Connect with us

FAQ

Kontributor

Apakah Cultura Magazine menerima kontributor?

Cultura menerima kontributor lepas untuk tulisan Mild, liputan event/konser dan Opinion.

Tema tulisan apa yang bisa dimuat?

Pada dasarnya Cultura mengakomodasi semua tema yang berhubungan dengan culture/pop culture, lifestyle dan entertainment. Yang penting adalah tulisan fresh, akurat, bahasanya jernih dan mudah dimengerti, menghindari klise, menjawab rasa ingin tahu audience dan menarik pembaca dari awal sampai akhir.

Apa saja kriteria untuk tulisan Mild?

  • Mild Report di Cultura termasuk sebagai feature. Sebuah laporan bercerita yang awet (timeless). Penulis juga harus bisa memberikan konteks dan latar belakang dari subjek yang ditulis. Tidak cuma menekankan pada story, tapi juga data. Rujukan data primer maupun sumber sekunder menjadi syarat utama bagi tulisan lepas kontributor.
  • Artikel dari kontributor untuk Mild Report harus original, belum diterbitkan di media lain, dan tidak plagiat!

Berapa jumlah kata artikel Mild?

Cultura menerima tulisan sepanjang minimal 1.000 kata dan maksimal 2.000 kata.

Apa saja syarat tulisan yang layak dimuat di section opinion Cultura?

  • Editor menerima esai yang ditulis dengan sudut pandang dan argumen yang jelas dan ringkas. Jargon-jargon yang tidak familiar wajib dijelaskan di dalam badan tulisan.
  • Editor tidak menerima tulisan dengan paparan bertele-tele, obskurantis, dan mengaburkan pokok bahasan.
  • Artikel opini belum diterbitkan di media lain dan tidak plagiat.
  • Artikel opini terbuka untuk tulisan dari pelbagai macam kajian dan disiplin ilmu. Respon atas topik terkini, isu-isu kebudayaan dan sosial jangka panjang yang krusial bagi diskursus publik akan diprioritaskan.

Berapa panjang artikel opinion Cultura?

Cultura menerima esai opini sepanjang minimal 800 dan maksimal 1.500 kata.

Kemana mengirim artikel Mild dan Opinion ke Cultura?

Silakan kirim ke letters@cultura.id, dengan subject email: [Mild Report / Opinion] – judul tulisan – nama penulis.

Dalam pengantar di badan email, penulis memperkenalkan diri dan menjelaskan secara singkat dan padat intisari artikel tersebut. Sertakan juga lampiran tulisan, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Tim redaksi Cultura akan menyaring tulisan kontributor. Jika dianggap layak, kami akan membalas melalui email untuk korespondensi berikutnya.

Rating (Reviews)

Apa itu rating? Dan bagaimana cara kerjanya?

Cultura memiliki sistem rating berupa bintang dari 1-5 untuk konten-konten tertentu yang bisa diberikan penilaian, kritik dan sebagainya. Rating ini sebagai acuan untuk audience dan sebagai kritik/saran untuk creator.

Saat ini fitur rating tersedia untuk section Film dan Games.
Untuk Film / Movie Reviews, Cultura menilai berdasarkan: Script, Cinematography, Acting dan Setting. Dari keseluruhan, kami akumulasi menjadi total 1-5 bintang.

Kedepannya kami akan menambahkan fitur rating ini untuk section music, stage (event coverage), travel, foods, dan sebagainya.

Connect