Connect with us
Criminal UK S2
Netflix

TV

Criminal: UK Season 2 Review

Kasus yang lebih sederhana tanpa menghilangkan formula sempurna dari season pertama.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Criminal UK akhirnya kembali dengan season keduanya pada awal Oktober 2020. Masih disutradarai oleh Jim Field Smith dan ditulis oleh George Kay, serial drama kriminal ini masih memiliki formula dan konsep produksi yang tak jauh berbeda dengan season pertamanya. Criminal UK season 2 terdiri dari empat episode dengan sederet kasus dan cast terbaru. Mulai dari Kit Harrington (Game of Thrones), Kunal Nayyar (Big Bang Theory), Sophie Okonedo, dan Sharon Horgan.

Masih memiliki latar lokasi minimalis yang sama dengan sederet tim detektif yang familiar dari season pertama. Begitu juga dengan sinematografi hingga gaya penulisan naskah yang sebetulnya memiliki template yang sama setiap episodenya, serta casting karakter yang diwawancarai dengan akting berkualitas. Namun, ada sedikit kualitas yang disederhanakan dan membuat beberapa kasus lebih mudah dipahami dan relevan dengan isu tertentu di masyarakat luas.

Criminal UK Season 2 Review

Netflix

Episode Pertama yang Emosional Bagi Saksi dan Investigator

Jika kita disuguhi pihak terduga yang keras kepala pada episode pertama di musim pertama, season kali ini dibuka dengan performa akting dari Sophie Okonedo sebagai Julia Bryce yang emosional. Julia adalah seorang istri dari terpidana kasus pembunuhan seorang mahasiswa. Adanya kemungkinan korban kedua membuat Julia harus kembali diinvestigasi sebagai saksi.

Episode pertama ini memiliki plot yang cukup berbeda dengan template episode-episode Criminal pada umumnya. Ada dua babak sesi wawancara dengan dua atmosfer berbeda. Tak hanya menitik beratkan esesnsi yang biasanya lebih banyak diambil oleh karakter yang diwawancarai, namun melibatkan kondisi emosi serta gejolak batin dari detektif yang bertugas sebagai investigator.

Episode Kedua dan Ketiga dengan Isu yang Familiar

Sementara dua episode berikutnya mengangkat kasus dengan isu kriminal yang marak di masyarakat umum; kekerasan seksual dan pedofilia. Episode 2 dibintangi oleh Kit Harington sebagai Alex, terduga pelaku kekerasan seksual pada pegawai wanitanya. Kemudian Episode 3 dibintangi oleh Sharon Horgan sebagai Danille Dune, wanita yang berlagak heroik, memberantas pedofil dengan cara main hakim sendiri.

Pada awalnya, kedua episode ini terlihat menyajikan sesuatu yang kita inginkan, pembela yang kita harapkan pada korban tertentu. Namun Criminal tak semudah itu memberikan materi yang mudah ditebak, keduanya memiliki hasil akhir dengan plot twist yang akan membuat kita terkejut dan jauh dari dugaan.

Ketika banyak media berusaha mengangkat topik kasus kekerasan seksual dengan bumbu feminisme, Criminal memutuskan untuk memberikan perspektif yang berbeda, kemungkinan yang berbeda. Penulis memanfaatkan stigma yang telah terbentuk di masyarakat melalui kasus serupa di media lain, untuk menciptakan hasil akhir yang tidak tertebak. Trik tersebut juga diterapkan pada kasus Danielle Dune pada episode 3.

Usaha Menciptakan Episode Penutup dengan Kasus Kompleks

Memasuki episode keempat sekaligus penutup dari season ini, Kunnal Nayyar berperan menjadi Sandeep Singh, terpidana pembunuhan yang kembali dipanggil untuk investigasi kasus baru. Episode ini juga melibatkan sedikit peran dari pihak investigator. Ketika Sandeep berharap mendapatkan keringanan hukuman, ada mantan detektif yang memiliki harapan untuk kembali kejabatan lamanya tersebut.

Episode ini memiliki plot yang tampaknya hendak dibuat kompleks, dengan karakter terpidana yang lihai bernegosiasi dengan tim investigator, seperti Criminal Germany season 1 episode 3. Namun, episode ini diakhiri dengan babak pengungkapan yang mempermainkan asumsi penonton. Penulis nampaknya ingin memberikan double plot twist dengan ekspektasi tinggi, namun terasa sedikit dipaksakan, bagai kebetulan yang tidak natural.

Secara keseluruhan, Criminal UK Season 2 masih memiliki formula terbaiknya dari season pertama. Terutama dalam proses casting yang selalu berhasil menampilkan aktor dengan kualitas akting A plus. Episode 1 sampai 3 memiliki penulisan naskah yang bagus, namun kompleksitas yang sedikit diturunkan, membuat penonton lebih mudah paham. Sementara episode penutup memiliki penulisan yang kurang jika dibandingan dari semua episode serial Criminal sebelumnya.

Criminal UK Season 1 Review

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect