Connect with us
Designated Survivor 60 Days Review

TV

Designated Survivor: 60 Days Review

Bagaimana bila seorang jenius yang kikuk mendadak jadi presiden?

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Park Moo Jin adalah gambaran orang jenius sekaligus aneh yang asyik dengan dunianya sendiri. Ketika diangkat sebagai Menteri Lingkungan Hidup, ia datang ke Gedung Biru (Gedung Putihnya Korea) dengan sneakers. Presiden Yang Jin Man sampai harus meminjamkannya sepatu agar ia layak tampil di hadapan banyak orang. Sebagai seorang Profesor Kimia, ia lebih suka bekerja di laboratorium atau turun ke lapangan mengambil sampel dan menghitung tingkat pencemaran udara. Di balik penampilan kasualnya, ia sungguh tak pandai hidup dengan sesama manusia. Dengan istrinya sendiri, Choi Kang Yeon, sulit baginya untuk bersikap jujur.

Namun kurang dari 24 jam kondisi hidup Moo Jin berubah. Ia yang hampir dipecat sebagai menteri karena membuat kegaduhan dalam pertemuan bilateral Korea dan Amerika malah menjadi presiden. Ini karena presiden beserta jajaran menteri dan anggota dewan serta pemangku kekuasaan lainnya menjadi korban serangan teroris. Seluruhnya mati ketika sang presiden justru ingin melakukan terobosan berkaitan dengan hubungan antara Korsel dan Korut. Putri bungsu Moo Jin pun jadi korban karena ikut dalam karya wisata ke Gedung DPR, tempat presiden membuat pengumuman mengenai terobosannya.

Moo Jin yang terkejut melihat Gedung DPR meledak ketika dalam perjalanan menjemput sang putri, malah diseret ke Gedung Biru. Tanpa basa-basi ia diangkat sebagai presiden darurat alias presiden interim. Tugas pertamanya sebagai presiden adalah memutuskan apakah Korsel bersama para sekutu yaitu Amerika dan Jepang akan “menghukum” Korut yang diduga berada di balik serangan terorisme tersebut. Namun Moo Jin yang jenius bersikap cermat. Meski ia kikuk dan tak memahami dinamika dunia politik, ia selalu berpegang pada data. Ia tak mau segera mengambil keputusan untuk perang bila tak ada data yang mendukung hal tersebut.

Moo Jin diperankan dengan gemilang oleh Ji Jin Hee. Ia memiliki karir yang cemerlang dan sudah biasa menjadi pemeran utama. Beberapa dramanya yang sukses besar termasuk di Indonesia adalah Dong Yi dan Dae Jang Geum. Keputusannya bergabung dengan Designation Survivor: 60 Days sudah tepat. Di drama ini ia bersinar sebagai seorang menteri yang kemudian menjadi presiden dadakan. Sebagai seorang suami sekaligus ayah pun ia mampu menjiwai perannya sebagai tokoh yang kikuk dengan baik. Walau tak punya kepercayaan diri dan kadang terlihat lemah, Moo Jin berhasil keluar dari masalah dengan brilian.

Sebenarnya karakter Moo Jin sangatlah menarik. Kita sudah terbiasa melihat karakter yang cerdas sekaligus penuh kepercayaan diri bahkan arogan. Tapi cerdas dan kikuk seperti dia justru membawa kesegaran tersendiri. Di luar itu, karakternya diciptakan sangat apik oleh penulis skenario Kim Tae Hee. Tae Hee tak hanya fokus pada pengembangan karakter seorang Moo Jin tetapi juga membangun cerita dengan plot yang menarik sekaligus pondasi yang kuat. Kita menjadi belajar banyak mengenai kondisi politik Korut dan Korsel beserta negara-negara sekutunya.

Di luar itu kita mungkin sedikit terhibur karena di drama ini Amerika tidak dilihat sebagai pihak yang superior atau superhero. Amerika yang selalu bersikap seakan merekalah penyelamat dunia justru “dibongkar” di depan layar sebagai pihak yang gemar perang. Padahal Moo Jin sendiri tidak terlihat tangguh atau berwibawa sebagai seorang presiden tetapi ia mampu menghadapi kedigdayaan Amerika dengan caranya sendiri. Justru inilah yang membuat tokoh Moo Jin lebih mudah dicintai. Ia terlihat realistis.

Secara keseluruhan, drama ini dikerjakan dengan sangat baik, tak salah bila Netflix ikut membeli dan memutarnya. Drama ini sendiri di Korea tayang di tvN. Beberapa penggemar menganggap bahwa kualitas drama ini setara dengan film layar lebar. Tak hanya mata yang disuguhi jalan cerita memikat tapi juga secara audio pun begitu bagus. Kita dibuat berdebar sejak awal drama dimulai.

Click to comment

Leave a Comment

the night of the night of

5 Rekomendasi Serial Bergenre Drama Kriminal

Cultura Lists

unbelieveable netflix review unbelieveable netflix review

Unbelievable Review: Serial Kriminal Dengan Pengembangan Investigasi Mendalam

TV

When The Camellia Blooms Review When The Camellia Blooms Review

When The Camellia Blooms Review

TV

Clueless (1995) Clueless (1995)

10 Rekomendasi Film Chick Flick di Netflix

Cultura Lists

Connect