Connect with us
Senigma
harmony salad bar bogor
Photo: Erlinda Sukmasari

Food & Drink

Harmony Salad Bar Pelopor Edible Flower di Bogor

Salad bar ini juga menjadi yang pertama menyediakan 12 macam pilihan dressing nikmat.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Dua tahun belakangan ini bisa dibilang kehadiran salad bar mulai menjamur di Kota Bogor. Bila umumnya salad yang dijual adalah salad buah berkalori tinggi dengan mayones dan keju, salad bar ini berbeda. Ini adalah restoran dengan spesialisasi makanan berbahan dasar sayuran dan buah-buahan dengan berbagai macam pilihan dressing alias kuah. Selain itu umumnya salad bar juga menyediakan cold pressed juice yang diproduksi tanpa pemanis, pewarna, dan pengawet sehingga betul-betul alami. Salah satunya adalah Harmony Salad Bar. Terletak di Jalan Padjajaran Nomor 59 B, Harmony Salad Bar menempati ruko mungil yang ditata nyaman.

Ketika melangkahkan kaki kita akan melihat deretan sofa, bangku, dan meja yang ditata rapi. Fasad indah dihiasi tanaman hidroponik akan menjadi hal pertama tempat mata kita tertuju. Dengan logo huruf H besar berikut tulisan Harmony kita dapat melihat sendiri berbagai macam jenis selada yang disediakan di sana. Harmony Salad Bar menyediakan 12 jenis selada sebagai salah satu signature dish mereka. Selain itu, restoran ini juga menyediakan 12 macam dressing dan beraneka ragam edible flower yang akan menghiasi semangkok salad kita.

Venda, salah satu pemilik Harmony Salad Bar, mengaku bahwa semua bahan baku yang digunakan masih segar. Seluruh sayuran yang digunakan hari itu adalah hasil panen di hari yang sama. Mereka tidak pernah menyimpan sayuran untuk digunakan keesokan harinya. Hal ini dapat kita ketahui dari kerenyahan sayuran tersebut. Sensasi kres kres kres di mulut benar-benar terasa. Uniknya lagi sayuran hijau yang ada di Harmony Salad Bar tidak ada yang dipotong. Setelah dipanen, seluruh bagian sayuran hijau tersebut akan masuk ke dalam mangkok kita.

Venda mengatakan keputusan itu diambil agar sayur terjaga kebersihannya. Sayur yang dipotong akan menimbulkan “luka” pada tubuh sehingga kuman dapat lebih mudah masuk. Dengan membiarkan sayuran dalam bentuk alaminya maka sayur dapat menjadi lebih higienis. Selain itu tampilan salad akan lebih estetik. Bagaimana kalau sayur berukuran terlalu besar dan sulit dikunyah? Jangan khawatir. Sayuran yang adai di Harmony Salad Bar seluruhnya berukuran kecil. Sengaja dipilih agar mudah dikonsumsi.

harmony salad bar bogor

Photo: Erlinda Sukmasari

Sayur-sayuran tersebut adalah hasil pembelian bibit dari Belanda. Seluruhnya ditanam menggunakan metode hidroponik alias ditanam di air, bukan di tanah. Sayuran juga bebas pestisida. Kebun dari Harmony Salad Bar sendiri terletak di komplek Villa Duta yang terletak di tengah Kota Bogor. Siapa sangka bukan di tengah kota terdapat kebun sayur mayur organik dengan hasil panen yang sangat baik? Begitupun dengan edible flower yang disediakan di sana. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Bunga Telang.

Sebenarnya Bunga Telang tidak harus diimpor karena banyak tersedia di Indonesia. Sayangnya tanaman ini mulai langka. Orang sudah jarang menanamnya. Akibatnya Bunga Telang tak lagi populer sebagai bahan makanan. Padahal bunganya dapat menjadi pewarna makanan dan minuman alami yaitu berwarna biru. Uniknya ketika diseduh sebagai teh, Bunga Telang dapat berubah warna menjadi ungu ketika dicampur dengan perasan lemon. Bunga Telang juga menjadi salah satu teh seduhan favorit keluarga Venda.

Bunga Telang merupakan salah satu bagian paling estetik dari semangkok salad yang kita pesan. Terletak di tengah-tengah ia nampak begitu eye catching. Contohnya pada salad Konnichiwa yang terdiri dari selada, tuna yang dibumbui, jeruk, edamame, dan kol merah. Konnichiwa disiram dengan dressing bernama Asian Soy. Rasanya segar seperti campuran dari manis, asin, dan asam. Dressingnya sendiri memiliki biji wijen. Penambahan jeruk menjadi kejutan yang menggairahkan dalam tiap gigitannya.

Menu lain yang menarik adalah Burrito. Sebenarnya salad yang dibungkus dalam Burrito atau rice paper telah menjadi tren beberapa tahun belakangan. Harmony Salad Bar menyajikannya bersama selada, japanese style egg mayo, jagung, tomat, dan cranberry yang dipanggang. Cranberry inilah yang menjadi kejutan tak terduga di tiap gigitan Burrito. Selain itu dressing Japanese Sesame benar-benar mampu melengkapi rasa saladnya. Paduan yang tepat.

Meski baru buka seminggu yang lalu sebenarnya Harmony Salad Bar bukan pemain baru di bisnis makanan sehat di Bogor. Setahun sebelumnya Harmony Salad Bar di bawah Villa Duta Farm telah menyediakan katering makanan sehat tiap hari Senin sampai Jumat. Tingginya permintaan pelanggan membuat Venda dan keluarganya memutuskan untuk membuka salad bar di wilayah strategis di Kota Bogor. Tujuannya tentu saja agar lebih memudahkan pelanggan dalam mendapatkan produk-produk yang alami dan bergizi.

Venda bercerita bahwa asal mula ia dan sang suami terjun ke bisnis makanan sehat berawal dari sakit jantung yang dialami sang ayah. Sakit tersebut membuat ayahnya tidak leluasa makan sembarangan. Akhirnya sang ayah memutuskan untuk mengubah menu makanannya menjadi salad. Setiap dua hingga tiga hari sekali Venda menyuplai sayuran untuk sang ayah dan menggunakan metode meal prep agar lebih praktis. Lama kelamaan para tetangga mereka ikut tertarik dengan sayuran yang ditanam oleh suami Venda. Jadilah mereka pun berkebun dan kini membuka Harmony Salad Bar.

Selain nyaman ditambah menu-menu yang unik, Harmony Salad Bar juga memiliki pelayanan yang cukup baik. Venda maupun para staff berbaik hati menjelaskan kepada pelanggan mengenai menu-menu yang mereka miliki. Umumnya konsumen yang datang penasaran karena tidak tahu seperti apa menu yang ditawarkan di Harmony Salad Bar. Ini karena salad bar termasuk hal baru di Bogor juga akibat menu salad bukanlah menu sepopuler fast food. Karena itu konsumen masih harus mendapatkan edukasi mengenai menu makanan sehat agar mau mencobanya.

Selain kesegaran sayuran yang membuat sensasi makan lebih nikmat karena kerenyahannya, dressingnya patut diacungi jempol. Bila di zaman Romawi dulu dressing yang populer hanya garam dan minyak zaitun maka kita tak perlu khawatir. Harmony Saladr Bar menawarkan beragam varian dressing yang rasanya enak-enak. Mulai dari yang ringan dengan rasa wijen hingga sedikit kental dengan rasa kacang. Selain itu dressingnya mampu menyatu dengan saladnya sehingga rasanya benar-benar enak. Bila masih khawatir tidak doyan kita dapat menambahkan topping seperti telur, ayam, dan tuna.

Harmony Salad Bar dapat dipesan untuk makan di tempat maupun take away. Restoran ini juga sudah terdaftar di Go Food dan Grab Food. Jangan lupa untuk menikmati cold pressed juice-nya juga. Ada beragam varian seperti Tropicale (kale, nanas, lemon); Kalenizer (kale, pear, lemon); ABC (apel, bit, wortel); hingga Flu Fighter (jeruk, nanas, jahe, pear). Rasanya segar dan ringan. Sementar itu varian tehnya adalah Teh Bunga Telang dan Teh Mawar dan Pomegranate.

Click to comment

Leave a Comment

Cafe bali seminyak Cafe bali seminyak

Cafe Bali Seminyak

Food & Drink

cafe del mar bali cafe del mar bali

Cafe del Mar Bali: Born in Ibiza, Reborn in Bali

Travel

ngohiang bogor ngohiang bogor

Ngohiang, Kuliner Khas Bogor yang Hampir Ditelan Zaman

Food & Drink

Billy Ho Bali: Eksplorasi Kuliner Khas Asia Timur

Food & Drink

Connect