Connect with us
Senigma
BTS World: Original Soundtrack Review
Getty Images

Music

BTS World: Original Soundtrack Review

BTS World (Original Soundtrack) cukup memuaskan untuk sebuah album tema mobile game.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

BTS, boy group K-pop scene yang menarik banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Sejak 2018 lalu bahkan bisa dikatakan BTS sudah menjadi global group. Popularitas mereka tak terbatas hanya di Korea Selatan saja, sebagai homebase. RM dan kawan-kawan mencatatkan penampilan mulai dari di The Voice sampai Grammy Awards. Fandom dengan ukuran besar dan mayoritas remaja dari berbagai kalangan memang menjadi kekuatan tersendiri dari BTS. Tak ayal mobile app game yang dirilis oleh boy group ini pun mendapatkan perhatian besar.

BTS World (Original Soundtrack) merupakan album untuk theme song dari mobile game besutan boy group dari Seoul, Korea Selatan ini. Terdapat total 14 track, yang tak semuanya sebenarnya dibawakan oleh BTS. Malah sebenarnya hanya 1 track saja, “Heartbeat” yang dibawakan oleh seluruh 7 member dari group ini. Track lain merupakan kombinasi dari instrumental, kemudian lagu yang dibawakan oleh Lee Hyun dan Okdal, serta 7 theme track untuk masing-masing member. Selain itu terdapat juga track kolaborasi dengan Charli XCX, Zara Larsson dan Juice WRLD yang hanya dibawakan bersama beberapa member saja.

Kolaborasi antara penyanyi serta musisi western dengan group K-pop sejauh ini belum ada yang benar-benar memuaskan. Bahkan antara BTS dan Halsey di hits mereka sebelumnya pun tak bisa dikatakan memenuhi ekspektasi, walau track tersebut menempati posisi Top 10 di Billboard. Kolaborasi untuk album BTS World: Original Soundtrack ini pun sepertinya tak jauh berbeda. Kurang kuatnya karakter dan chemistry yang terbangun menjadi aspek paling utama. Walau pun pantas diakui, kolaborasi antara BTS dan Charli XCX, Zara Larsson serta Juice WRLD kali ini jauh lebih baik daripada saat boy group tersebut menggandeng Nicki Minaj, yang seakan hanya menjadi sebuah tempelan belaka.

“Heartbeat” menjadi title track sekaligus track pembuka di album ini. Lagu ini pun satu-satunya yang memiliki video musik. Berbeda dengan layaknya sebuah title track dari album tema untuk permainan mobile, “Heartbeat” justru mengusung genre ballad. Tipe ballad yang pas dibawakan di dalam stadium. Permainan gitar dan drum dari lagu ini cukup menarik, hanya saja terdengar ada yang kurang dari backsound musik yang mengiringi lirik. Bila harus dibandingkan dengan ballad lain yang menjadi title track di album BTS, maka “Spring Day” akan menjadi pemenang.

Track berikutnya di album ini merupakan kolaborasi antara Jin, Jimin, dan Jungkook dengan Charli XCX. “Dream Glow” merupakan EDM dance track yang menegaskan pada penggemar untuk mengejar mimpi. Sayangnya sama seperti “Heartbeat”, terdapat sisi “kurang” dari lagu ini. Seolah-olah Jin, Jimin, Jungkook dan Charli XCX berusaha menghadirkan klimaks yang tak kunjung datang.

bts world original soundtrack

BTS x Zara Larsson

Setelah track ballad dan EDM, berikutnya pendengar diajak ke genre tropical musik. Kolaborasi dengan Zara Larsson ini diselamatkan berkat ide cemerlang produser musik Mura Masa untuk membawa instrumen daegeum, seruling bambu ala Korea Selatan yang menjadi warna tersendiri dari track ini. Selain itu vokalisasi dari J-Hope di “A Brand New Day” pun memberikan sebuah kesegaran tersendiri yang tak didapatkan dari track lainnya. Setidaknya sebuah perbaikan dari pada track lainnya di album ini.

“All Night” menjadi track berikutnya yang hadir sebagai kolaborasi. Kali ini RM dan Suga menggandeng rapper Juice WRLD. RM dan Suga membuktikan diri mereka sebagai rapper, yang bahkan bisa dikatakan lebih baik dari Juice WRLD. Track “All Night” ini pun menjadi salah satu yang terbaik di BTS World: Original Soundtrack.

7 track lain di album BTS World: Original Soundtrack ini merupakan tema untuk masing-masing member. Setiap track seakan menceritakan kisah tersendiri berdasarkan jalan cerita di game mobile ini. Tak ada yang spesial dari 7 track masing-masing member, walau pun setiap track memang menunjukan jati diri dari RM, Suga, Jin dan kawan-kawan.

Secara keseluruhan, BTS World: Original Soundtrack cukup memuaskan untuk sebuah album tema mobile game. Terutama untuk permainan mobile yang seakan hanya ditujukan untuk pasar penggemar mereka saja.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Duet V dan Jhope bersama Zara Larsson untuk OST BTS World

Leave a Comment

Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review

Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review

Music

Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review

Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review

Music

Alexandra Savior Alexandra Savior

Alexandra Savior: The Archer Single Review

Music

Rex Orange County: Pony Album Review Rex Orange County: Pony Album Review

Rex Orange County: Pony Album Review

Music

Connect