Connect with us
Australia Tourism
abirama ego

Music

Abirama: Ego Single Review

Berkenalan lagi dengan Abirama melalui single Ego yang idealis dan jujur.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Ego” merupakan single keenam dari Abirama yang telah rilis pada 8 November 2019 lalu. Melalui single terbarunya, Abirama mengajak para pendengarnya untuk berkenalan kembali dengan sisi idealis sang musisi.

Berbeda dengan single-single sebelumnya yang lebih nge-pop dan easy listening seperti “Somewhere I Belong”, “Terasa Nyaman”, hingga “Tersenyum Lagi”, “Ego” tampil dengan aransemen musik yang lebih dark dengan genre urban pop. Abirama berkolaborasi dengan DJ Sumantri dalam mengkomposisi aransemen musik lagu ini.

Merilis “Ego” sebagai single terbarunya merupakan langkah berani dari Abirama, ia ingin mulai memeluk idealismenya dalam bermusik. Musisi dengan nama lengkap Antonius Aninditya Abirama Anggoro mengaku bahwa vokal bukan merupakan kekuatan utamanya dalam bermusik. Sebelum menjadi penyanyi di tanah air, Musisi 26 tahun ini pernah memiliki karir sebagai produser musik EDM dan DJ di Belanda. Abirama percaya diri bahwa ia lebih jago dalam mengaransemen musik untuk mengekspresikan emosi yang ia ingin sampaikan dalam sebuah lagu.

“Ego” memiliki warna musik bernuansa pop psychedelic yang elegan dan atmospheric. Secara kemasan, single ini terdengar well-produced dengan mixing yang smooth. Aransemen musik dengan pilihan chord yang menciptakan melodi lebih “gelap” ini, sesuai dengan lirik yang telah ditulis oleh Abirama tentang mengendalikan egonya.

Lagu ini ditulis oleh Abirama sebagai media introspeksi setelah bertengkar cukup hebat dengan sang istri. Berawal dari perdebatan kecil, Abirama akhirnya dikuasai oleh egonya sendiri dan membuat keributan. Namun, dirinya pun segera sadar akan kesalahannya dan menuangkan buah pikirannya menjadi sebuah lirik yang jujur sekaligus puitis.

Dalam lirik lagu “Ego” Abirama terdengar sedang berbicara dengan dirinya sendiri. Melalui lirik “ego right now you’re running wild, just try to keep your thoughts inside”, menunjukan usaha Abirama dalam menahan dan mengendalikan egonya. Kehilangan kendali merupakan suatu hal yang bisa dirasakan oleh siapa saja. Sebagai karya yang idealis dan anti mainstream, lagu ini sebetulnya relevan bagi siapapun yang mendengarnya.

“Ego” memiliki perpaduan antara lirik dan aransemen musik yang saling melengkapi. Melalui lirik tentang introspeksi diri dan diiringi dengan alunan musik atmospheric yang menenangkan, “Ego” merupakan pembuktian solid dari Abirama akan kekuatannya dalam mengekspresikan diri melalui keahliannya dalam meracik musik.

Abirama optimis single terbarunya akan disambut dengan baik karena kejujuran dalam bermusik, ia berharap para pendengarnya dapat mengapresiasi “Ego” sebagai lagu yang manusiawi.

Click to comment

Leave a Comment

CL: “+DONE161201+” dan “+REWIND170205+” Double Single Review CL: “+DONE161201+” dan “+REWIND170205+” Double Single Review

CL: +DONE161201+ & +REWIND170205+ Double Single Review

Music

박진영 (J.Y. Park) _FEVER (Feat. 수퍼비, BIBI) 박진영 (J.Y. Park) _FEVER (Feat. 수퍼비, BIBI)

J.Y. Park: Fever Single Review

Music

Comeback Paling Ditunggu Sepanjang 2019 Comeback Paling Ditunggu Sepanjang 2019

Comeback Paling Ditunggu Sepanjang 2019

Cultura Lists

BTS Mama awards 2019 BTS Mama awards 2019

Daftar Pemenang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019

Entertainment

Connect