Connect with us
Bruce Springsteen: Western Stars review
Bruce Springsteen

Music

Bruce Springsteen: Western Stars Review

Mendengarkan Western Stars dalam setiap tracknya, pendengar seakan dibawa dalam pengalaman berbeda.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Salah satu perbedaan terbesar antara musik pop mainstream dengan genre lain memang dalam penyampaian makna. Ini juga menjadi satu poin yang kerap kali dianggap sebuah kekurangan terbesar dari pop mainstream. Penyampaian makna, keselarasan dan kedalaman makna sama sekali tak menjadi permasalahan untuk album terbaru dari penyanyi legendaris, Bruce Springsteen.

Singer serta song-writer Bruce Springsteen, yang memulai karir pada tahun 1960-an memang sudah tak perlu dipertanyakan mengenai keahlian dalam mencabik-cabik perasaan, memanjakan telinga dan membuat pendengar musiknya mendalami makna ke tingkatan terdalam. ‘Western Stars’ yang merupakan album ke-19 pun tak jauh berbeda. Album yang dirilis perdana pada 14 Juni kemarin ini mengusung total 13 track berbeda. Western Stars pun masih setia pada laju genre dari Springsteen; country music. Hanya untuk album ini, terdapat sentuhan pop rock yang menjadikannya lebih dinamis.

Western Stars diperkenalkan pertama kali melalui single “Hello Sunshine” pada akhir April, disusul berturut-turut dengan meluncurnya single “There Goes My Miracle”, “Tucson Train”, dan “Western Stars” yang menjadi track utama. Album ke-19 ini menjadi lebih istimewa karena menjadi material musik original pertama dari Springsteen setelah perilisan Wrecking Ball pada 2012 lalu.

Nama besar dari Springsteen membawa album Western Stars mendapatkan kesukesan. Meskipun memastikan tak akan ada tour yang mengikuti album ini nantinya, Western Stars tetap menempati posisi kedua di chart US Billboard 200. Album yang sama juga mendapatkan banyak pujian dari kritikus Metacritic. Bisa disimpulkan, Western Stars merupakan solid album yang memenuhi ekspektasi dari segi penjualan, chart music (yang diakui atau pun tidak, berperan sangat besar dalam industri), pendengar, sampai para kritikus.

Bruce Springsteen Western Stars review

Western Stars (2019)

Mendengarkan Western Stars, dalam setiap tracknya, pendengar seakan dibawa dalam pengalaman berbeda. Sebuah petualangan musikalitas ala Amerika Barat yang masih kental dengan musik country. Kali ini benar-benar musik country yang tak hanya mengandalkan lirik mengenai beratnya perjuangan dan petikan gitar. Springsteen dan Western Stars memberikan pengalaman musik country dalam lirik yang berisi perjalanan hidup.

“Western Stars” mengisahkan perjalanan hidup seorang mantan aktor ternama, yang diceritakan pernah adu peran dengan John Wayne. Popularitas pudar dan ia pun berakhir sebagai bintang iklan kelas dua. Perjalanan hidup sang aktor, diceritakan membawanya bertemu dengan stuntman yang tubuhnya rusak demi pekerjaan, seorang janda kesepian, sampai tentang penulis lagu country yang mempertanyakan apakah semua pengorbanan di masa muda benar-benar layak. Vokal Springsteen yang penuh dengan kepiluan begitu pas dengan tempo yang dibangun di lagu ini. “Western Stars”, seperti juga keseluruhan album, bukan hanya sekedar lagu. It is an experience!

Diantara 13 track di album ini, “Somewhere North of Nashville” bisa jadi yang menjadi fondasi terkuat. Sebuah outliners dari keseluruhan album. Kerja sama antara Springsteen dan Ron Aniello seakan tertuang habis-habisan untuk track bertempo medium ini. “Somewhere North of Nashville” begitu raw, sederhana dan hanya dengan mengandalkan vokal dari Springsteen (yang beranjak 70 tahun di tahun ini). Sentuhan orkestra di akhir chorus merupakan sebuah highlight tersendiri yang membuat perasaan pendengarnya, ya, tercabik.

Springsteen seakan tak hanya sekedar menyanyikan lirik yang ia tulis di setiap track di album ini. Melainkan menyuarakan perasaan, kegelisahan, sampai kepenatan yang dirasakan. Kejujuran serta curahan perasaan nampak dari setiap vokalisasi yang diberikan. Sama sekali tak mengherankan Metacritic pun memberikan skor 100 untuk masterpieces satu ini.

Bila kita memang harus benar-benar mencari kekurangan, sisi mainstream memang sama sekali tak ada di Western Stars. Pop rock yang berusaha diberikan sebagai pemanis, tak terlalu membantu membuat track di Western Stars menjadi lebih condong untuk didengarkan pendengar luas. Namun tentu, kekurangan ini sama sekali tak ada artinya bila dibandingkan dengan kejujuran yang terungkap dalam 13 track untuk Western Stars. Well done dan 5 bintang sempurna untuk Western Stars.

Click to comment

Leave a Comment

Connect