Connect with us
SASAMI
SASAMI via NME

Cultura Lists

5 Rekomendasi Musisi Dream Pop Terbaru

Menuju utopia dengan musik dream pop.

Dream pop merupakan salah satu subgenre musik dari alternatif rock dan neo-psychedelia yang mulai berkembang pada tahun 1980an. Ciri khas musik ini secara teknis adalah aransemen musik yang khas dengan melodi gitar dengan efek menggema yang dipadukan dengan synthesizer. Suara vokal yang lembut dan breathy juga merupakan salah satu unsur yang menjadi ciri khas dari musik bergenre dream pop.

Jika genre alternatif dan psychedelic rock memiliki karakter absurd yang keras dan suram, dreampop memiliki warna musik yang lebih “terang” dan bahagia. Mendengarkan musik-musik dengan genre dream pop akan membuat kita seperti berada di alam mimpi atau utopia dengan bunga-bunga dan musim semi yang cerah.

Beberapa nama band lama yang mengusung genre unik satu ini diantaranya adalah Galaxie 500, The Cure, The Verve, dan masih banyak lagi. Ada juga musisi terbaru yang masih mengusung genre ini di tengah-tengah popularitas musik pop dan hip-hop. Berikut beberapa rekomendasi musisi dream pop terbaru yang patut didengarkan.

Fazerdaze

Amelia Murray, adalah seorang penyanyi asal Auckland, Selandia Baru dengan nama panggung Fazerdaze. Musisi 26 tahun ini telah debut pada tahun 2014 silam dengan merilis sebuah EP self titled. Pada tahun 2017, ia merilis album keduanya “Morningside”. Fazerdaze memiliki suara lembut dan breathy yang cocok dengan genre musik dream pop. Ia juga memasukan unsur indie rock dan indie pop yang membuat lagu-lagu terdengar energik dan dinamis. Salah satu single dari album “Morningside” yang patut didengarkan adalah “Lucky Girl”.

Julia Shapiro

Julia Shapiro sebetulnya bukan nama baru dalam industri musik. Ia telah aktif sebagai musisi sejak tahun 2013 sebagai vokalis dari band asal Seattle, Childbirth dan Chastity Belt. Namun, Julia baru memulai debut album solonya dengan “Perfect Version” yang rilis pada 14 Juni 2019 lalu. Berbeda dengan bandnya yang mengusung musik punk rock, dalam album ini, Julia bereksperimen dengan genre dream pop. Lagu-lagu dream pop ala Julia Shapiro masih terinfluensi dengan genre-genre keras seperti grunge rock dan alternative rock dari dentuman drum dan gitar pada aransemennya. “Natural” merupakan single utama dari album “Perfect Version” yang recomended untuk didengarkan.

Drauve

Drauve merupakan band indie asal Pittsburgh, Pennsylvania yang masih fresh. Band yang terdiri dari empat personil ini mengusung genre dream pop dengan sentuhan indie rock yang terdengar pada aransemen musiknya. Drauve baru saja merilis single pertama mereka yang bertajuk “Out of It” pada 5 September kemarin.

SASAMI

Sasami Ashworth sebelumnya adalah member dari band indie rock, Cherry Glazerr. Hingga akhirnya ia meninggalkan band tersebut pada tahun 2018 karena ingin lebih konsentrasi sebagai soloist dan menciptakan musiknya sendiri. Dengan nama panggung SASAMI, ia akhirnya merilis single pertamanya pada tahun 2018 yang berjudul “Callous” dan “Not the Time”. Kedua lagu ini sudah memiliki aransemen dream pop namun juga memiliki unsur alternative rock. SASAMI akhirnya merilis studio album self titled pertamanya pada 8 Maret 2019 lalu. “Jealousy” merupakan single pertama dari album ini yang memiliki warna musik dream pop lebih lembut dan atmospheric.

Hatchie

Hatchie adalah seorang penulis lagu dan penyanyi yang berasal dari Australia. Ia juga tergabung dalam sebuah band indie rock, Babaganouj sejak tahun 2011. Hatchie telah debut sebagai melalui EP solonya yang bertajuk “Sugar & Spice” pada tahun 2018. Baru-baru ini tepatnya pada 21 Juni lalu, Hatchie akhirnya merilis album studio pertamanya, “Keepsake” dengan single utama “Obsessed” dengan nuansa dream pop dan electronic yang unik.

Click to comment

Leave a Comment

Lagu Paling Berbahaya Untuk Diputar Saat Mengemudi Lagu Paling Berbahaya Untuk Diputar Saat Mengemudi

Lagu Paling Berbahaya Untuk Diputar Saat Mengemudi

Music

green day green day

Green Day: American Idiot Album Review

Music

Liam Gallagher: Why Me? Why Not. Album Review Liam Gallagher: Why Me? Why Not. Album Review

Liam Gallagher: Why Me? Why Not. Album Review

Music

camila cabello liar camila cabello liar

Camila Cabello: ‘Shameless’ & ‘Liar’ Single Review

Music

Connect