Connect with us
Senigma
andrea turk
Andrea Turk

Music

Andrea Turk: Saturn Lights Album Review

Sisi lain Andrea Turk dalam menciptakan lagu.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Saturn Lights” merupakan album kedua terbaru dari penyanyi tanah air berbakat, Andrea Turk. Sebelumnya Andrea telah merilis album studio pertama self titled pada April 2019 lalu. Berbeda dengan album sebelumnya yang bernuansa indie pop dan R&B yang ceria, Andrea Turk menunjukan kualitas lebih dalam album “Saturn Lights”.

Masih baru dalam industri musik tanah air, ia pun berkolaborasi dengan banyak musisi lokal lainnya untuk memberikan warna yang semarak dalam album ini. Mulai dari Iga Massardi, Prince Husein, Bagus Baskhara, Kaiya Nyasha, dan Mr. Headbox.

Kali ini Andrea Turk semakin memanfaatkan suara merdunya ke dalam berbagai lagu dengan aransemen yang lebih menantang. “Saturn Lights” akan menyajikan berbagai warna musik berbeda dan menunjukan sisi lainnya dalam mengkomposisi sebuah lagu.

Dibuka dengan track yang cukup berani bertajuk “Luci”. Lagu ini memiliki nuansa horor yang akan membuat kita bergidik. Suasana seram tercipta melalui perpaduan lirik dan aransemen musik yang tepat. Track ini memiliki aransemen indie pop dan psychedelic yang diawali dengan tenang lalu meningkat seiring berjalannya cerita yang disampaikan. Lirik terdengar seperti cerita tentang orang yang sedang dikejar oleh pembunuh atau semacamnya. Ditambah dengan efek-efek suara sirine ambulan, gesekan pisau, dan suara-suara aneh lainnya. Cara yang unik untuk membuka sebuah album.

Nama Luci kembali disebutkan dalam lagu berikutnya, “Saturn Lights”. Dalam lagu ini Andrea Turk berkolaborasi dengan Iga Massardi pada gitar. Bagi yang telah mengenal Barasuara, aransemen gitar yang dibawakan oleh Iga dalam lagu ini akan menunjukan karakteristik yang selalu ia bawakan dalam lagu-lagunya. Kesan pertama yang akan muncul dalam pikiran kita saat mendengarkan lagu ini adalah “James Bond”. “Saturn Lights” memiliki aransemen blues yang dipadukan dengan unsur rock alternatif dan psychedelic.

Setelah mendengarkan dua track yang eksperimental dan eksentrik, kita akan mendengarkan beberapa lagu yang lebih sesuai dengan warna musik Andrea yang lembut berpadu dengan suara beratnya yang merdu.

“Caroline” merupakan lagu ballad transisi antara track-track pembuka yang kelam dengan sisi yang lebih “bright” dan lembut. Lagu ballad satu ini dibawakan dengan suara merdu Andrea yang tak membutuhkan sentuhan berlebihan untuk terdengar powerful. Aransemen piano dalam track ini pun memiliki dinamisme dan teknik yang membentuk instrumen pengiring yang cukup kompleks.

Berikutnya track didominasi dengan berbagai lagu dengan aransemen indie pop, techno, dan R&B yang terdengar “aman” namun tetap memiliki elemen unik masing-masing. Mulai dari track “Message Unsend”, “ My Only Friend”, “Karma”, dan “Whatever”.

Warna musik menarik kembali terdengar pada track “Honey” yang berkolaborasi dengan Kaiya Nyasha. Dengan instrumen bernuansa hip-hop dan aransemen trap yang cukup berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya. Kaiya mengisi bagian rap dalam lagu ini.

Nuansa musik blues yang berkelas menjadi penutup yang lembut pada album “Saturn Lights”. Dengan dua track terakhir, “Tell Me” yang memiliki sentuhan indie pop khas Andrea, serta “With You” yang diawali dengan aransemen gitar akustik.

Secara keseluruhan, “Saturn Lighst” menunjukan ambisi dan sisi lain dari Andrea Turk dalam bermusik. Tak hanya membawakan lagu dengan lirik mainstream tentang cinta, ia juga bisa menulis lirik seperti “Luci” dan “Saturn Lights” yang gelap. Hal tersebut mungkin tidak memberikan flow mood yang berkesinambungan. Diawali dengan lagu bernuansa horor, tiba-tiba mood tersebut menghilang ketika baru memasuki track ke-3. Namun, “Saturn Lights” cukup menunjukan kualitas Andrea Turk sebagai musisi tanah air yang tampil dengan jati diri dan warna musik yang original.

Click to comment

Leave a Comment

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Music

Super Junior Super Junior

Super Junior: Time_Slip Album Review

Music

raisa you raisa you

Raisa: You Single Review

Music

mika mika

Track of The Week: Mika, Megan Trainor, Raisa

Cultura Lists

Connect