Connect with us
Game Terbaik 2020
Ghost of Tsushima

Cultura Lists

Game Terbaik Rilisan 2020

Mulai dari konsol hingga PC.

Masa pandemi tak melenturkan niat berbagai developer untuk merilis produknya. Salah satunya adalah game yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu di seluruh dunia. Baik yang dirilis untuk PC hingga konsol, beberapa game terbaik tahun bisa dicoba bagi gamer yang selalu up-to-date dalam dunia gaming.

Doom Eternal

Game terbaik pertama yang rilis tahun 2020 adalah Doom Eternal. Sebagai sekuel dari Doom pada 2016 lalu, game andalan Bethesda ini membawa pemain dalam kisah terbaru Doom Slayer dalam misi mengacaukan rencana dari alien Makrys untuk membinasakan manusia.

Game yang terkenal dengan dengan penggunaan first-person shooter ini berhasil membawa kembali gameplay yang seru melalui campaign dan graphic-nya yang menawan. Tak heran jika Doom Eternal ini masuk menjadi nominasi pada perhelatan The Game Awards 2020 lalu.

Final Fantasy VII Remake

Final Fantasy VII merupakan salah satu judul paling terkenal dari waralaba Final Fantasy yang pertama kali muncul di PlayStation generasi pertama. Karena hebatnya judul tersebut, berbagai fans menunggu-nunggu FF untuk di-remake ke konsol terkini. Hal inilah yang kemudian terealisasikan dengan hadirnya Final Fantasy VII Remake.

Final Fantasy VII Remake

Final Fantasy VII Remake

Game ini dirombak dengan membawa Midgar yang terlihat lebih realistis. Meski mengganti beberapa elemen penceritaan dan gameplay yang menjadi action RPG seperti Final Fantasy XV, remake satu ini masih tetap disukai karena dapat secara faithful membawa Final Fantasy VII jadi accessible, baik pemain baru maupun longtime fans.

The Last of Us Part II

Naughty Dog adalah salah satu first-party developer dari Sony PlayStation. Hal inilah yang mendorong mereka untuk mengembangkan ragam game yang eksklusif untuk konsol PS. Salah satunya yang jadi masterpiece pada 2020 ini adalah The Last of Us Part II, yang menampilkan kisah terbaru dari Ellie melawan para The Infected dan kelompok penyintas lainnya.

TLOU

TLOU Part II

The Last of Us Part II merupakan major upgrade dari pendahulunya, menampilkan dunia yang semi open dengan baik dan menggunakan beberapa elemennya untuk membuat gameplay jadi lebih imersif. Meski disokong dengan cerita menarik (narrative) yang masih dianggap sensitif bagi sebagian besar orang, game yang menjadi Game of the Year (GOTY) pada The Game Awards 2020 ini patut dimainkan bagi yang memiliki PlayStation 4.

Ghost of Tsushima

Action adventure selalu menjadi genre yang disukai oleh para gamer. Setelah hadirnya game bertema samurai seperti Sekiro: Shadows Die Twice dan juga Nioh, muncullah Ghost of Tsushima yang eksklusif untuk konsol PlayStation 4. Seperti The Last of Us Part II, game berlatar kuno ini juga masuk dalam ragam nominasi pada The Game Awards 2020.

Ghost of Tsushima sendiri membawa pemain pada cerita mengenai Jin Sakai, seorang samurai yang berusaha untuk mempertahankan pulau Tsushima dari gempuran pasukan Mongolia. Game satu ini berhasil mengusung gameplay yang taktis serta visual yang membuat mata merasa dimanjakan. Meski begitu, konsep open world yang dibawa di dalamnya masih terasa agak sepi bila dibandingkan berbagai game lainnya.

Hades

Selain dari berbagai developer besar, kali ini ada pula game terbaik di 2020 yang berjudul Hades. Game action RPG yang dikembangkan oleh Supergiant Games ini membawa cerita mengenai seorang anak dewa yang berusaha untuk kabur dari Underworld demi mencapai gunung Olympus.

Hades yang tersedia untuk PC Windows, macOS, dan juga Nintendo Switch ini meraih banyak pujian kala perilisannya, terutama dari gameplay yang diusung beserta narrative-nya. Karena gemilangnya torehan dari judul andalan Supergiant Games tersebut, game ini juga masuk dalam berbagai nominasi pada The Game Awards 2020 yang baru saja berlalu.

Watch Dogs: Legion

Watch Dogs adalah salah satu waralaba game action adventure yang diusung oleh Ubisoft. Setelah berhasil dengan dua judul sebelumnya, seri ini kembali dengan Watch Dogs: Legion yang tersedia untuk PC dan konsol current-gen. Selain itu, game ini juga tersedia untuk konsol next-gen seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X maupun S.

Watch Dogs Legion

Watch Dogs: Legion

Berbeda dengan dua prekuelnya, Watch Dogs: Legion ini berlatar di London pada masa depan. Game yang mengedepankan electronic hacking ini cukup unik, karena pemain mulai dengan karakter yang tersedia dan bisa merekrut NPC lain yang dapat dimainkan. Dengan konsep open world yang menarik, game satu ini cocok buat kamu yang suka eksplorasi di dunia serba digital.

Assassin’s Creed Valhalla

Di samping Watch Dogs, seri Assassin’s Creed juga jadi andalan Ubisoft. Walau sempat mendapatkan backlash kala perilisan Origins dan Odyssey yang dianggap melenceng jauh dari core-nya, seri ini kembali dengan Assassin’s Creed Valhalla yang bertema Viking.

Valhalla sendiri dianggap sebagai penyegaran dari seri tersebut. Alih-alih stealthy, game ini membebaskan pemain untuk memilih playstyle-nya sendiri. Tetap membawa elemen free-running, AC Valhalla memperkaya kontennya melalui kehadiran open world yang ramai dan dibarengi dengan permainan yang taktis dan membawa konsep battle yang serupa dengan The Witcher 3.

Spider-Man: Miles Morales

Nama Insomniac Games melejit setelah berhasil membawa game Spider-Man yang dianggap sangat bagus. Sebagai lanjutannya, ada Spider-Man: Miles Morales yang hadir secara eksklusif untuk konsol PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Spider-Man Miles Morales

Spider-Man: Miles Morales

Seperti namanya, game ini akan berfokus pada Miles Morales yang menggantikan Peter Parker dalam menjadi Spider-Man untuk sementara waktu. Gameplay-nya sendiri mendapatkan update dari prekuel, menjadikannya jauh lebih fresh kala dimainkan. Belum lagi dengan dukungan ray-tracing yang tersedia untuk konsol next-gen, bikin visualnya jadi semakin indah kala dimainkan.

Call of Duty: Black Ops Cold War

Bila sedang membicarakan game bertema perang yang penuh dengan baku tembak, rasanya tak lengkap bila tidak membahas seri Call of Duty. Setelah melakukan reboot pada seri Modern Warfare, tahun ini muncul Call of Duty: Black Ops Cold War yang merupakan sekuel dari Black Ops 2010 lalu.

Call of Duty Black Ops Cold War

Layaknya beberapa game sebelumnya dalam seri tersebut, Black Ops Cold War berhasil membawa baku tembak yang tampak realistis. Ditambah dengan penceritaan penuh konspirasi yang diusung di dalamnya, memainkan game ini akan sangat seru, baik di konsol maupun PC. Tidak hanya itu, dukungan ray-tracing pada konsol next-gen dan PC menjadikan pengalaman memainkannya lebih memanjakan dalam waktu yang lama.

Cyberpunk 2077

The Witcher 3 adalah salah satu game dari CD Projekt Red yang sensasional karena berhasil membawa action RPG ke tingkat yang lebih tinggi. Setengah dekade setelahnya, game developer tersebut merilis Cyberpunk 2077 tahun ini setelah penantian selama delapan tahun.

Walau masih membawa action RPG sebagai core-nya, Cyberpunk 2077 ini tampil dengan first-person shooter dalam open world yang luas. Disokong dengan cerita menarik dan kayanya gameplay, game ini wajib untuk dimainkan, walau masih ada technical issues yang menyelimutinya, terutama bagi para pengguna PC.

Itulah ragam game terbaik yang bisa tahun ini. Apapun platform-nya, coba mainkan berbagai judul di atas untuk rasakan serunya bermain game, terutama jika sedang suntuk di rumah.

1 Comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect