Connect with us
BLACKPINK Online Concert

Entertainment

BLACKPINK: THE SHOW Concert Review

Live band, tata panggung cantik, koreografi menarik, serta pesona para member menyinari konser online pertama BLACKPINK.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pandemi menuntut perubahan dalam berbagai aspek. Dunia hiburan tidak luput salah satunya. Konser dan tur yang terpaksa ditunda, bahkan dibatalkan, membawa tren baru dalam dunia seni pertunjukan: konser online.

Konser yang ditayangkan melalui media streaming, dengan penonton yang harus membayar “tiket” menjadi sebuah alternatif untuk terus menghadirkan pertunjukan. Tentunya sekaligus juga memastikan roda “kehidupan” masih berputar untuk para musisi, artis, sampai pihak-pihak pendukung lain.

Industri musik K-pop bisa dikatakan sebagai pioneer perihal konser online berbayar selama pandemi. Sederet K-pop group kesayangan, seperti BTS, NCT, TWICE, Super M, dan lain-lain sudah menggelar streaming online sejak tahun 2020 kemarin. Masing-masing juga menghadirkan inovasi tersendiri.

Mulai dari adanya live chat yang menampilkan para penonton di layar di atas panggung, sampai visual efek beraneka ragam. Segala cara dilakukan agar konser online menjadi momen yang cukup memorable bagi penggemar.

Dibandingkan dengan group lain, BLACKPINK termasuk ketinggalan dalam menggelar konser online pertama mereka. Konser livestream pertama mereka, “THE SHOW” awalnya akan digelar di bulan Desember kemarin, sebelum akhirnya diundur sampai tanggal 31 Januari.

Konser dibuka dengan VCR yang memperlihatkan kota demi kota di seluruh dunia. Penggambaran bagaimana para penggemar bersiap untuk menonton konser sang idol. Ya, tidak jauh berbeda dengan konser live pada umumnya. Kemudian, keempat member BLACKPINK muncul di atas panggung dan langsung membawakan mega hits “Kill This Love.”

Berturut-turut, Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa membawakan hits demi hits. Mulai dari yang terbaru “Lovesick Girls” sampai “Pretty Savage”. Hingga penampilan solo para member yang cukup membuktikan keempatnya merupakan ACE di dalam group.

BLACKPINK tidak tampil hanya berempat di atas panggung studio megah di Seoul. Mereka diiringi langsung oleh live band, The Band Six yang sebelumnya sudah pernah mengikuti mereka tur ke seluruh dunia. Tidak ketinggalan juga penampilan back-dancer yang tidak kalah mencuri perhatian.

Hadirnya The Band Six secara nyata membawa nuansa baru pada lagu-lagu BLACKPINK, yang sebelumnya sudah sangat sering dibawakan dalam kurun waktu tahun-tahun belakangan. “As If It’s Your Last,” yang merupakan hits lawas, digubah dengan aransemen musik rock hingga terdengar menyegarkan. “Crazy Over You” yang untuk pertama kali dibawakan di atas panggung juga ditampilkan apik bersama live band.

Sedangkan “How You Like That” sayangnya justru terdengar kurang “nendang” untuk skala konser arena. Meski BLACKPINK menebus dengan penampilan lain yang jauh lebih apik. Seperti “Sour Candy,” lagu kolaborasi Lady Gaga yang dibawakan bersama tata panggung nan gemilang. Sayangnya BLACKPINK tidak menghadirkan Lady Gaga (yang sedikit saya tunggu-tunggu) untuk bersama-sama membawakan salah satu lagu kolaborasi terbaik di tahun 2020 tersebut.

Tata panggung menjadi keunggulan lain dari konser ini, selain iringan live band yang memukau. Girl group K-pop ternama ini asyik bergoyang dengan glitter yang berterbangan saat membawakan “Lovesick Girls.”

Momen paling tidak terlupakan di “THE SHOW” terjadi saat BLACKPINK merampungkan penampilan mereka untuk “Pretty Savage” dan bersiap untuk menggebrak panggung dengan “Ddu-Du Ddu-Du.” Panggung langsung disulap menjadi arena api dengan lantai yang banjir dengan air. Para dancer yang menari mengiringi aksi panggung mencengangkan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa dengan cipratan air benar-benar menjadi puncak penampilan siang hari itu.

Elemen apik lain yang tidak ketinggalan menarik perhatian di konser ini tentu saja para member sendiri. Sebagai salah satu grup K-pop dengan member yang cukup sedikit (mengingat girl group lain memiliki 9 orang hingga 12 orang member). BLACKPINK berhasil memastikan para member bersinar dengan cara masing-masing. Tidak hanya untuk vokal, yang sayangnya di beberapa bagian terdengar tidak live. Melainkan juga pesona panggung secara keseluruhan.

Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa dengan tepat mengikuti koreografi demi koreografi. Bahkan saat tampil dengan duduk sekalipun, gerak tubuh mereka menunjukan seorang profesional yang sudah menyatu dengan panggung.

Para member tentu saja semakin bersinar dengan penampilan solo masing-masing. Jisoo terlihat duduk di sofa velvet dengan begitu anggun dan cantik membawakan versi stripped-down “Habits” dari Tove Lo. Adanya sisipan lirik berbahasa Korea membuat lagu cover ini tetap terdengar layak dibawakan di konser.

Munculnya Lisa di atas panggung, dengan outfit yang sangat seksi, untuk membawakan TikTok-viral-hit “Say So” milik Doja Cat menjadi highlight tersendiri dari konser. Penampilan solo Lisa disempurnakan dengan estetika retro tahun 1970-an, koreografi dance menggoda, ditambah dengan vokal yang manis dan fire rap verse. Sang rapper sekaligus dancer ini seolah membuktikan she’s born for this stage. Aksi panggung yang sepertinya akan sulit ditandingi.

Jennie juga membuktikan dirinya masih sanggup mencuri spotlight. Sang idol multitalenta ini masuk ke dalam panggung bersama dua dancer pria dan mendeklarasikan dirinya saat ini “Solo.” Tambahan koreografi untuk dance break dan verse rap baru, yang lebih panjang dan ditulis sendiri oleh Jennie membuat hits dari tahun 2018 tersebut masih terdengar segar. Walau tentu saja, penggemar (read: me) berharap Jennie akan membawakan lagu lain. Entah itu cover atau malah single solo baru.

BLACKPINK: THE SHOW

Member BLACKPINK yang membawakan single solo baru justru Rosé. Seperti yang sudah dijanjikan oleh agensi, Rosé akan segera debut sebagai solois dan merilis single solo dalam waktu dekat. “THE SHOW” menjadi pertama kali single solo tersebut dibawakan. Sebagian dari video musik untuk lagu tersebut juga ditunjukkan sebelum kamera menyorot ke Rosé.

Untuk penampilan solonya, Rosé justru terlihat sederhana. Sang vokalis bersuara emas duduk di atas ayunan sembari diiringi permainan gitar dari Justin Lyons. “Gone” rupanya lagu pop mengenai patah hati. Instrumen yang terdengar minimalis justru terdengar menegaskan permainan vokal dari Rosé. “Why’d you have to hit and run me? / Now I’m all alone crying ugly,” lirik yang melankolis juga didukung dengan emosi kuat yang diberikan Rosé melalui nyanyiannya, “You broke my heart just for fun / Took my heart and just left me numb / Now it’s eight in the morning, hate in the morning.”

Jelang akhir konser, VCR untuk lagu “Stay” memperlihatkan cuplikan member BLACKPINK di live konser tahun sebelumnya. “THE SHOW” ditutup dengan “Forever Young” yang dibawakan dengan lebih santai, para member pun terlihat asyik berlarian di panggung – selayaknya encore konser. Penutup konser menunjukkan BLACKPINK bergandengan tangan dengan back-dancer dan The Band Six.

Secara keseluruhan “THE SHOW” memang berhasil menghibur penonton, terutama penggemar BLACKPINK. Konser ini sukses memberi highlight untuk potensi dan bakat masing-masing member. Sekaligus juga meramu ulang hits demi hits, yang sebelumnya sudah sangat sering dibawakan BLACKPINK. Baik itu di in-person konser tahun sebelumnya sampai penampilan musik show.

Hadirnya live band, tidak bisa disangkal menyempurnakan konser ini. Ditambah dengan tata panggung serta koreografi yang nyata tampak profesional. YG Entertainment juga tidak separuh hati dalam menghadirkan efek sampai berbagai set berbeda di atas panggung.

Di sisi lain yang disayangkan justru live streaming konser ini tidak sepenuhnya live. Beberapa bagian pada penampilan jelas sekali merupakan pre-recorded. Meski dimaklumi demi memudahkan proses produksi dan bahkan pergantian kostum di belakang layar, bagian pre-recorded ini justru menjadikan konser seolah performa music show “biasa.” Padahal sebagai penonton, sensasi menonton konser tentu diharapkan akan berbeda.

Selain itu, vokal yang digunakan juga tidak sepenuhnya live. Walau (lagi-lagi) bisa dimaklumi, namun ini cukup mengurangi sensasi dan kenikmatan dalam menonton. Untungnya banyak juga bagian vokal yang dibawakan secara live oleh para members.

Pada akhirnya, “THE SHOW” menjadi konser live streaming yang sangat layak untuk ditonton. Tentu sembari menunggu kapan akan bisa menyaksikan penampilan BLACKPINK secara langsung di atas panggung konser.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect