Connect with us
Senigma
AB6IX: 6IXENSE Album Review
Courtesy of Warner Music Asia

Music

AB6IX: 6IXENSE Album Review

Menunjukan konsistensi warna musik ABI6IX.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

ABI6IX termasuk boyband terbaru yang rilis pada awal tahun 2019. Boyband ini beranggotakan Lee Daehwi, Woojin, Lim Young Min, Dong Hyun, dan Jeong Woong. Mereka debut pada 22 Mei lalu dengan mini album “Be Complete” dan singlenya deep house yang catchy, “Breathe”.

“6IXENSE” merupakan full album comeback mereka yang baru saja rilis pada 7 Oktober. Terdiri dari 11 track terbaru yang siap menghibur kita dengan aransemen lagu pop deep house yang elegan. Semua lagu yang ada dalam album ini diproduseri oleh Lee Daehwi, member paling mudah namun berbakat dalam menciptakan lagu. Hal ini memberikan nilai personal pada setiap lagu-lagu mereka yang diciptakan oleh member dari boyband tersebut.

Album ini dibuka dengan lagu rnb alternatif berjudul “BE THERE”. Lagu ini memiliki nuansa yang cukup lembut pada lirik dan beberapa unsur musik pembukaan. Hingga menuju ke bagian hook lagu yang lebih menghentam dengan unsur musik trap.

“BLIND FOR LOVE” merupakan single pertama dalam album ini. Lagu ini memiliki nuansa R&B dan deep house yang elegan. Warna musik yang telah menjadi ciri khas AB6IX pada album debutnya. Meski tidak se-catchy “Breathe”, lagu ini memiliki nuansa deep house yang bright dan fresh.

Flow musik dalam album “6IXENSE” mulai melembut memasuki track berikutnya, “DANDELION”. Lagu satu ini masih memiliki aransemen R&B yang santai dengan sentuhan gitar bernuansa latin. Beat yang dihadirkan cukup groovy dipadukan dengan vokal yang lembut dan beberapa lirik rap.

Track berikutnya adalah “SUNSET” yang memiliki nuansa pop electro. Memadukan antara aransemen musik yang lembut dengan powerful ketika memasuki bagian hook lagu. Warna musik yang elegan dan sensual juga terdengar pada track “SHADOW”. Memberikan warna musik elegan namun juga powerful sebagai image dari musik AB6IX.

Kita juga bisa mendengar track-track pop lembut dengan warna musik yang fresh. Mulai dari track “_AND ME”, dan “LOVE AIR”. Sementara track “PRETTY” memiliki aransemen paling catchy untuk track yang memberikan sentuhan “manis” pada album ini. Lagu ini diawali dengan aransemen denting piano yang ceria yang terus diulang sebagai statement pengiring instrumen.

Track dengan aransemen piano juga terdengar pada track “D.R.E.A.M”. track satu ini memiliki warna musik R&B dan hip-hop alternatif dengan aransemen bernuansa lagu lounge yang sensual dan santai. Lagu ini memiliki porsi lirik rap yang paling banyak diantara lagu-lagu lainnya.

Adapun beberapa lagu ballad seperti “DEEP INSIDE”. Masih dengan aransemen electro pop yang diperlembut, diiringi dengan petikan gitar yang samar-samar. Bagian chorus track ini memiliki nuansa yang atmospheric dan megah dan memiliki nuansa yang emosional.

Album ini ditutup dengan track lembut berjudul “NOTHING WITHOUT YOU”, lagu ballad dengan aransemen instrumen piano dan gitar akustik yang lembut dan sederhana.

Secara keseluruhan, AB6IX menunjukan konsistensi dalam menciptakan lagu sebagai ciri khas mereka melalui album “6IXENSE”. Tak hanya menampilkan lagu deep house pop yang sensual, mereka juga memiliki berbagai lagu dengan konsep manis hingga ballad yang lembut.

Click to comment

Leave a Comment

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Music

Super Junior Super Junior

Super Junior: Time_Slip Album Review

Music

raisa you raisa you

Raisa: You Single Review

Music

mika mika

Track of The Week: Mika, Megan Trainor, Raisa

Cultura Lists

Connect