Connect with us
Comeback Paling Ditunggu Sepanjang 2019
Mamamoo

Cultura Lists

Comeback Paling Ditunggu Sepanjang 2019

Siapa saja idol dan solois yang comebacknya paling dinantikan sepanjang 2019?

Sepanjang 2019 ada banyak hits yang dihasilkan baik oleh solois, girlgroup, maupun boygroup di Korea. Seperti biasa mereka akan memberikan hint melalui media sosial, mengganti warna rambut, bahkan membombardir fans dengan teaser-teaser menarik. Namun ada beberapa artist yang memang kehadirannya kembali di panggung musik sudah sangat dinantikan. Entah karena hiatus yang lama atau justru karena sangat produktif menghasilkan karya baru.

CL

CL meninggalkan YG Entertainment setelah bergabung sejak lebih dari satu dekade lalu. Baik sebagai solois maupun sebagai member dari 2NE1 ia telah menghasilkan banyak karya fenomenal. Apalagi 2NE1 merupakan salah satu girl group yang melegenda terutama di generasi kedua gelombang hallyu. Ia akhirnya melakukan comeback dengan merilis +DONE161201+ yang video klipnya menampilkan teman-teman lamanya. Video klip itu tak hanya unik tetapi juga membuat para penggemar 2NE1 bernostalgia.

Park Bom

Kabarnya, akhir tahun ini Park Bom akan kembali melakukan comeback setelah ia merilis “Spring” beberapa bulan lalu. Kemunculannya kembali ini cukup dinantikan mengingat ia sudah sangat lama melakukan hiatus. Selain itu kembalinya Park Bom ke dunia hiburan membuktikan cintanya pada dunia musik yang begitu besar. Padahal ia telah diserang berita negatif bertubi-tubi seperti tuduhan menggunakan narkoba hingga operasi plastik. Park Bom juga menjadi bukti bahwa sebagai seorang solois, ia tak hanya perlu bernyanyi dan tak perlu pusing memikirkan koreografi seperti umumnya seniman di Korea.

AOA

AOA adalah pemain lama lainnya yang kembali melakukan comeback. Mereka kembali dengan single bertajuk “Come See Me”. Mereka telah aktif sejak 2012. Meski beberapa kali ditinggalkan membernya, AOA nampaknya tidak mau menyerah. Padahal mereka sempat diprediksi akan berkurang popularitasnya sejak ditinggalkan Choa dan Mina yang dianggap salah satu alasan grup ini terkenal. Bila mendengar single comebacknya kita dapat mendengar ciri khas girl group di era lampau. Bila kini ada banyak girl group dengan konsep cute maka AOA tampil seperti seorang lady.

SuperM

Meski SuperM baru dibentuk 2019 ini, tapi mereka adalah kumpulan idol yang berada di bawah SM Entertainment dan berasal dari beberapa boy group. Mereka adalah Taemin dari Shine, Baekhyun dan Kai dari EXO, Taeyong dan Mark dari NCT 127, beserta Ten dan Lucas dari WayV. Terlihat sekali bahwa SM Entertainment mempersiapkan dengan sangat serius Super M baik dari konsep, musik, video klip, hingga style fashion-nya. Bisa dibilang ini sub unit terbaik dari SM Entertainment.

Chung Ha

“Snapping” merupakan salah satu comeback dari Chung Ha dengan trofi kemenangan terbanyak. Popularitasnya yang sudah meroket sejak “Gotta Go” semakin menanjak setelah ia merilis Snapping. Ia adalah mantan member IOI yang paling sukses. Hal ini tidak mengherankan karena ia memiliki kualitas vokal dan dance di atas rata-rata. Konsep mature dan sexy yang diusung Chung Ha memang membuatnya terlihat berbeda dibanding solois lain.

Stray Kids

“Miroh” adalah salah satu single terbaik dari Stray Kids. Musiknya rancak dan easy listening. Miroh adalah comeback pertama bagi Stray Kids dari total lima comebacknya sepanjang tahun ini. Single ini juga menjadi pembuktian bagi kemampuan rap para idol di bawah JYP Entertainment yang sering disepelekan. Bahkan bagi yang tidak menyukai Kpop pun nampaknya bisa menikmati Miroh. Bulan ini Stray Kids akan merilis single Levanter dan baru saja menampilkan teaser pertama mereka.

Brown Eyed Girl

“Wonder Women” akan terasa klasik dan disukai bagi para penggemar Kpop di era 2000-an. Single ini menunjukkan kualitas Brown Eyed Girl sebagai senior di industri musik. Comeback ini juga sekaligus menunjukkan keberanian Brown Eyed Girl untuk tampil beda tanpa khawatir kalah saing dengan junior mereka. Apalagi konsep video klipnya juga tidak biasa yaitu drag queen, sesuatu yang masih dianggap kontroversial di Korea.

EXO

Tahun ini EXO kembali menyapa penggemar dengan “Obsession”. Seperti biasa, comeback mereka mendapat sambutan hangat. Single ini kental dengan nuansa hip hop dan edm. Di tahun ketujuh mereka di industri musik EXO menunjukkan pengaruh yang tetap kuat dan menjadi salah satu boy group terpopuler meski ada banyak boy group baru bertebaran. Meski demikian harus diakui kesuksesan EXO tak sekadar karena di bawah agensi besar belaka melainkan musik mereka yang memang enak.

BTS

Setelah meraih popularitas internasional yang mencengangkan, BTS kini berkolaborasi dengan Lauv dan merilis “Make It Right”. Harus diakui track ini terdengar tidak sangat Korea. Single kali ini memiliki pengaruh yang sangat kental dari Lauv. Namun karena BTS memiliki jumlah fans yang luar biasa tak heran bila single ini pun mampu diterima di Korea. Tentu single ini lebih mudah diterima oleh pasar internasional.

Mamamoo

Ini adalah tahun kelima bagi Mamamoo dan single “Hip” sebagai comeback terbaru mereka telah meraih lima trofi. Selain mampu mendobrak stereotip girl group seperti berpakaian sesuka hati mereka pun mampu menahbiskan diri sebagai idol serba bisa. Mamamoo kerap bereksperimen dalam musik dan menampilkan hal baru dalam jagat industri hiburan di Korea. Pencapaian mereka terhitung fantastis mengingat mereka berasal dari agensi tak ternama dan sering mengalami diskriminasi. Meski para fans marah karena Mamamoo seperti tak dianggap di MMA, akhirnya mereka mampu bersinar di panggung MAMA.

Twice

Tahun ini Twice bermetamorfosis dengan image yang lebih dewasa. “Fancy” dan “Feel Special” menunjukkan bahwa Twice tak hanya bermain di zona imut saja. Di luar dugaan overworked dan anggapan hanya menjual tampang, Twice berusaha keras untuk menampilkan kemampuan vokal mereka. Misalnya pada penampilan mereka baru-baru ini di panggung MAMA 2019 ketika Nayeon tampak berusaha keras menyanyi live. Apalagi dengan jarak comeback yang terhitung dekat, Twice patut diacungi jempol karena comeback-nya tak pernah gagal.

IU

Salah satu yang patut diacungi jempol dari single “Blueming” adalah upaya IU untuk mengubah makna dari frasa I feel blue menjadi sesuatu yang tidak lagi gloomy. Bagi IU, blue adalah gambaran cinta. IU yang telah terjun ke dunia musik sejak remaja telah menampilkan kualitas yang konsisten dalam bermusik. Semua harus mengakui bahwa comebacknya kali ini benar-benar indah. Sebuah single yang ngepop, ceria, dan sangat IU. Mungkin tak ada solois yang memiliki karakter sekuat IU sepanjang karirnya.

Click to comment

Leave a Comment

Agnimaya Agnimaya

Agnimaya: Pengembara Samudera Single Review

Music

Tones And I Tones And I

Tones And I: Mengenal Sosok di Balik Hits Dance Monkey

Music

UN1TY UN1TY

UN1TY: Boyband Lokal yang Indonesia Banget

Music

alicia keys underdog alicia keys underdog

Alicia Keys: Underdog Single Review

Music

Advertisement
Connect