Connect with us
Senigma
doctor john review

TV

Doctor John Review

Ini bukan drama bertema medis pertama di Korea tapi mungkin salah satu yang paling buruk naskahnya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Korea senang memproduksi drama dengan berbagai tema. Mulai dari dunia medis, keuangan, jurnalistik, bisnis, teknologi, sampai idol semua sudah ada dramanya. Drama bertema medis sendiri jumlahnya banyak dan rata-rata bagus. Sebut saja Dae Jang Geum yang kolosal hingga The Doctors. Kali ini, SBS menampilkan drama medis bertajuk Doctor John yang rencananya akan muncul dalam 32 episode.

Plot utama berputar di antara dua dokter anestesi, Cha Yo Han dan Kang Shi Young. Keduanya bertemu di penjara. Cha Yo Han adalah narapida yang arogan, bermulut pedas, tetapi sangat cerdas. Karena ia sebenarnya berprofesi sebagai dokter, ia mampu mengatasi masalah kesehatan para narapida. Ia tak segan menyelinap masuk ke dalam klinik dan menyelamatkan nyawa narapida yang berada di ujung tanduk. Ialah alasan dokter-dokter yang bekerja di penjara untuk berhenti bekerja karena tak tahan dikritisi. Kang Shi Young sendiri adalah dokter di tahun kedua koas. Atas permintaan sang paman, ia mau bekerja di klinik penjara.

Kang Shi Young dituduh melakukan malpraktik karena pasiennya meninggal. Hal itu membuatnya trauma dan tak mau lagi memakai jas dokter. Ia sangat ketakutan ketika menyelamatkan pasien pertamanya di penjara. Namun hal itu dapat ia lalui karena bantuan dari Cha Yo Han. Meski demikian Kang Shi Young masih berpikiran untuk meninggalkan Korea. Demi melupakan traumanya ia ingin kabur ke Madagaskar.

Sebenarnya drama ini bisa saja menarik bila karakter Cha Yo Han tidak dibuat terlalu palsu. Karakternya, juga dramanya, terasa tak masuk akal dan dibuat-buat. Ketika dipenjara, Cha Yo Han bukan lagi seorang dokter dan tak punya lisensi untuk menangani pasien. Tanggung jawabnya hanyalah bersih-bersih. Bagaimana mungkin ia leluasa keluar masuk klinik penjara dan mengobati orang lain? Apalagi sampai mengakses komputer milik dokter di klinik. Bukankah seharusnya komputer itu diberi password? Ketika ada narapida yang kritis, ia sampai bebas berkeliaran di luar sel dan mencari Kang Shi Young. Padahal penjara memiliki aturan yang ketat.

Akting Ji Sung sendiri tak mampu menolong karakter Cha Yo Han menjadi lebih baik. Sikap arogannya terasa kurang “kena”. Cha Yo Han adalah orang yang menyebalkan tapi kita akan dibuat lebih sebal lagi dengan akting Ji Sung. Untunglah akting Lee Se Young sebagai Kang Shi Young cukup baik. Meski naskahnya buruk dan banyak hal tidak logis di dalamnya, drama ini berhasil meraih ranking empat dalam hal popularitas di Korea saat ini. Nama-nama besar aktor dan aktrisnya sangat menolong drama ini. Lagi pula drama bertema medis memiliki penggemar yang banyak di masyarakat.

3 Comments

3 Comments

  1. alakazm

    August 18, 2019 at 8:40 PM

    hedeuuhh belum juga tamat drakornya

  2. Unknown

    August 18, 2019 at 9:04 PM

    review kamu tidak butuh ciel

  3. yessy

    October 22, 2019 at 3:09 PM

    bagus kok filmnya, dfilmnya memberi pesan bahwa obat bukan satu2nya penyembuh, tetapi perhatian juga sangat penting bagi org sakit, seolah dia tidak merasa sakit sendirian

Leave a Comment

VIP Drama Review VIP Drama Review

VIP Review: Drama Yang Mengangkat Tema Perselingkuhan

TV

ratu ilmu hitam review ratu ilmu hitam review

Ratu Ilmu Hitam Review

Film

love for sale 2 cast love for sale 2 cast

Love for Sale 2 Spoiler Review: Menyoal Masyarakat dan Pernikahan

Film

leverage leverage

Leverage (Rebeoriji: Sagijojakdan) Review

TV

Connect
%d bloggers like this: