Connect with us
Feel Koplo Gurita Kota

Music

Feel Koplo: Gurita Kota Official Remix Review

Kaya akan elemen musik dangdut koplo, sayangnya masih belum berhasil mengajak pendengar bergoyang.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Feel Koplo terus melanjutkan langkah mereka dengan merilis remix resmi berikutnya. Sebelumnya duo elektronik ini mengguncang industri musik tanah air dengan menggarap remix “HUSH” milik Yellow Claw & Weird Genius. Kali ini Feel Koplo menelurkan official remix “Gurita Kota” dari The Panturas.

“Gurita Kota” melanjutkan “Akulturasik,” single original pertama Feel Koplo yang dirilis bulan November lalu. Dua single ini akan jadi bagian dari EP Feel Koplo yang bakal rilis 5 Maret mendatang. The Panturas menjadi salah satu dari tiga musisi yang versi remix lagunya akan masuk ke album ini. Selain tambahan tiga lagu original lain dari Feel Koplo.

Menggubah lagu dengan irama koplo sebenarnya bukan ide sepenuhnya original. Tidak terlalu sulit menemukan versi koplo remix dari berbagai lagu hits berbeda. Ini menjadi tantangan lebih untuk Feel Koplo, terutama ketika mengerjakan remix resmi dari lagu yang sebelumnya sudah dikenal luas pendengar musik Indonesia.

Remix dari Feel Koplo memang tidak sekadar menambahkan ketukan-ketukan dangdut koplo dari permainan gendang. Ditambah dengan gempuran bass serta dinamika petikan ritme yang mengajak bergoyang. “Gurita Kota” diramu ulang hingga memiliki irama rancak yang dinamis. Tanpa menghilangkan ciri khas musikalisasi The Panturas.

Feel Koplo Gurita Kota

Feel Koplo – Gurita Kota

Feel Koplo menyertakan semua elemen dari musik dangdut koplo dalam remix “Gurita Kota.” Permainan instrumen bass yang mengiringi hingga not terakhir lagu menjadi kenikmatan tersendiri. Serta tentunya, yang tidak pernah terlupakan dari musik koplo: gendang. Maulfi Ikhsan dan Tendi Ahmad sepertinya memahami benar bahwa gendang memegang peranan besar dalam koplo. Bisa dikatakan, gendang merupakan nyawa dari irama di dangdut koplo itu sendiri.

“Gurita Kota” menghadirkan permainan gendang yang tidak berlebihan. Namun cukup untuk meniupkan nafas koplo dalam lagu ini. Feel Koplo juga tidak berlebihan dalam menyisipkan permainan irama dalam petikan bass. Versi remix ini justru mengikuti ritme bass milik The Panturas pada lagu asli.

Nafas koplo yang ditiupkan Maulfi Ikhsan dan Tendi Ahmad dalam “Gurita Kota” hadir pula melalui backing vocal. Adanya backing vocal dengan ad-lib tambahan membuat versi remix “Gurita Kota” terdengar lebih hidup; Menegaskan irama koplo yang diusung. Malah sebenarnya, ad-lib yang menjadikan versi remix ini lebih bisa dinikmati. Ya, layaknya lagu dangdut koplo dengan berbagai bentuk ad-lib khasnya.

Meramu ulang lagu-lagu dalam irama koplo bukan lagi hal baru. Feel Koplo memahami hal tersebut dengan berusaha menghadirkan sisi lain dari dangdut koplo. Irama dangdut koplo dari Feel Koplo tidak terdengar murahan. Sebaliknya, Feel Koplo justru memulas musik dangdut koplo. Hingga menjadikan lagu tersebut lebih berwarna. Lebih kaya akan berbagai elemen instrumen musik berbeda.

“Gurita Kota” versi The Panturas memang belum bisa ditandingi. Bahkan oleh versi remix official-nya sekalipun. Walau begitu, Feel Koplo sukses mengangkat lagu ini dengan irama rancak yang lebih segar.

Pada satu sisi, sentuhan “halus” irama khas koplo yang diramu Feel Koplo dalam “Gurita Kota” menjadikan lagu ini terdengar kaya. Di sisi lain malah menjadikan versi remix ini terdengar tanggung.

Versi remix “Gurita Kota” tidak cukup “dangdut koplo” untuk mengajak pendengarnya bergoyang. Berbeda dengan versi remix “HUSH” sebelumnya yang membuat pendengar mau tak mau bergoyang jempol.

Walau begitu, sebagai salah satu lagu pembuka untuk album baru, “Gurita Kota” berhasil membuat pendengar penasaran. Semoga saja untuk remix resmi lain di album Feel Koplo akan lebih berani dalam menyisipkan irama khas dangdut koplo. Terlebih album ini digadang-gadang sebagai gambaran identitas Feel Koplo sebagai duo elektronik dan musisi.

Click to comment

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl Marion Jola, Danilla, Ramengvrl

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl: Don’t Touch Me Single Review

Music

Lana Del Rey Lana Del Rey

Lana Del Rey: Blue Banisters, Text Book & Wildflower Wildfire

Music

Rag’n’Bone Man: Life in Misadventure Album Review

Music

Olivia Rodrigo Olivia Rodrigo

Olivia Rodrigo: Sour Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect