Connect with us
Manfaat Kesehatan dari Kasur yang Baik
Image via Pexels

Lifestyle

5 Manfaat Kesehatan dari Kasur yang Baik

Kasur yang baik adalah kasur yang membuat kita nyaman saat menggunakannya, terlepas dari jenis kasur, fitur-fitur, merek serta harganya.

Tidur merupakan suatu aktivitas penting yang mampu mengembalikan performa tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas. Pada hakikatnya, tujuan tidur adalah menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan produktivitas, menyehatkan jiwa dan raga dan tentunya meningkatkan konsentrasi dalam beraktivitas.

Dengan tidur yang cukup dan nyaman, kita akan mendapat banyak manfaat bagi tubuh, apalagi bila memiliki kasur yang baik, karena kasur juga berperan penting dalam memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Artikel ini bisa membantu kita memilih kasur busa yang tepat dan beberapa manfaat kesehatan dari kasur yang baik.

Pereda Level Stress

Kasur yang baik adalah kasur yang dapat meredakan level stress, khususnya bila tidur dengan nyenyak dan dengan waktu yang cukup. Selain itu, kasur yang baik juga akan membuat tubuh menjadi rileks, menjadikan tekanan darah lebih stabil, dan menjaga suasana hati tetap tenang.

Stress selalu berhubungan dengan kondisi tubuh dan suasana hati. Kasur yang baik akan memberikan manfaat yang ampuh dalam menurunkan hormon stress dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Salah satu manfaat kesehatan dari kasur yang baik adalah terjaganya kesehatan tulang belakang, yang salah satunya adalah di bagian tulang punggung. Kasur dengan kualitas yang baik akan menopang setiap bagian tubuh secara merata serta membuat tulang belakang dalam posisi yang netral.

Posisi tulang belakang yang netral dan tubuh yang ditopang secara merata akan mencegah kita dari berbagai nyeri pada bagian tubuh seperti nyeri punggung dan nyeri leher, sehingga hal ini akan membuat kesehatan tulang belakang menjadi terjaga.

Mengurangi Gejala Alergi pada Tubuh

Kasur yang baik adalah kasur yang tidak alergi pada tubuh. Ini diiringi juga dengan kasur yang bebas dari sarang kutu atau tungau dan debu. Salah satu ciri dari kasur yang baik adalah strukturnya yang padat, dimana kasur terhindar dari masuknya tungau dan debu di dalam pori-pori kasur.

Kasur yang baik dalam kesehatan adalah kasur yang mampu mengurangi alergi pada tubuh. Kasur ini akan menghindari kita dari berbagai macam bentuk alergi seperti bersin-bersin, batuk, pilek hingga demam. Sehingga kita dapat tidur dengan nyenyak dan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Menyegarkan Kembali Otot dan Tulang

Setelah sibuk beraktivitas, kita mungkin mengalami kelelahan seperti nyeri otot dan tulang yang tegang. Kasur yang baik adalah kasur yang menyegarkan otot dan tulang dari kelelahan, dengan cara mengurangi tekanan tubuh saat berbaring di kasur. Hasilnya badan terasa lebih ringan dan siap untuk tidur dengan nyenyak.

Di samping itu, kasur yang baik adalah kasur yang dapat menghilangkan rasa sakit setelah beranjak dari tidur. Dengan demikian kita akan lebih maksimal dalam melakukan berbagai pekerjaan dan aktivitas selanjutnya.

Menjaga Tidur Tetap Berkualitas

Manfaat dari kasur yang baik adalah membuat tidur kita menjadi berkualitas. Artinya kasur tersebut mampu untuk membebaskan kita dari masalah susah tidur dan kurang tidur akibat kurang nyaman yang diakibatkan karena kasur yang salah.

Susah tidur dianggap sangat mengancam kesehatan, beberapa di antaranya dapat menimbulkan munculnya gangguan kecemasan, depresi, bipolar, trauma dan gangguan psikis lainnya. Sedangkan untuk kurang tidur dapat mengakibatkan munculnya berbagai penyakit kronis dan penyakit lain, seperti serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga menurunkan daya ingat. Manfaat dari kasur yang baik adalah menjaga tidur agar selalu optimal dan berkualitas.

Catatan

Ada banyak hal lain dari manfaat kasur yang baik bagi kesehatan, beberapa diantaranya mengurangi intensitas ngorok saat tidur atau mencegah kita sering balik arah yang menyebabkan susah tidur.

Kasur yang baik adalah kasur yang membuat kita nyaman saat menggunakannya, terlepas dari jenis kasur, fitur-fitur, merek serta harganya. Sebelum membeli, utamakan kenyamanan agar bisa membuat tidur berkualitas dan memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Pilih kasur dengan bijak karena dengan ini kita akan lebih produktif di dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect