Connect with us
Athlete A Review
Netflix

Film

Athlete A Review: Skandal Kekerasan Seksual dalam Tim Gimnastik Nasional

Kejadian nyata yang menimpa para atlet gimnastik muda di Amerika Serikat.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Athlete A merupakan sebuah film dokumenter yang dirilis pada bulan Juni lalu. Dokumenter ini menceritakan kekejaman predator seksual anak bernama Larry Nassar yang bekerja sebagai tim dokter untuk tim gimnastik nasional Amerika Serikat (USAG). Sepanjang 29 tahun masa kerjanya, Nassar telah melecehkan lebih dari 500 atlet perempuan di bawah umur.

Dokumenter ini disutradarai oleh Bonni Cohen dan Jon Shenk. Mereka sukses memperlihatkan kejamnya dunia gimnastik, khususnya bagi mayoritas atlet perempuan yang masih di bawah umur. Cohen dan Shenk juga menunjukkan usaha keras para reporter The Indianapolis Star dalam mengungkap kejinya perilaku Nassar dan kebobrokan USAG yang mencoba untuk menutupi skandal ini.

Athlete A Review

Netflix

Sebuah Rahasia Kelam yang Harus Dipendam oleh Para Atlet

Dunia gimnastik pada tahun 60-an selalu didominasi oleh para atlet dewasa, namun hal tersebut berubah sejak munculnya seorang gadis muda asal Romania bernama Nadia Comaneci yang berhasil merebut banyak kemenangan dalam olimpiade pada tahun 1976. Nadia Comaneci berumur 14 tahun pada waktu itu.

Kemenangan Nadia Comaneci akhirnya membuat tim gimnastik di seluruh dunia mengikuti kesuksesan Romania dalam melatih atlet sejak dini, termasuk Amerika Serikat. Seketika, dunia gimnastik dipenuhi oleh para atlet muda yang bertalenta.

Tim Gimnastik Nasional Amerika Serikat (USAG) bahkan mengundang pelatih asal Romania untuk melatih para atlet muda. Pasangan suami-istri, Bela dan Marta Karolyi dipilih untuk melatih para atlet. Mereka membawa para atlet nasionl ke sebuah tempat pelatihan di Texas untuk dilatih sebelum musim olimpiade dimulai.

Bela dan Marta Karolyi merupakan tipe pelatih yang keras. Mereka memaksa para gadis untuk berlatih dengan keras, bahkan tega menampar para atlet yang memiliki performa buruk. Karolyi menimbang berat badan para gadis setiap hari dan menyebut mereka fat pig jika berat badannya naik. Kesehatan fisik dan mental para atlet tidak pernah menjadi prioritas Karolyi, maupun USAG. Prioritas utama mereka hanyalah medali emas.

Athlete A Review

Netflix

Kekerasan yang dilakukan Karolyi ternyata dimanfaatkan oleh Larry Nassar. Nassar bekerja sebagai tim dokter bagi para atlet di pusat pelatihan tersebut. Ia terkenal sebagai pribadi yang baik hati, ramah, dan lucu. Nassar sering memberi para gadis cemilan tanpa sepengetahuan Karolyi. Tentu saja, Nassar adalah orang yang paling disukai oleh para atlet di pusat pelatihan.

Namun, dibalik sifatnya yang ramah, ternyata Nassar telah melakukan kekerasan seksual terhadap para atlet muda. Ia memperdaya para atlet dan orang tua mereka dengan memberikan alasan bahwa hal keji yang ia lakukan adalah sebuah praktek medis demi kesehatan para atlet.

Tidak sedikit para atlet dan orang tua yang menyadari kebejatan seorang Larry Nassar, namun mereka takut dan malu untuk menceritakannya pada orang lain. Kejadian tersebut diperparah dengan pihak USAG yang seolah-olah tidak mempedulikan tindakan keji Nassar terhadap para korban pelecehan.

Para Penyintas dan Usaha Mereka Menjatuhkan Larry Nassar serta USAG

Dokumenter ini menceritakan usaha para penyintas dalam membuka aib Larry Nassar dan USAG. Rachael Denhollander merupakan penyintas yang pertama kali berani membuka rahasia kelamnya di hadapan publik. Ia menceritakan pelecehan seksual yang dialami di pusat pelatihan USAG saat masih belia. Berkat keberaniannya, para penyintas lain akhirnya angkat bicara dan ikut menceritakan kekejaman Larry Nassar dan USAG.

Sebuah fakta mencengangkan terungkap ketika jumlah penyintas terus bertambah setiap harinya. Nassar ternyata telah melecehkan lebih dari 500 orang atlet muda dalam 29 tahun masa kerjanya sebagai tim dokter USAG, termasuk para atlet berbakat seperti Simone Biles dan Mykayla Skinner.

Para penyintas juga membocorkan fakta bahwa USAG selalu berusaha menutupi skandal yang terjadi pada mereka. CEO USAG, yaitu Steve Penny dan para pelatih, termasuk Karolyi berusaha menutupi segalanya demi reputasi USAG di mata publik.

Athlete A merupakan sebuah dokumenter yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Dokumenter ini membuka mata setiap orang bahwa pelecehan seksual pada anak dapat terjadi di berbagai tempat dan dapat dilakukan oleh orang-orang terdekat. Athlete A dapat disaksikan di Netflix.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect