Connect with us
Senigma
dark season 2 review

TV

Dark Season 2 Review: Kisah Perjalanan Waktu Mind-Blowing Kembali Hadir Membawa Tragedi

Tragedi mengerikan di kota Winden kembali berlanjut pada musim kedua Dark yang tidak kalah mencengangkan dari musim pertamanya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Bagi para penggemar serial sci-fi pastinya sudah tidak asing dengan serial original Netflix berjudul Stranger Things. Tetapi apa pernah mendengar serial sci-fi asal Jerman berjudul Dark? Sekilas memang ada kemiripan antara premise dari cerita musim pertama Stranger Things dengan Dark. Keduanya memang sama-sama mengambil setting di sebuah kota kecil dimana beberapa anak hilang secara misterius. Jangan salah sangka terlebih dahulu, Dark bukanlah imitasi amatir buatan Jerman untuk mengikuti serial Stranger Things tetapi merupakan sebuah kisah original yang bahkan berpotensi melebihi cerita yang ditawarkan Stranger Things. Tahun ini Dark kembali hadir lewat musim keduanya yang bisa dibilang memuaskan ekspektasi dan menambah rasa penasaran penonton untuk cerita serta tragedi mengerikan di Winden.

Pada musim pertama Dark berubah dari cerita misteri kasus hilangnya beberapa anak dan perlahan masuk ke dunia sci-fi yang memperkenalkan karakter serta penonton dengan konsep time travel atau perjalanan waktu. Jika cerita pada musim pertama terbilang cukup berat dan kompleks, sepertinya penonton harus lebih mempersiapkan diri untuk kompleksitas yang ditawarkan oleh Dark musim kedua. Jika musim pertama digunakan sebagai sebuah perkenalan, musim kedua ini semakin berani bahkan liar dalam memainkan konsep perjalanan waktu. Pada musim pertama penonton mendapatkan beberapa informasi kunci mengenai ‘time loop’ yang terus berulang sebagai dasar tragedi di Winden, di musim ini penonton mendapatkan beberapa detail serta penjelasan mendalam lainnya. Informasi baru yang penonton dapatkan secara unik tidak mengurangi kompleksitas cerita bahkan memperumit plot sehingga butuh waktu serta pemikiran lebih untuk memahami jalan cerita dengan benar.

Seperti cerita pada musim sebelumnya, Dark kembali membawa tragedi menarik beberapa keluarga di Winden terutama keluarga Nielsen yang nasibnya terhubung pada sebuah takdir yang terikat oleh waktu. Berusaha keluar dari takdir yang mengikat mereka, para karakter berusaha mati-matian mencari usaha paling efektif. Bagi para penonton yang sudah tidak sabar dan haus akan sebuah kebenaran atau keadilan yang didapatkan oleh beberapa karakter penonton sepertinya harus tetap bersabar. Musim kedua ini tidak memotong tragedi tetapi malah menambah porsi tragedi yang kembali menyesakkan hati. Usaha setiap karakter terasa sia-sia apalagi mereka seakan dihadapkan pada sebuah kekuatan yang mereka tidak bisa lawan. Setiap rahasia yang terungkap dan terjawab tidak menambah kebahagiaan tetapi hanya menambah rasa sedih serta tragedi yang dialami setiap karakter.

dark season 2 review

Image: Netflix

Di musim ini karakter Noah, salah satu karakter paling misterius pada musim pertama mendapatkan porsi yang jauh lebih besar. Penonton perlahan mengetahui apa motivasi serta tujuan dari Noah sebenarnya. Yang mengejutkan ternyata Noah bukanlah sosok jahat yang menjadi perancang tragedi ini tetapi hanya sebagai tangan kanan sosok jahat yang sebetulnya. Sosok jahat tersebut bernama Adam, seorang pria misterius dengan wajah yang rusak. Muncul sebuah pertanyaan baru terhadap kemunculan Adam yaitu siapakah sosok Adam sebetulnya? Penonton mendapatkan jawaban tersebut di pertengahan musim kedua ketika Jonas akhirnya bertemu dengan Adam. Rahasia identitas Adam yang sebetulnya diungkap dan menjadi sebuah twist paling mengejutkan sepanjang musim ini. Selain Noah, karakter Claudia yang juga tidak kalah misterius juga mendapatkan porsi lebih besar pada musim ini. Penonton perlahan juga mengetahui motivasinya serta sedikit sejarah dibalik karakter Claudia. Bisa dibilang kisah Claudia juga menjadi salah satu tragedi paling menyedihkan di serial ini.

Menggunakan berbagai timeline secara luar biasa, porsi setiap karakter di musim ini bisa diberikan dengan seimbang. Penonton melihat aksi Magnus dan teman-temannya (Martha, Bartosz, Franziska) untuk berusaha mengungkap rahasia hilangnya Mikkel. Sedangkan para orang dewasa juga mulai mengetahui rahasia mengerikan mengenai perjalanan waktu. Jonas yang pada musim lalu terjebak di masa depan juga perlahan mulai mengetahui rahasia mengerikan dibalik semua tragedi ini. Jika ada karakter yang terkesan ditinggalkan pada musim ini, tidak lain adalah karakter Ulreich dan Regina. Ulreich yang terjebak pada tahun 1953 harus mengalami masa tahanan bahkan hingga tahun 1986. Sedangkan Regina hanya muncul beberapa kali dengan kondisi yang memprihatinkan karena terkena kanker payudara.

dark netflix review indonesia

Image: Netflix

Ada beberapa dinamika karakter yang cukup menarik salah satunya adalah hubungan antara Jonas dan Martha. Hubungan kompleks keduanya bisa dibilang sebagai hubungan terlarang mengingat Martha merupakan tante biologis dari Jonas meskipun keduanya memiliki umur yang sama. Setelah kisah cinta rumit dari musim pertama, musim ini penonton mendapat akhir atau konklusi dari hubungan keduanya. Hubungan Katharina dan Hannah seperti anjing dan kucing mengingat keduanya mencintai seorang pria yang sama yaitu Ulreich. Bahkan cinta Hannah dapat disebut sebagai obsesi jika dibandingkan dengan ‘cinta’ yang sesungguhnya. Hannah yang pergi ke tahun 1953 untuk bertemu dengan Ulreich berhasil menciptakan sebuah adegan yang bisa dibilang membangun kebencian penonton kepada Hannah. Selain itu hubungan misterius antara Noah dan Charlotte juga perlahan diungkap pada musim ini.

Berfokus pada perubahan takdir serta pencegahan kiamat atau apocalypse yang terjadi pada tahun 2019, Dark season kedua diakhiri dengan beberapa kejutan serta pertanyaan. Siapa sebetulnya karakter yang berada di sisi baik? Claudia atau Adam? Kemana Jonas dewasa dan Magnus pergi? Siapa sosok Martha yang muncul pada akhir episode terakhir? Semuanya menjadi misteri yang sepertinya akan diungkap dan dijawab pada musim ketiga yang sekaligus menjadi musim terakhir serial ini. Kisah luar biasa mengenai usaha manusia melawan takdir atau waktu membawa moral yang begitu mendalam dan relatable. Apakah sebetulnya manusia memiliki kebebasan dan dapat melawan takdir? Konsep waktu yang tidak linear, saling berpengaruh serta terikat antara masa lalu, masa depan serta masa kini menjadi daya tarik utama yang diberikan oleh serial Dark season 2 ini.

Lengkap dengan tragedi kompleks yang ditawarkan, Dark menjadi sebuah serial sci-fi luar biasa dan begitu mengejutkan. Membawakan cerita yang terkesan lebih serius dan kompleks Dark berhasil membuat batas yang memisahkan dirinya sebagai kisah original dan unik tidak kalah dari Stranger Things. Jika Stranger Things terkesan lebih ringan dan fun, Dark menyajikan sebuah kisah yang dapat dinikmati oleh orang dewasa dengan tone yang jauh lebih serius. Untuk beberapa orang kompleksitas Dark musim kedua mungkin dapat menjadi penghilang napsu tetapi bagi para pecinta misteri tentunya Dark adalah serial yang sangat cocok untuk dinikmati.

Click to comment

Leave a Comment

Alex Lawther and Jessica Barden in Season 1 | Netflix Alex Lawther and Jessica Barden in Season 1 | Netflix

The End of the F***ing World Season 2 Review

TV

VIP Drama Review VIP Drama Review

VIP Review: Drama Yang Mengangkat Tema Perselingkuhan

TV

suspiria suspiria

Rekomendasi Film Horror Bertema Sekte

Cultura Lists

ratu ilmu hitam review ratu ilmu hitam review

Ratu Ilmu Hitam Review

Film

Connect