Connect with us
burger woodfire bogor
@woodfireindo

Food & Drink

Gourmet Burger Ala Woodfire Bogor

Pernah coba gourmet burger dengan rasa lezat dan harga bersahabat seperti ini?

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Gourmet burger mungkin bukan makanan yang populer di Indonesia atau setidaknya di Bogor. Kita lebih sering mengonsumsi burger klasik yang didapatkan dengan mudah dari restoran fast food. Mau versi lebih murah meriah? Kita bisa mendapatkan burger klasik dari pedagang kaki lima dengan harga lima ribu saja. Tetapi kini kita bisa memasukkan gourmet burger ke dalam salah satu list makanan favorit terutama setelah kehadiran Woodfire Bogor. Hadir sejak sembilan bulan lalu, dalam sehari Woodfire Bogor dapat menjual 50 hingga 100 buah burger bahkan lebih. Varian yang paling populer adalah Stuff Cheese Burger, Double Patty, dan Brisket Burger.

Woodfire Bogor adalah sebuah cabang gourmet burger asal Malaysia dan ini cabang pertama di Indonesia. Tak seperti burger yang diproduksi restoran fast food, gourmet burger dibuat dengan standar yang tinggi. Seluruh bahan bakunya segar dan umumnya diproduksi sendiri. Selain itu tiap gourmet burger memiliki ciri khas sehingga menjadikan cita rasanya unik.

burger gourmet woodfire bogor

@woodfireindo

Ada beberapa perbedaan mendasar antara burger dari restoran fast food dengan gourmet burger. Pertama, kualitas dagingnya. Restoran fast food menyediakan patty burger yang berasal dari lemari pendingin. Ukurannya pun standar, bahkan cenderung tipis dan rasanya tak cukup kaya. Kita tidak dapat merasakan sensasi mengunyah daging karena pengolahannya yang justru mengurangi rasa dari patty tersebut. Dari satu restoran fast food maupun restoran yang lain, tak ada perbedaan.

Ini tidak berlaku pada gourmet burger. Patty haruslah segar dan terbuat dari daging berkualitas. Komposisi dagingnya pun 100% tanpa campuran lain. Daging ini digiling dan dibumbui lalu dimasak sebelum mencapai level well done. Patty tidak boleh matang sempurna agar tetap juicy dan moist. Bila patty produksi restoran fast food tidak terasa seperti daging, maka patty pada gourmet burger masih memiliki tekstur dan rasa seperti daging. Ketika dikunyah, urat dagingnya masih dapat dirasakan. Inilah karakteristik dari patty di Woodfire Bogor.

Selain patty, Woodfire Bogor juga memproduksi sausnya sendiri dengan dominasi rasa asam dan manis. Rotinya lebih tebal dibanding roti burger di restoran fast food dan kualitasnya sangat baik hingga ketika dimakan dua belas jam kemudian rasanya masih renyah di bagian atas sekaligus empuk di dalam. Roti tersebut tidak hancur atau menjadi benyek karena menyerap saus.

gourmet burger woodfire bogor

@woodfireindo

Ada enam varian burger dari Woodfire Bogor yaitu BBQ Burger, Gourmet Burger, Stuff Cheese Burger, Double Patty Burger, Brisket Burger, dan 2X Stuff Cheese Burger. Ada pula menu selain burger yaitu Cheese Stick, Fries, dan Coney Fries. Kita juga bisa minta ekstra keju atau daging dan ukuran daging pun kita yang tentukan. Regular patty merupakan daging berukuran 100 gram sementara large patty berukuran 150 gram. Bila tak mau daging sapi, kita bisa minta chicken patty. Semua menu ini bisa didapatkan dengan pemesanan melalui WhatsApp. Pesanan bisa diambil sendiri atau diantarkan. Semua dibanderol dengan harga 42 ribu hingga 107 ribu rupiah.

BBQ Burger adalah burger dengan sunny side up egg, onion string, dill pickle, tomato, dan lettuce. Dill pickle adalah acar timun. Diduga acar timun berasal dari Daratan China dan Mesopotamia sebelum menyebar ke seluruh dunia. Acar timun sendiri merupakan salah satu camilan sehat yang populer di Amerika. Rasanya yang asam manis segar ini berpadu dengan baik bersama roti, daging, dan sausnya. Rasa saus BBQ-nya mungkin terasa berbeda karena tidak seperti saus BBQ yang pernah kita coba sebelumnya. Namun rasanya enak dan menjadi hal pertama yang paling menonjol ketika kita menggigit burgernya.

Berikutnya adalah Gourmet Burger dengan spicy salted egg yolk sauce, smoked beef bacon, dill pickle, tomato, dan lettuce. Meski Woodfire Bogor mengatakan sausnya pedas, sebenarnya sausnya tidak pedas sama sekali. Rasa saus telur asinnya cukup ringan, baunya juga tidak menyengat. Dibanding saus telur asin yang pada umumnya creamy dan asin, saus dari Woodfire Bogor terasa lebih manis. Pecinta saus telur asin mungkin sedikit kecewa karena rasa telur asinnya kurang kuat. Tetapi jangan khawatir, saus dan dagingnya saling melengkapi dan menjadikan rasa burgernya secara keseluruhan nendang. Pecinta daging sebaiknya mencoba Gourmet Burger karena dapat merasakan perpaduan patty dengan smoked beef yang enak dan tidak terlalu tipis.

Stuff Cheese Burger adalah varian yang diperuntukkan bagi pecinta keju. Selain saus yang tumpah ruah, keju yang meleleh pun cukup banyak. Rasa kejunya lebih kuat dibanding keju yang digunakan pada burger klasik ala restoran fast food. Ciri khas Woodfire Bogor dengan saus yang tumpah ini membuat patty yang juicy nan moist terasa makin basah. Berbeda dengan dua varian sebelumnya yang menggunakan dill pickle, Stuff Cheese Burger menggunakan sweet pickle. Rasanya tidak terlalu manis sehingga tidak bikin enek.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Wood Fire Bogor (@woodfireindo) on

Kelebihan dari Woodfire Bogor lainnya adalah setiap elemen pada varian burgernya tidak terasa salah. Semuanya sama-sama cocok dijadikan satu. Walau sausnya manis, tetapi rasanya tidak bentrok dengan elemen lain dalam burger. Begitu pula ketika memilih menggunakan acar timun yang manis. Rasa manis dari timun yang berpadu dengan sausnya tidak menjadi kemanisan. Di luar semua kelebihan tersebut, sayangnya Woodfire memiliki kekurangan pada packagingnya. Burger yang diantar dibungkus aluminium foil lalu dimasukkan ke dalam kantong kertas dan dibawa dalam kantong plastik. Kantong kertas yang tidak stabil membuat burger menjadi “berantakan” ketika diantar.

Sebenarnya dengan isian yang banyak dan saus yang berlimpah, Woodfire Bogor memang tergolong ke dalam messy burger. Burger ini memang tidak ditujukan untuk dimakan secara rapi. Kita akan belepotan saus saat menikmati tiap gigitan dari Woodfire Bogor. Tetapi bila packagingnya menggunakan box, setidaknya burger akan nampak lebih baik ketika sampai di tangan pelanggan. Tentunya makanan tak cuma butuh enak tapi juga tampil dengan baik sehingga lebih meningkatkan gairah untuk menikmatinya. Namun dengan harga yang cukup terjangkau dan rasa yang enak, rasanya tak salah menjadikan Woodfire Bogor sebagai salah satu list bagi para penikmat kuliner.

Food 7/10
Service 7/10
Price 8/10

Click to comment

Leave a Comment

Billy Ho Bali: Eksplorasi Kuliner Khas Asia Timur

Food & Drink

som chai bali som chai bali

Som Chai Restaurant & Bar Bali

Food & Drink

Smoky Rogan Josh Smoky Rogan Josh

Glass Bridge Bali Review

Food & Drink

Batik Restaurant Bar Bali Batik Restaurant Bar Bali

Batik Restaurant & Bar Bali

Food & Drink

Connect