Connect with us
Coltrains Band
Photo Courtesy: Coltrains

Music

Coltrains: 02.35 Single Review

Single debut Coltrains dengan genre Trip Hop.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Coltrains merupakan band baru asal Bekasi. Dibentuk pada tahun 2018 silam, band ini beranggotakan Fhasyyati, Thoriq Ramadhan, Iqbal Pratama, Chandra Lingga, dan Raynold Atmaja. Mereka baru saja merilis single debut mereka yang bertajuk “02.35” dengan warna musik Trip Hop.

“02.35” merupakan lagu tentang keresahan seseorang dalam menghadapi mid-life crisis yang dibawakan dalam bahasa Inggris. Untuk sebuah lagu yang ditulis dalam bahasa asing, “02.35” masih mudah dipahami dengan penulisan sajak dengan makna sebenarnya. Meski masih ada bagian yang rimanya masih terdengar canggung, namun secara keseluruhan penulisan lirik memiliki emosi yang tersampaikan dengan jelas.

Lirik yang menggambarkan kegelisahan dan dilema dalam menjalani hidup, sangat cocok dengan warna musik pengeringnya yang bernuansa Trip Hop dengan sentuhan Blues dan Jazz. Instrumen bass menjadi salah satu instrumen yang mendominasi dan langsung terdengar pada bagian awal musik. Kemudian secara bertahap diikuti gitar dan berbagai instrumen lainnya.

Bass dan denting keyboard dijadikan badan utama dari aransemen musik “02.35” dengan chord yang diulang-ulang. Untuk menambah kekayaan elemen dalam lagu ini, ada banyak variasi pola dan efek gitar yang dimasukan dalam aransemen musik dengan komposisi yang tepat dan tetap satu tema, yaitu nuansa musik Trip Hop dan Jazz.

Warna vokal Fhasyyati juga sangat cocok dengan warna musik dari single pertama Coltrains ini. Mendengarkan lagu ini, kita akan teringat soundtrack-soundtrack dari film noir seperti James Bond hingga Bonnie & Clyde.

Coltrains ternyata memang terinspirasi oleh film-film serupa semenjak awal memutuskan untuk membentuk band ini. Nama mereka juga terinspirasi dari musisi Jazz terkenal, John Coltrane. Menggabungkan kedua elemen tersebut, Coltrains ingin tampil sebagai band dengan aliran Trip Hop.

Melalui single “02.35”, Coltrains telah berhasil tampil dengan citra sebagai band baru dengan warna musik yang juga masih jarang diadaptasi oleh musisi lokal dalam industri komersial. Semoga Coltrains bisa mempertahankan warna musik dari karya debutnya ini di karya-karya kedepannya.

Click to comment

Leave a Comment

indra lesmana indra lesmana

Indra Lesmana: Little Things from the Heart Album Review

Music

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Music

Natinson Liga Dangdut Natinson Liga Dangdut

Natinson: Liga Dangdut Single Review

Music

musik indonesia dekade terakhir musik indonesia dekade terakhir

20 Karya Musik Indonesia Paling Penting Satu Dekade Terakhir

Music

Advertisement
Connect