Connect with us
Astrid
Photo via Facebook/AstridMusics

Music

Astrid: Baik Baik Single Review

Single spesial dari Astrid setelah 17 tahun berkarir di industri musik Indonesia.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

‘Baik Baik’ merupakan single terbaru dari Astrid yang rilis pada 9 Oktober 2020 lalu. Lagu ini menjadi single spesial bagi Astrid Sartiasari setelah 17 tahun berkarir di industri musik Indonesia. Hal ini karena Astrid tak hanya menyanyikan lagu ini saja, melainkan juga mengambil bagian dalam proses produksi dan arranging. Tak sendirian, Ia bekerja sama dengan Ade, gitaris band Govinda, dinaungi oleh studio rekaman My Music Records.

Kali ini Astrid hendak menonjolkan lirik sebagai pesan yang ingin disampaikan pada setiap pendengarnya. Memiliki konsep pop ballad yang sendu, ‘Baik Baik’ hendak mengajari kita untuk mengakhiri hubungan dengan kekasih secara baik-baik. Bahwa menjalin hubungan pertemanan dengan mantan merupakan sebuah bentuk pendewasaan. Lagu ini adalah tentang perasaan manis getir setelah putus dengan pacar. Tak lantas memenuhi dengan berbagai emosi negatif, kita patut lebih memikirkan tindakan yang baik-baik saja.

‘Kita kenal baik-baik, kita pisah baik-baik, mungkin Tuhan punya rencana baik lainnya’

Astrid juga memiliki alasan personal memilih lagu ini sebagai single terbarunya. Ia mengaku sebagai perempuan yang takut dengan perpisahan. Hal tersebut dirasa akan membantu dirinya dalam menjiwai lagu ini.

‘Baik Baik’ dikomposisi dengan konsep musik akustik. Didominasi dengan instrumen gitar dengan chord yang cukup sederhana. Instrumen string ditambahkan untuk memperkaya layer musik, dimasukan pada beberapa bagian tanpa cara yang berlebihan. Konsep musik akustik terdengar clean dan stabil hingga akhir lagu.

Selain vokal Astrid yang ditonjolkan, backing vocal dengan senandung lembut ditambahkan untuk menemani vokal utama. Sebagai variasi, track ditutup dengan petikan gitar solo yang lebih playful namun tanpa melupakan tempo lambat dan mood yang syahdu.

Setiap lirik dalam lagu ‘Baik Baik’ memiliki makna yang ditulis dengan rapi oleh Ade. Dibawakan oleh vokal khas dari Astrid yang selalu “akrab” dengan lagu-lagu ballad bernuansa melankolis. Kemudian dibalut dengan aransemen musik akustik yang sederhana. Menciptakan sebuah track dengan berbagai unsur yang saling berpadu membentuk track pop ballad yang nyaman untuk dinikmati oleh pendengarnya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect