Connect with us
Senigma
class of lies review

TV

Class of Lies Review

Bagaimana bila seorang pengacara menyamar menjadi guru SMA untuk mengungkap kasus kejahatan?

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Menyukai drama bertema kriminal, thriller, misteri, atau sejenisnya? Cobalah menonton drama di saluran TV kabel OCN. Voice adalah salah satu drama kriminal OCN yang paling terkenal dan sudah masuk musim ketiga penayangannya. OCN memang banyak memproduksi drama dengan tema tersebut. Bulan ini OCN juga merilis drama dengan genre serupa yaitu Class of Lies alias Mr Temporary. Tayang Rabu dan Kamis pukul 11 malam, Class of Lies menawarkan jalan cerita yang cukup solid dan membuat kita ikut dibuat penasaran.

Ki Moo Hyeok (Yoon Gyun Sang) adalah seorang pengacara oportunis dari firma hukum ternama yang menangani klien-klien kaya. Ia tak peduli etika sebagai pengacara. Kalau perlu, ia akan merebut klien teman sefirmanya. Perilakunya yang di atas angin itu disebabkan Ki Moo Hyeok yang langganan memenangkan kasus. Meski demikian kemenangan demi kemenangan yang ia raih dipandang remeh oleh seorang jaksa muda, Cha Hyun Jung (Choi Yu Hwa). Ia menjuluki Ki Moo Hyeok sebagai penipu karena melakukan apa saja untuk memenangkan perkara.

Tiba-tiba Ki Moo Hyeok diberi kasus untuk membela seorang siswa SMA yang dituduh melakukan percobaan pembunuhan. Siswa itu bukan orang kaya melainkan anak dari panti asuhan. Sekolah anak itulah yang membayar jasa Ki Moo Hyeok agar kasusnya cepat selesai dan tak merusak nama baik sekolah. Atasan Ki Moo Hyeok juga berpesan kalau kasus itu tak perlu dimenangkan, hanya perlu meminta keringanan saja. Sebagai jaksa penuntut Cha Hyun Jung juga diberi pesan oleh atasannya untuk tidak bertele-tele menghadapi kasus percobaan pembunuhan itu dan menuntut dengan tuntutan ringan.

Tersangka, Kim Han Soo (Jang Dong Joo) menolak tuduhan ia melakukan pembunuhan. Ia mengaku sebagai pacar korban, Jung Soo A (Jung Da Eun). Namun tak ada bukti yang menunjukkan ia memacari korban. Ia justru dituduh sebagai penguntit dan mencoba membunuh korban karena cintanya tak terbalas. Kim Han Soo juga tak mau bekerja sama dengan Ki Moo Hyeok dan menolak menceritakan kebenaran di balik kasus ini. Alasannya ia tak mau orang-orang tahu mengenai kehidupan Jung Soo A. Ternyata, Jung Soo A sering mengundang pria dewasa ke apartemennya. Gosip merebak di sekolah bahwa ia adalah perempuan simpanan dan pria kayalah yang membiayai hidupnya.

Hal yang membuat menarik dari naskah drama ini adalah ia menggabungkan dua dunia yang berbeda yaitu dunia hukum dan sekolah. Pada kebanyakan drama kriminal semacam ini, kita akan melihat penegak hukum berhadapan dengan penjahat yang digambarkan benar-benar jahat. Kita disuguhi karakter antagonis yang buruk hingga membuat bulu kuduk merinding. Namun hal itu tak kita temukan pada Class of Lies. Orang-orang yang diduga melakukan kejahatan di sini adalah anak sekolah yang bersikap dan berperilaku seperti anak seusianya. Mereka tidak terlihat berbahaya atau menyeramkan tetapi mereka mampu menutupi jejak kejahatan dengan baik.

Ending dari episode satu benar-benar bagus dan mampu membangun rasa penasaran penonton. Serial yang direncakan hadir dalam 16 episode ini berhasil membuat penonton bertanya-tanya ada rahasia apa di sekolah. Kita dibuat bertanya-tanya dengan kehidupan Jung Soo A. Rasa ingin tahu jugalah yang mendorong Ki Moo Hyeok datang ke sekolah itu dan mengajar. Ia ingin mengungkap tabir rahasia di balik kasus tersebut.

Akting para aktor dan aktrisnya yang sangat baik mampu mengimbangi kualitas dari naskahnya. Secara garis besar kita dapat menikmati drama ini tanpa merasa terlalu berat untuk ditonton karena penyajiannya yang tak rumit. Meski temanya kriminal, drama ini juga tak terasa terlalu serius. Perilaku Ki Moo Hyeok bisa dibilang cukup menghibur. Kualitas akting yang dipertontonkan Yoon Gyun Sang memang tak mengherankan mengingat ia telah banyak membintangi berbagai genre drama. Contohnya yang meledak di pasaran adalah Pinocchio.

Hal yang sedikit disayangkan gambaran tokoh guru SMA-nya yang stereotip. Ha So Hyun (Keum Sae Rok), wali kelas dari Kim Han Soo, sangat yakin anak didiknya itu tidak bersalah. Ia digambarkan sangat feminin, keibuan, dan seperti gambaran guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang begitu sempurna. Selain terlalu stereotip, karakter Ha So Hyun juga membosankan. Bukankah sudah banyak karakter guru semacam ini kita temukan di televisi maupun layar lebar? Apalagi digambarkan Ha So Hyun “ditekan” oleh Kepala Administrator Sekolah, Jun Hyoung He (Woo Hyun Zoo) yang galak.

Di luar itu, drama ini sangat layak tonton. Walau sudah banyak drama yang mengangkat topik mengenai kejamnya dunia sekolah di Korea dan bully yang merajalela, sentuhan kriminal di dalamnya menjadi menarik. Lagipula tema ini perlu diangkat bila tujuannya untuk membangun kesadaran publik demi meminimalisir perilaku bully di tingkat sekolah.

Click to comment

Leave a Comment

Living With Yourself Review Living With Yourself Review

Living With Yourself Review: Serial Drama Komedi Bertema Cloning

TV

chief of staff season 2 chief of staff season 2

Chief of Staff Season 2 Review

TV

Failin in Love Review Failin in Love Review

Failin in Love Review

TV

crazy love review crazy love review

Crazy Romance Review: Sajian Romansa Komedi Yang Menghibur

Film

Connect