Connect with us
Jeon Somi
Jeon Somi

Music

Daftar Debut & Comeback K-pop Bulan Mei dan Juni

Ada beberapa idol maupun solois underrated dalam daftar ini.

Bulan Mei hingga Juni ini ada banyak bintang K-pop bertaburan. Ada yang debut, ada juga yang melangsungkan comeback. Meraka berasal dari berbagai agensi. Sebagian dari mereka adalah idol yang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya di jagat hiburan. Misalnya Somi yang sempat beberapa kali tertunda debutnya. Atau Lee Hi yang sudah lama tidak menyapa penggemar. Siapa saja mereka? Simak daftarnya di bawah ini.

Masc – Maschera

Boy group asuhan J Planet Entertainment ini masuk dalam daftar underrated. Boy group ini juga acapkali bongkar pasang personel. Awalnya Masc debut pada 2016 dengan jumlah anggota delapan orang. Kini yang tersisa tinggal empat orang. Keempatnya adalah A.C.E, 26, Chibin, dan Do Eun. Meski namanya kurang terdengar di Korea, Masc memiliki penggemar yang besar di Brazil. Mereka sempat melakukan tur di Brazil pada 2017 dan 2019 ini. Masc juga sempat mengadakan konser di Jepang.

Katie – Thinkin Bout You

Katie Kim awalnya berada di bawah naungan YG Entertainment. Rencana debutnya sempat terkatung-katung hingga akhirnya ia hengkang dan bergabung dengan agensi AXIS. Di agensi baru ini ia lebih leluasa melakukan eksperimen dalam bermusik. Bila YG Entertainment akrab dengan musik rap dan hip hop, maka Katie cenderung dipengaruhi soul, jazz, dan R&B. Katie terutama menyukai musik R&B di era 90-an. Salah satu musisi yang memengaruhi karyanya adalah Ella Fitzgerald.

Yang Hyun Suk, CEO dari YG Entertainment mengatakan Katie lebih beraliran musik barat dibandingkan Kpop. Katie juga tidak menganggap dirinya sebagai bagian dari industri Kpop. Kini Katie berdomisili di Amerika meski ia tetap berkarir di Korea. Contohnya ketika ia tampil dalam Seoul Jazz Festival. Thinkin Bout You merupakan title track dari mini album bertajuk Log. Lagu lain dalam mini album ini adalah No Instructions, Future Love, Remember, Love Kills, dan Better Off.

EXID – Me & You

Mini album kelima EXID ini adalah terakhir kalinya mereka comeback di bawah satu agensi. Setelah promosi album ini selesai, Hani dan Junghwa memutuskan untuk tidak memerbaharui kontrak dengan agensi Banana Culture. Namun mereka berkomitmen untuk tetap tergabung dalam EXID bersama member lain yaitu LE, Hyelin, dan Solji. EXID adalah salah satu girl group yang para membernya dikenal sangat akrab dan dekat tidak hanya di atas panggung tapi juga kehidupan sehari-hari. Mereka terutama populer karena bersikap apa adanya dan tidak berusaha melakukan aegyo. Album ini menempati peringkat kedelapan di Billboard World Album Chart. Hingga saat ini EXID masih dalam rangka promosi lagu Me & You di berbagai acara musik.

Weki Meki – Picky Picky

Weki Meki kembali dengan karya barunya yang catchy, Picky Picky. Mereka debut sejak 2017 lalu. Weki Meki terdiri dari delapan member. Salah satu member yang paling menonjol adalah Doyeon. Ia jebolan ajang Produce 101 bersama Yoo Jung, member Weki Meki lainnya, dan solois Chungha. Weki Meki yang dibaca “wiki miki” memiliki konsep teen crush. Mereka ceria, enerjik, dan fierce. Pada comeback kali ini mereka tampil super funky dengan sentuhan musik pop dance. Album bertajuk Lock End LOL dengan title track Picky Picky ini masih dalam masa promosi. Meski agensinya tengah terlibat masalah akibat sang CEO yang dituduh mendapatkan dana ilegal, Weki Meki tetap tidak terpengaruh dan berhasil comeback sejak menelurkan karya tujuh bulan lalu.

Oh My Girl

Girl group satu ini akan melakukan comeback dengan merilis album kedua mereka untuk pasar Jepang. Album ini akan mengandung dua lagu original berbahasa Jepang. Umumnya idol group Korea merilis album versi Jepang dengan dua cara yaitu lagu Korea yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Jepang atau membuat lagu original khusus untuk pasar Jepang. Kedua lagu original ini akan ditampilkan di panggung fanmeeting pertama mereka di Jepang dan albumnya akan rilis pada 4 Juni 2019.

Iz*one – Buenos Aires

Girl group yang membernya berasal dari dua negara yaitu Korea dan Jepang ini akan merilis video klip single kedua mereka untuk pasar Jepang, Buenos Aires. Video klip ini akan rilis akhir Juni nanti. Iz*one adalah girl group rookie yang langsung meroket dan meraih kesuksesan dalam waktu singkat. Sejak debut, bisa dibilang girl group ini tidak berlama-lama melakukan istirahat. Kesuksesan La Vie en Rose segera diikuti dengan Violeta. Debut Jepang mereka sebelumnya bertajuk Suki to Iwasetai.

Lee Hi

Lee Hi

Lee Hi – 24oC

CEO YG Entertainment, Yang Hyun Suk, berjanji bahwa tahun ini Lee Hi akan melakukan comeback dua kali. Sebelumnya Lee Hi sempat hiatus selama tiga tahun sejak comeback terakhirnya pada 2016 lalu lewat album Seoulite. Si suara emas ini telah terjun ke dunia musik sejak usia sangat belia, 16 tahun. Meski belia, Lee Hi sendiri telah berhasil mengumpulkan berbagai penghargaan di bidang musik contohnya dijuluki Best Rookie oleh Golden Disk Award. Mini albumnya kali ini mencakup lima lagu yaitu No One; No Way; Love is Over; 1,2; dan 20Min.

Jeon Somi

Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya Somi dipastikan debut pada bulan Juni. Bersama Doyeon dan Chungha, ia adalah jebolan ajang Produce 101. Ia bahkan meraih posisi tertinggi. Ia tergabung dalam The Black Label, adik dari agensi besar YG Entertainment. Meski belum debut, Somi telah meraih popularitas luar biasa. Ia laku keras sebagai model berbagai produk. Kepribadian dan tampilan fisiknya dianggap sebagai nilai tambah Somi di dunia hiburan. Somi akan bekerja sama dengan produser musik Teddy yang dikenal dengan lagu-lagu hitsnya seperti Solo milik Jennie Blackpink atau Gashina milik Sunmi.

Fromis_9 – Fun Factory

Fromis_9 alias From Idol School yang dibaca promise nine adalah girl group beranggotakan sembilan member. Mereka akan segera merilis single album bertajuk Fun Factory. Konsep comeback kali ini adalah fun dan enerjetik. Ketika merilis foto-foto teaser, seluruh member Fromis_9 tampil dengan warna-warna cerah meski ada pula yang memakai warna hitam. Uniknya lagi, di video teaser mereka terlihat seperti melakukan iklan minuman soda. Di Indonesia sendiri penggemar sudah dapat mulai melakukan pre order albumnya.

CLC Me

CLC – Me

Setelah mendapatkan piala pertama mereka di acara musik pada awal 2019, CLC berjanji akan segera comeback dan lebih bekerja keras lagi. Single digital bertajuk Me ini akan rilis 29 Mei 2019. CLC sendiri belum mengunggah teaser grup. Mereka masih menguggah teaser individu. Girl group yang terdiri dari tujuh anggota ini memiliki siaran vlog mereka sendiri yang menampilkan kehidupan mereka di luar panggung. Mereka termasuk girl group yang sangat mandiri. Misalnya melakukan makeup dan styling rambut sendiri sebelum naik ke panggung. Mereka juga tidak malu untuk memasak di ruang ganti misalnya membuat pancake atau sandwich. CLC selalu menampilkan diri apa adanya dan tidak bersikap seperti diva. Salah satu membernya, Sorn, tidak ragu merekam aktivitasnya pergi ke minimarket dan menunjukkan paket bento dengan harga murah meriah sebagai makanannya sehari-hari.

yoona a walk to remember

Yoona SNSD – A Walk To Remember

Member dari SNSD, Yoona, akan merilis album solonya yaitu A Walk To Remember. Selain sebagai member girl group, ia juga dikenal sebagai aktris maupun model. Ia merupakan salah satu maknae di SNSD. Meski kini SNSD jarang tampil dan banyak dari membernya beraktivitas solo, Yoona terhitung sangat aktif tampil. Yoona telah berkali-kali membintangi serial drama maupun ikut dalam acara televisi. Misalnya The K2, The King in Love, You Are My Destiny, dan Family Outing. Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut terkait album solo ini kecuali foto-foto teasernya.

Oneus – Rise Us

Oneus adalah boy group di bawah agensi RBW yang juga menaungi Mamamoo. Boy group ini terdiri dari enam member. Mini album ini akan memiliki title track berjudul Twilight. Title track ini sendiri ditulis oleh membernya. Ada enam lagu yang akan rilis dalam album ini yaitu Time, Twilight, English Girl, BingBing, White Night, dan Now. Oneus baru saja debut Januari lalu. Bahkan sebelum debut mereka telah memiliki reality show mereka sendiri.

WJSN – For The Summer

Girl group WJSN (Woojo Sonyeo) alias Cosmic Girl mengumumkan rilis album spesial mereka, For The Summer, pada 4 Juni nanti. WJSN telah debut sejak 2016 lalu. Membernya berasal dari dua negara yaitu Korea dan China. WJSN juga memiliki beberapa subunit seperti Wonder Unit, Joy Unit, Sweet Unit, dan Natural Unit. Mereka telah merilis sekumpulan foto teaser dalam tema warna pink, hijau, dan biru. Saat ini mereka akan promosi dengan member berjumlah sepuluh orang. Sebab tiga member yang berasal dari China sedang sibuk melakukan aktivitas solo di negara asalnya.

Click to comment

Leave a Comment

Advertisement Cultura Lists
Connect