Connect with us
Doja Cat Sza
Photo by Jamal Peters

Music

Doja Cat Ft. SZA: Kiss Me More Single Review

Single pembuka untuk ‘Planet Her’ yang menjanjikan lebih dari sekadar momen viral.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Sukses mendominasi dengan sederet hits viral, Doja Cat kembali dengan single baru “Kiss Me More”. Kali ini, sang rapper populer menggandeng penyanyi yang tidak kalah ternama, SZA.

“Kiss Me More” merupakan single pembuka untuk album ‘Planet Her’ yang akan dirilis pada musim panas depan. ‘Planet Her’ digadang-gadang menjadi penerus kesuksesan album ‘Hot Pink’ yang dirilis pada 2019.

‘Hot Pink’ melahirkan sederet hits demi hits viral bagi sang rapper. Mulai dari “Says So” merajai chart dan menjadi staple di TikTok. Hingga “Street” yang viral berkat Silhouette Challenge di platform tersebut.

Doja pun berhasil meraih 3 nominasi di Grammy Awards seiring dengan popularitas yang diraih. Tidak heran bila ekspektasi pendengar dan penggemar sangat tinggi untuk rilisan terbaru sang rapper tahun ini.

Diproduksi oleh Rogét Chahayed (“Vibez”; “Deep Reverence”) dan Yeti Beats (“Tia Tamera”; “Mooo!”), “Kiss Me More” masih mengedepankan genre disco-pop dengan irama manis memabukkan. Lirik nan sensual dengan bait-bait menggoda masih menjadi senjata utama pada verse dari Doja. Porsi lirik SZA masih pula menarasikan tentang sexualitas; bagaimana mereka merengkuh sex dan sexualitas tersebut dengan pasangan.

Track dibuka dengan instrumen gitar nan lembut bertempo sedang; Disusul verse Doja: “and we cuddle, sure I do love it/But I need your lips on mine” yang dibawakan melalui vokalisasi tidak kalah halus. Dari sini, melodi diarahkan ke nada-nada pop dengan hook catchy berulang-ulang. Bangunan aransemen ini mengingatkan pada smash hits “Says So” yang menggunakan pola nyaris sama.

Repetitif hook digunakan dalam beberapa bagian. Seperti diketahui, Doja memang handal dalam meramu hook-hook nan catchy dan membuat pendengarnya ketagihan. Ini merupakan resep sukses tersendiri bagi lagu-lagu viral miliknya.

“Kiss Me More” pun tak perlu diragukan menggunakan resep sama. Doja membagi hook untuk track ini dalam dua bagian: chorus dan pre-chorus. Pilihan cerdas ketimbang hook panjang dan repetitif yang lebih sulit nyantol di telinga pendengar. Sang rapper menyisipkan pula mini-hook “all on my tongue, I want it”, yang dibawakan dengan begitu catchy hingga berhasil memberikan rasa lain.

Malah sebenarnya, tidak akan sulit bagi pendengar untuk “ketagihan” dengan lagu ini. Mengingat “Kiss Me More” memiliki berbagai hook berbeda, selain yang jelas disodorkan oleh Doja. Riff gitar, hook melodi, sampai aforementioned track pun cukup catchy untuk pendengar memutar single ini berkali-kali.

“Taste breakfast, lunch, and gin and juice / And that dinner just like dessert too / And when we French, refresh, gimme two / When I bite that lip, come get me too” menjadi verse Doja paling menarik. Dibawakan dengan flow animated nan gesit, verse yang mereferensikan pada Snoop Dogg ini menjadi highlight tersendiri.

SZA, yang digandeng menjadi kolaborator memberikan layer dan tekstur berbeda. Vokal dari penyanyi hits tersebut mengimbangi gaya bernyanyi dan rap Doja.

Meski membawakan porsi verse-nya melalui gumaman, yang beberapa bagian tidak terdengar koheren; SZA hadir dengan sentakan vokal diantara sugary sweet instrumen. Gaya sing-rap sang penyanyi mengingatkan pada vokalisasi dengan instrumental di “All The Stars”.

Selain itu SZA dan Doja sukses memperlihatkan chemistry melalui perpaduan dinamika vokal. Warna suara, gaya rap dan bernyanyi, sampai karakter vokal kedua soloist ini saling melengkapi. Keduanya terdengar berpadu sempurna mengiringi irama disco pop yang menjadi benang merah utama.

Sebagai lead track, “Kiss Me More” sangat aman. Baik Doja maupun SZA tidak keluar dari zona nyaman masing-masing walau tetap memberi ruang eksplorasi. Aransemen menggoda dengan hook demi hook diberikan demi membuat track ini lebih adiktif dan catchy—dan ini sukses dilakukan.

Click to comment

Julia Michaels Julia Michaels

Julia Michaels: Not in Chronological Order Album Review

Music

The Armed The Armed

The Armed: ULTRAPOP Album Review

Music

Young Stoner Life Young Stoner Life

Young Stoner Life: Slime Language 2 Compilation Album Review

Music

PJ Harding & Noah Cyrus: People Don’t Change Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect