Connect with us
5 Band Indie Lokal Dengan Musik Retro
Indische Party

Cultura Lists

5 Band Indie Lokal Dengan Musik Retro

Musik bernuansa “jadul” yang tak pernah hilang ditelan zaman.

Musik dengan nuansa Retro merupakan salah satu genre yang masih banyak diadaptasi oleh musisi lokal kita hingga saat ini. Mulai dari era musik 2000-an awal, kita telah memiliki beberapa nama band populer yang sukses membawakan genre musik Retro.

Mulai dari Naif yang sangat populer dengan hits mereka “Posesif”, The Changcuters dengan musik Rock n’ Roll yang up beat, hingga The Banery dengan musik Retro Pop yang populer dengan hits “Karena Dia”.

Tema Retro tak hanya terdengar pada musik mereka, mulai dari konsep visual video klip hingga penampilan panggung, band-band ini selalu tampak datang dari zaman yang berbeda.

Hingga saat ini, masih banyak musisi indie lokal yang memilih genre musik bernuansa Retro untuk menjadi identitas mereka. Berikut beberapa rekomendasi band indie lokal dengan musik Retro untuk menambah playlist kita.

Indische Party

Indische Party merupakan band Rock Blues asal Jakarta yang sebetulnya telah berdiri cukup lama, yaitu pada tahun 2011. Mereka telah merilis dua album studio bertajuk “Analog” dan “Indische Party”. Beranggotakan Jap Shadiq, Andre Idris, Jacob Dimas, dan Tika Pramesti ini telah mencicipi dapur rekaman Abbey Road pada tahun 2015 karena memenangkan sebuah kompetisi dan melahirkan mini album berjudul “On Vacation”.

Beberapa hits dari Indische Party yang populer diantaranya “I Wanna Dance”, “Hey Girl”, dan “Waiting For You”. Mereka juga telah merilis single terbaru mereka yang bertajuk “Tell Me What to Do” pada akhir 2019 lalu.

Erratic Moody

Erratic Moody merupakan band Pop asal Bandung yang beranggotakan Muhammad Alghifari Agrapana, Muhammad Reyhan, Alief Agustiana, dan Agung Muhammad Firdaus. “Necis” merupakan single pertama dari Erratic Moody yang langsung memperdengarkan aransemen musik Rock n’ Roll dengan penulisan lirik yang kental dengan nuansa Retro.

Erratic Moody baru saja merilis single terbaru yang bertajuk “Cynthia”. Masih dengan nuansa musik Retro, single satu ini lebih nge-Pop dengan lirik yang easy listening dan catchy.

The Panturas

Berikutnya ada band dengan genre Surf Rock, The Panturas. Surf Rock merupakan sebuah genre musik yang dicetuskan oleh seorang peselancar sekaligus musisi asal California, Dick Dale. Mendengarkan musik Surf Rock akan memberikan sensasi surfing di pantai dengan alunan riff gitar yang khas. Para musisi dari genre ini biasanya merupakan orang-orang yang tinggal di dekat pantai di Amerika, namun The Panturas justru terbentuk di dataran tinggi Jatinangor, Sumedang.

The Panturas juga telah merilis album bertajuk “Mabuk Laut”, berisi 8 track dengan lagu-lagu menarik. Adapun salah satu lagu mereka yang menarik, terinspirasi dari legenda Nyi Roro Kidul dari Pantai Selatan yaitu “Queen of The South”.

The Cat Police

The Cat Police merupakan band asal Tangerang yang beranggotakan Zaki Lazuardian, Odong Page, Jack Andie, Dio Dama Wijaya, Gamma Gilang Akbar, dan Sonhaji Saputro. Band ini sebetulnya telah terbentuk sejak tahun 2005, namun setelah vacuum dan sibuk dengan proyek solo masing-masing, akhirnya mereka berkumpul lagi pada tahun 2015. Reuni tersebut melahirkan album debut mereka “Tropical Industries” yang rilis pada 2016.

The Cat Police juga sempat menjadi salah satu line up dalam konser We The Fest 2019 lalu. “Nabi Urban” merupakan single terbaru dari The Cat Police yang rilis pada April 2019 lalu. Lagu ini memiliki lirik tentang kepercayaan yang dibawakan dengan video klip jenaka.

Granialicks

Granialicks merupakan band indie Pop terbaru asal Jakarta yang beranggotakan Dicky Nuari dan Yogo Wicaksono. Band duo satu ini termasuk masih sangat baru dan fresh, dibentuk pada awal tahun 2019 lalu.

Album mereka yang bertajuk “Anything For You” telah dirilis pada akhir tahun lalu. Dalam pengerjaan album debut ini, Granialicks melangsungkan proses rekaman di Lontar Studio, milik Awan Garnida personil dari band Indie SORE.

Granialicks mengusung genre Pop dengan nuansa Retro yang catchy. Lagu-lagu mereka sangat easy listening dan ditulis dengan lirik berbahasa relevan serta mudah dimengerti.

Click to comment

Leave a Comment

Harriet (2019) Harriet (2019)

Rekomendasi Film Tentang Hak-Hak Sipil

Cultura Lists

Eminem Eminem

Track of The Week: Eminem, Soccer Mommy, Agnimaya

Cultura Lists

Soccer Mommy Soccer Mommy

Soccer Mommy: Circle The Drain Single Review

Music

Real Estate Band Real Estate Band

Real Estate: Paper Cup Single Review

Music

Advertisement
Connect