Connect with us
Senigma
criminal germany netflix review
Netflix

TV

Criminal: Germany Review

Menghadirkan kasus dan karakter yang lebih menantang.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Criminal” merupakan salah satu Netflix Original Series bergenre drama kriminal yang baru saja rilis September lalu. Terdiri dari 4 versi dari berbagai negara; Inggris, Spanyol, Jerman, dan Perancis. Setiap versinya terdiri dari 3 episode pendek dengan berbagai kasus yang seru untuk disaksikan.

“Criminal: Germany” menghadirkan konsep cerita yang intense dan menantang dalam setiap episodenya. Versi satu ini memiliki pola dan ide cerita yang cukup berbeda dengan beberapa versi sebelumnya yang telah kami review; “Criminal: UK” dan “Criminal: Spain”. Tampil dengan formasi tim investigasi terbaru dan metode pendekatan dan wawancara yang berbeda pula.

Menyajikan Kasus Yang Cukup Sulit Pada Episode Pertama

Baru memasuki episode pertama, “Jochen”, kita sudah disuguhi kasus yang cukup sulit untuk ditelaah. Berawal dari penemuan tengkorang dari sebuah jenazah yang diidentifikasi sebagai Jens Krahl. Tengkorak tersebut ditemukan di proyek pertama properti miliki Jochen Muller. Ketika kita mengira kasus ini akan mengarah pada kasus pembunuhan, penyelidikan satu ini mengarah ke fakta lain yang tidak akan kita duga sama sekali dari adegan pertama.

Sayangnya, plot twist yang ditulis sedikit kurang “greget” dalam eksekusinya seperti dengan plot twist lainnya yang pernah muncul dalam episode-episode “Criminal” sebelumnya. Namun, episode ini cukup memberikan kekayaan variasi kasus yang bisa muncul dalam sebuah serial drama kriminal investigasi satu ini.

Konsep screenplay yang minimalis telah disajikan dengan pengembangan ide cerita yang maksimal agar penonton tidak bosan dalam mengikuti serial ini.

Frustrasi di Episode Kedua Dengan Pola Karakter yang Berbeda

Episode kedua dalam serial “Criminal” berbagai versi, sejauh ini selalu menyajikan episode dengan cerita yang akan membuat kita frustasi. Terutama pada versi “Criminal: Germany”. Dalam episode berjudul “Yilmaz”, emosi kita akan dipermainkan dengan karakter yang diinterogasi bernama Yilmaz. Ia diduga melakukan KDRT oleh istrinya yang sedang terbaring di rumah sakit.

Setiap terduga seringkali didampingi oleh seorang pengacara, dalam episode kali ini, pengacara Yilmaz memiliki peran yang penting dan agresif dibandingkan dengan pengacara-pengacara lainnya. Tak disarankan untuk berbicara selama wawancara, sang pengacara mendominasi interogasi dan tampak menyembunyikan sesuatu.

Episode satu ini juga memiliki akhir yang berbeda dan bikin frustasi. Memberikan kita pandangan baru tentang hasil akhir yang bisa muncul dalam sebuah interogasi (jika seseorang memiliki pengacara yang handal dan cekatan).

Drama Tim Investigasi yang Lebih Menarik

Pada episode kedua, sang pengacara akan memberikan memberikan statement yang membuat kita mempertanyakan karir salah satu detektif dalam tim, Schultz. Detektif Schultz cukup mendominasi setiap wawancara dalam dua episode pertama, hingga episode ketiga yang memiliki keterkaitan besar dengan karakter satu ini.

Hal ini membuat setiap episode tampak memiliki penyambung antara satu dengan yang lain. Berbeda dengan versi “Criminal” yang sebelumnya.

Screenplay Dinamis Dengan Adegan Tak Terduga

Tak hanya karakter terduga maupun tersangka yang lebih menantang secara kepribadian, alur cerita dan adegan juga semakin membuat kita paranoid. Tidak main aman lagi, pada episode ketiga, screenplay akan lebih dinamis dengan kasus pembunuhan berantai yang diluar akal sehat oleh seorang wanita bernama Claudia.

Semua cerita memang berhasil dirampungkan tanpa tanda tanya yang akan membuat kita penasaran. Namun, “Criminal: Germany” ditutup dengan adegan pendek yang membuat kita bertanya-tanya “apa yang terjadi?”.

Secara keseluruhan, “Criminal” Germany” menyajikan berbagai kasus baru dengan tingkat resiko yang lebih tinggi. Karakter yang dihadirkan juga semakin menantang dan membuat setiap episode memiliki adegan wawancara yang lebih intense untuk diikuti. Dijamin tidak akan ada bosannya menanti kasus baru apalagi yang akan disajikan dalam serial “Criminal”.

Click to comment

Leave a Comment

Zombieland 2009 Zombieland 2009

Zombieland Review: Film Zombie Komedi Terbaik yang Pernah Ada

Film

five feet apart review five feet apart review

Five Feet Apart Review: Kisah Cinta Terpaut Jarak 5 Kaki

Film

In The Tall Grass Review In The Tall Grass Review

In The Tall Grass Review: Film Horor Menegangkan Tanpa Esensi

Film

bebas film review bebas film review

Bebas Review: Memberikan Nuansa Nostalgia 90an

Film

Connect