kebebasan. Bridge sekaligus pre-chorus dibawakan seolah persiapan untuk perang; the calm before storm yang tetap sanggup membuat pendengarnya bergidik.

Sedangkan pada chorus, H.E.R meningkatkan tempo seakan dirinya langsung turun ke tanah perjuangan. Menggugah kesadaran pendengarnya akan kesiapan mereka pada peperangan: “When they knock on your door, will you be ready for war?”

Lirik penuh makna dan penyampaian emosi sempurna menjadi kekuatan “Fight For You.” Irama soul klasik di latar belakang tidak menjadikan lagu ini terdengar retro; tidak pula menggugah nostalgia. “Fight For You” sebaliknya menyuntikkan nada-nada modern—salah satunya melalui teknik vokal H.E.R—bersama lirik yang masih bisa dikaitkan dengan perjuangan warga kulit hitam di era saat ini.

H.E.R menggarap lagu ini bersama Dernst “D’Mile” Emile II. Sedangkan Emile dan Tiara Thomas bersama H.E.R menjadi sosok kreatif dalam proses penulisan lagu.

“Fight For You” tidak saja berhasil menyampaikan pesan dan menjadi lagu tema bagi perjuangan untuk kebebasan. Lagu ini, seperti juga sederet hits H.E.R lain, berada dalam batas antara mainstream dan kualitas ala musik indie underrated.

Melodi dan irama catchy dengan nafas Marvin Gaye dan sentuhan elemen musikalitas Sly; Berpadu dengan vokalisasi dan warna suara H.E.R melahirkan hits bermakna mendalam yang adiktif untuk diputar berulang-ulang.

Click to comment

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl Marion Jola, Danilla, Ramengvrl

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl: Don’t Touch Me Single Review

Music

Lana Del Rey Lana Del Rey

Lana Del Rey: Blue Banisters, Text Book & Wildflower Wildfire

Music

Rag’n’Bone Man: Life in Misadventure Album Review

Music

Olivia Rodrigo Olivia Rodrigo

Olivia Rodrigo: Sour Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect