Connect with us
Senigma
school of rock 2003
School of Rock

Cultura Lists

5 Rekomendasi Film Bertema Musik Dengan Band Fiksi

Band fiksi yang kita harapkan menjadi band nyata di industri musik.

Banyak film bertema musik yang diangkat ke layar lebar. Sebagian besar adalah film dengan kisah biografi musisi legendaris. Seperti “Bohemian Rhapsody” yang sempat booming tahun 2018 lalu. Bercerita tentang perjalanan karir frontman Queen, Freddie Mercury yang diperankan oleh Rami Malek.

Adapun berbagai film biografi musisi lainnya seperti “Love & Mercy”, “Rocketman”, “Get On Up”, dan masih banyak lagi. Tak selalu tentang biografi musisi atau band besar, adapun berbagai band fiksi yang memiliki konsep dan performa menarik dalam sebuah film. Saking bagusnya hingga kita berharap mereka adalah sebuah band nyata dalam industri musik.

Berikut beberapa rekomendasi film bertema musik dengan band fiksi yang patut ditonton.

Sing Street (2016)

Berawal dari ingin memikat hati seorang gadis bernama Raphina, Cosmo membentuk band pop bernama Sing Street. Bersama Eamon, Darren, dan teman-teman lainnya, Cosmo pun semakin serius dengan project ini dan mengalami petualangan bermusik yang menyenangkan.

Dalam film ini, kita akan menyaksikan mulai dari proses pencarian member, menentukan konsep dan nama band, hingga membuat video klip homemade mereka. Berlatar di kota Dublin pada tahun 80-an, Sing Street menganut genre musik yang terinspirasi dari Duran Duran yang sedang populer kala itu. Kita juga menikmati 7 track original dari Sing Street Original Motion Picture Soundtrack Album.

Begin Again (2013)

Gretta pindah ke New York untuk mendampingi sang kekasih, Dave, menandatangani kontrak dengan label musik besar dan bersiap untuk menjadi musisi profesional. Kesetiaan Gretta sayangnya tidak berbuah manis seiring terkenalnya Dave sebagai musisi. Gretta yang memiliki kemampuan bermusik dan menulis lagu pun memiliki kesempatan terbit sebagai musisi profesional ketika secara tidak sengaja bertemu dengan seorang produser bernama Dan.

“Begin Again” juga merupakan film dengan produksi lagu-lagu original dari sebuah band dengan genre pop yang lebih modern. Tidak memiliki studio rekam, kita akan melihat mereka menampilkan berbagai lagu di tempat-tempat umum. Keira Knightley sungguh berperan sebagai vokalis dalam setiap lagu dalam film ini. Adapun Hailee Steinfeld yang menunjukan kelihaiannya dalam memainkan instrumen gitar dalam salah satu lagu di berjudul “Tell Me If You Wanna Go Home”.

Frank (2014)

Jon adalah seorang pemuda biasa yang berharap bisa bergabung dalam sebuah band. Hingga suatu hari ia secara tidak sengaja bertemu dengan Frank, seorang frontman band absurd, The Soronprfbs, yang selalu menggunakan kepala besar palsu. Bersama dengan tiga member lainnya, mereka mempersiapkan album debut mereka di sebuah pondok yang jauh dari keramaian dan media. Namun, seiring dengan munculnya berbagai masalah personal dalam band, apakah band eksentrik satu ini akan berhasil menyelesaikan album pertama mereka?

“Frank” menampilkan sebuah kisah tentang band indie dengan genre musik DYI, pop art dengan sentuhan psychedelic. Band satu ini kurang lebih seperti Superorganism namun dengan warna musik yang lebih gelap. Beberapa aktor besar seperti Michael Fassbender, Domhnall Gleeson, dan Maggie Gyllenhaal bermain dalam film ini sebagai member band.

Beberapa lagu yang telah dibawakan oleh The Soronprfbs adalah “Creaky Door” dan “I Love You All”.

Scott Pilgrim Vs. The World (2010)

Diangkat dari sebuah komik dengan judul yang sama, “Scott Pilgrim Vs. The World” merupakan film fantasi dengan konsep menarik yang sebetulnya hanya sebuah kisah perjuangan cinta yang di-hiperbola-kan. Tentang seorang laki-laki bernama Scott Pilgrim yang mencintai Ramona. Agar bisa memiliki Ramona sepenuhnya, Scott harus mengalahkan 7 mantan Ramona dalam berbagai tantangan. Mulai pertarungan epic hingga battle musik.

Scott sendiri adalah seorang bassist dalam sebuah band garage rock bernama Sex Bob Omb. Adapun band lainnya yang cukup menarik perhatian adalah The Clash At Demonhead dengan genre rock membawakan lagu “Black Sheep” dalam film ini.

School of Rock (2003)

“School of Rock” merupakan salah satu film ikonik dari Richard Linklater yang dibintangi oleh Jack Black. Bercerita tentang seorang gitaris yang didepak dari band-nya, Dewey Finn, berakhir menjadi pengangguran yang membutuhkan pekerjaan. Kesempatan untuk menjadi guru di sekolahan swasta pun tidak ia lewatkan. Namun, bukannya mengajarkan pelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada, Dewey justru membentuk sebuah band rock dengan murid-muridnya dan bersiap untuk mengikuti kompetisi band kota.

Kita akan melihat proses latihan dan pembentukan band mereka dengan sentuhan komedi dan drama yang ringan. Tak ketinggalan full performance band rock School of Rock dengan lagu-lagu bernuansa rock n’ roll.

Click to comment

Leave a Comment

Gerald’s Game (2017) Gerald’s Game (2017)

10 Rekomendasi Film Adaptasi Stephen King

Cultura Lists

Zombieland 2009 Zombieland 2009

Zombieland Review: Film Zombie Komedi Terbaik yang Pernah Ada

Film

mika mika

Track of The Week: Mika, Megan Trainor, Raisa

Cultura Lists

five feet apart review five feet apart review

Five Feet Apart Review: Kisah Cinta Terpaut Jarak 5 Kaki

Film

Connect