Connect with us
Senigma
exit Eksiteu review
Eksiteu (2019)

Film

Exit Review: Misi Penyelamatan Diri yang Heroik

Kita disuguhkan dengan aksi-aksi menegangkan yang cukup membuat lutut menjadi lemas.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Saat ini dunia perfilman Korea Selatan memang sedang bersinar, buktinya film-film Korea tahun ini sudah makin banyak tayang di bioskop-bioskop Indonesia maupun mancanegara. Seperti film “Exit” yang sudah tayang di bioskop sejak Akhir Agustus 2019 ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Film yang berfokus pada misi penyelamatan menjadi salah satu pilihan film Korea terbaik selain Parasite, Train To Busan dan film lainnya. Film ini diperankan oleh Jo Jung-suk (Yong-nam) yang pastinya sudah tidak asing lagi juga Im Yoon Ah (Eui Joo) member SNSD yang juga sangat populer serta pemeran pendukung lain yaitu Go Doo-shim (Hyeon-ok), Park In-hwan (Jang-soo), Kim Ji-young (Jung-hyun), Kang Ki-young (Manajer Goo), Yoo Su-bin (Yong-soo) serta Jung Min-sung.

Exit Review : Misi Penyelamatan Diri yang Heroik

Exit (2019)

Mengisahkan tentang Yong Nam seorang pemuda pengangguran yang menyukai panjat tebing. Suatu ketika, keluarga besar Yong Nam merayakan ulang tahun ibu Yong Nam di sebuah hotel besar. Tak disangka disana ia bertemu dengan Eui Joo yang dulu pernah Yong Nam sukai saat kuliah. Saat pertemuan mereka, Yong Nam berbohong bahwa ia adalah seorang manajer, Eui Joo sendiri adalah asisten manager di hotel tersebut.

Suatu ketika seorang pria terihat mengendarai truk besar berisi dua tabung gas dan berhenti di depan sebuah pabrik. Pria itu pun kemudian menjadi biang dari kekucauan yang terjadi saat itu. Ia meledakkan dua tangki besar gas beracun yang meracuni hampir seluruh warga yang berada di sekitran tempat tersebut termasuk hotel tempat Young Nam berada. Pada awalnya, mereka tidak menyadari telah terjadi kekacauan di luar hotel, sampai akhirnya mereka mendengar suara dentuman keras yang mengagetkan. Mereka pun keluar hotel dan hendak melarikan diri, tetapi asap sudah mengepung tempat mereka berada dan meracuni kakak kandung Yong Nam.

Yong Nam yang panik meminta semua orang agar segera ke rooftop hotel, mereka pun berbondong-bondong pergi ke rooftop, namun pintu rooftop tidak bisa dibuka dan hanya bisa dibuka dari luar. Akhirnya, petualangan Yong Nam dimulai, ia mulai mencari jalan untuk pergi ke rooftop dengan memanjat dinding hotel yang membahayakan nyawa dan membuat semua keluarganya panik termasuk Eui Joo.

Setelah berhasil membuka pintu rooftop, Yong Nam dan keluarganya membuat kode SOS agar mereka dapat keluar dari tempat tersebut. Tak lama kemudian helikopter pun datang menyelamatkan mereka tetapi sayang kapasitas pengangkutan sudah maksimal sehingga Eui Joo dan Yong Nam terpaksa tetap tinggal di tempat itu. Mereka kebingunan dan Eui Joo pun perlahan menangis, lalu asap pun semakin naik dan mengancam nyawa mereka. Dengan peralatan seadanya, mereka memutuskan untuk menyelamatkan diri dengan berlari dan memanjat dari gedung ke gedung. Perjuangan penyelamatan diri mereka akan menghiasi film berdurasi 164 menit ini.

Aksi penyelamatan diri baik itu dari bencana alam, alien, ataupun psikopat memang sudah sering ditayangkan di layar lebar. Namun nyatanya, film tentang penyelamatan diri selalu memberikan adrenalin dan emosi tersendiri yang akan membuat kita terhibur dengan segala ketegangan yang ada. Begitupun dengan film ini, setelah 15 menit pertama, kita disuguhkan dengan aksi-aksi menegangkan yang cukup membuat lutut menjadi lemas khusunya bagi yang memiliki phobia ketinggian. Bagaimana tidak, karena aksi yang ditampilkan mengambil angle dari ketinggian yang tentu saja membuat jantung berdebar kencang.

Akting Jo Jung Suk memang sudah tidak diragukan lagi hampir semua drama yang dibintanginya selalu menjadi favorit, dalam film ini ia sukses mendalami karakternya sebagai pria pemberani namun juga pria yang sedikit lugu. Juga dengan akting Yoona yang sangat luwes dalam film ini, menjadikan karakternya sangat natural dan mengalir dengan baik.

Exit dengan judul asli “Eksiteu” pun menyajikan fenomena digital yang sangat relate dengan kehidupan masa kini, penggunaan ponsel yang tidak bisa lepas dari genggaman, juga dengan penggunaan drone yang turut memberikan kontribusi di era digital saat ini. Di film ini pun diperlihatkan bahwa penggunaan drone tidak bisa seenaknya, mereka pun tetap ketakutan ditangkap polisi ketika menggunakan drone.

Selipan komedi dalam film ini tidak berlebihan sehingga kita akan bisa menikmati keseluruhan film dengan baik. Kehidupan keluarga yang ditunjukkan dalam film pun tergambar dengan apik, bagaimana mereka mendukung anggota keluarga mereka satu sama lain, khususnya saat mereka mengkhawatirkan kondisi Yong Nam yang terpisah dari mereka.

Karena fokus film ini ada dalam aksi penyelamatan diri, maka kita tidak akan menemukan sosok musuh yang akan mengganggu para protagonis di film ini. Kita hanya akan melihat adegan-adegan heroik yang harus mengorbankan keselamatan sendiri dengan mendahulukan keselamatan orang lain. Meskipun begitu, film ini masih sangat seru untuk dinikmati.

Click to comment

Leave a Comment

Gerald’s Game (2017) Gerald’s Game (2017)

10 Rekomendasi Film Adaptasi Stephen King

Cultura Lists

Zombieland 2009 Zombieland 2009

Zombieland Review: Film Zombie Komedi Terbaik yang Pernah Ada

Film

five feet apart review five feet apart review

Five Feet Apart Review: Kisah Cinta Terpaut Jarak 5 Kaki

Film

Fight Club (1999) Fight Club (1999)

15 Film Tentang Kesehatan Mental

Cultura Lists

Connect