Connect with us
Senigma
One Spring Night review
One Spring Night

Cultura Lists

4 Drama Korea Ongoing di Bulan Juni

Selama bulan Juni, ada empat Kdrama yang tayang. Mana yang layak tonton?

Sepanjang 2019 ada banyak drama yang yang akan, sudah, dan sedang tayang. Beberapa di antaranya sejak lama dinantikan penggemar karena faktor deretan aktor maupun aktris yang berperan. Sebagian drama ini merupakan adaptasi dari Webtoon sehingga sudah lebih dulu populer. Tetapi ada pula yang menarik perhatian karena sinopsisnya menarik sehingga membuat penonton tak sabar. Berikut ini review empat drama yang masih tayang selama bulan Juni 2019. Tiga drama baru mulai tayang bulan ini sementara satu drama lainnya sudah tayang sejak akhir Bulan Mei. Mayoritas bergenre drama dan fantasi dengan bumbu komedi.

Search: WWW review

Search: WWW

Search: WWW memiliki genre drama fantasi dan hadir sejak 5 Juni lalu. Bisa dibilang dibanding tiga drama lainnya, drama inilah yang memiliki ide cerita paling menonjol dan segar. Sesuai dengan judulnya kita bisa menebak tema yang diangkat adalah internet. Lebih tepatnya adalah persaingan bisnis dari dua raksasa perusahaan mesin pencari, Unicon dan Barro. Seluruh pemeran utamanya adalah perempuan yaitu Im Soo Jung sebagai Bae Ta Mi, Lee Da Hee sebagai Cha Hyun, dan Jun Hye Jin sebagai Song Ka Kyung. Sebuah angin segar bagi pecinta drama korea ketika melihat female centered plot seperti ini.

Adegan pada episode pertama dibuka dengan suasan persidangan ketika Bae Ta Mi menjadi saksi. Ia adalah direktur di salah satu departemen di Unicon. Persidangan itu dilakukan karena adanya dugaan Unicon memanipulasi hasil pencarian secara real time pada pemilu presiden yang baru saja berlalu. Ini karena Unicon dengan sengaja menghapus beberapa kata kunci di peringkat teratas yang menyoroti dugaan perselingkuhan salah satu capres. Namun Bae Ta Mi si perempuan badass malah memutarbalikkan keadaan dan menyerang pihak lain yang telah menuduh Unicon.

Dialog dalam drama ini menggelitik dan ada beberapa scene yang membuat geli atau tersenyum-senyum sendiri. Selain ide cerita yang menarik dan eksekusi yang baik, karakter para tokoh di dalam drama ini juga bagus. Terutama karakter Bae Ta Mi. Bagaimana seorang direktur perempuan berusia 38 tahun sepertinya menghabiskan waktu sepulang kantor dengan main game arcade. Bae Tami yang cantik, pintar, dan logis itu justru terjebak dalam cinta satu malam dengan lelaki yang usianya jauh lebih muda. Ia juga digambarkan sangat manusiawi. Tak selalu kuat atau independen, kadang Bae Ta Mi juga putus asa dan lemah.

Begitu pula dengan tokoh Cha Hyun yang digambarkan ambisius. Ia bercita-cita menjadi perempuan pandai bela diri yang kaya agar bisa mengobat cedera lawan latih tandingnya. Lalu ada Song Ka Kyung yang meski memiliki jabatan tinggi ternyata tak bisa bekerja secara independen. Ia menjadi boneka dari ibu mertuanya yang galak, Jang Hee Eun. Song Ka Kyung terpaksa melakukan manuver-manuver berbahaya di dalam perusahaan walau itu merugikan Unicon maupun dirinya sendiri. Drama ini memiliki 16 episode dan tayang di tvN.

One Spring Night

Drama romance ini memiliki jalan cerita yang sederhana. Kisahnya tentany Lee Jung In (Han Ji Min) dan Kwon Ki Seok (Kim Joon Han) yang telah lama berpacaran. Mereka akan segera melangsungkan pernikahan. Namun hubungan mereka yang telah berjalan sekian lama itu terasa makin hambar. Segalanya hanya dijalani sebagai rutinitas saja termasuk melangkah ke jenjang pernikahan. Kwon Ki Seok merasa mereka sudah sepatutnya menikah karena waktunya sudah tepat. Ia berpikir bila menikah pertengkaran kecil yang biasa mereka alami ketika pacaran akan hilang. Sebaliknya Lee Jung In belum ingin menikah karena tak yakin dengan perasaannya. Lee Jung In juga tak mau menikah hanya karena desakan lingkungan melainkan menikah bila ia sudah mau.

Bila tidak dieksekusi dengan baik, jalan cerita yang sederhana begini sebenarnya rentan untuk menjadi membonsankan. Namun penulis skenario Kim Eun mampu mengolahnya dengan menarik. Dialog khas orang dewasa dengan hubungan yang tak rumit, pertengkaran yang masuk akal, serta kecanggungan maupun kejujuran yang dipertontonkan sangat menarik. Han Ji Min bermain dengan sangat baik. Ia mampu menunjukkan kegalauan, malu, penasaran, maupun galaunya meski hanya lewat pandangan mata. Ia menggambarkan dengan baik seorang Lee Jung In yang perempuan independen dan tak mau pernikahannya disetir orangtua.

Yoo Ji Ho (Jung Hae In) juga menampilkan kualitas akting yang tak kalah baik. Sebagai tukang tikung, Yoo Ji Ho terlihat manis. Kita justru mampu merasa kasihan dan simpati padanya. Ditambah lagi scene antara Yoo Ji Ho dan Lee Jung In acapkali ditimpali soundtrack Spring Rain yang dinyanyikan Oscar Dunbar. Suasana sendu seakan patah hati sudah di depan mata padahal hubungan cinta belum dimulai itu begitu kental. Yoo Ji Ho memilih jujur bahwa ia tak bisa memandang Lee Jung In hanya teman saja. Penonton malah semakin merasa iba.

Drama ini tak hanya berputar soal kisah cinta segitiga antara Lee Jung In, Yoo Ji Ho, dan Kwon Ki Seok saja. Ada pula pergulatan batin antara Lee Jung In dan Kwon Ki Seok dengan keluarga masing-masing. Masalah yang ditampilkan juga terasa realistis, bukan dibikin-bikin. Menonton One Spring Night rasanya seperti membiarkan hati kita untuk patah lebih dalam meski cinta yang kita bayangkan itu tak pernah datang. Drama ini tayang sejak 22 Mei lalu dan memiliki 32 episode. Tayang di MBC maupun Netflix.

Perfume

Drama bergenre komedi, romance, dan fantasi yang hadir dalam 32 episode ini tayang sejak 3 Juni lalu. Tayang di KBS2, kisahnya tentang seorang perempuan obesitas, Min Jae Hee, yang akan diceraikan oleh suaminya, Kim Tae Joon. Ia memiliki kepercayaan diri yang rendah. Min Jae Hee ingin bunuh diri saja dan menjebak Kim Tae Joon untuk ikut mati. Namun rencana itu gagal ketika sebuah paket diantarkan kepada Min Jae Hee dan membuatnya menjadi kurus. Min Jae Hee yang terkejut lalu kabur dari rumah sambil mencari tahu apa yang terjadi pada tubuhnya. Tanpa sengaja ia mendapat pekerjaan dari Seo Yi Do (Shin Sung Rok) seorang desainer kenamaan yang kekurangan model.

Akting dari Seo Yi Do sangat tidak tertahankan. Sulit untuk menontonnya tanpa mengkritik berapa cringey dan cheesy seluruh tingkat lakunya. Bisa saja akting semacam itu merupakan permintaan dari naskah maupun sutradara. Tetapi penampilan Seo Yi Do justru membuat kita merasa jengah. Belum lagi ada scene dengan kejadian tak masuk akal, sound effect yang menyebalkan, dan dialog yang dipaksakan. Tetapi bilan mencari hiburan yang ringan, maka Perfume sangat layak tonton.

Joseon Survival review

Joseon Survival

Bergenre drama dan fantasi, Joseon Survival rencananya tayang dalam 16 episode. Drama ini ditayangkan di TV Chosun. Kisahnya tentang seorang pengantar paket yang menjalani perjalanan waktu sehingga bisa pergi ke zaman dahulu. Di masa kini, ia sendiri harus mengalami kecalakaan sehingga butuh bantuan medis. Namun bisa dibilang jalan ceritanya kurang menarik dan terlalu datar.

Click to comment

Leave a Comment

Alex Lawther and Jessica Barden in Season 1 | Netflix Alex Lawther and Jessica Barden in Season 1 | Netflix

The End of the F***ing World Season 2 Review

TV

VIP Drama Review VIP Drama Review

VIP Review: Drama Yang Mengangkat Tema Perselingkuhan

TV

suspiria suspiria

Rekomendasi Film Horror Bertema Sekte

Cultura Lists

ratu ilmu hitam review ratu ilmu hitam review

Ratu Ilmu Hitam Review

Film

Connect