Connect with us
Film tentang hacker
War Games (1983)

Cultura Lists

15 Rekomendasi Film Tentang Hacker

Sederet film dan dokumenter terbaik tentang dunia hacker.

Film tentang hacker merupakan salah satu niche film yang jarang diproduksi setiap tahunnya. Kisah tentang hacker dan kejahatan dunia maya biasanya memiliki sentuhan thriller dan action yang dinamis. Tak hanya film fiksi, dokumenter tentang hacker akan lebih seru disimak karena berdasarkan kisah nyata yang fenomenal. Berikut rekomendasi berbagai film tentang hacker, mulai dari film action, thriller, film dokumenter, dan black comedy.

War Games (1983)

Salah satu judul klasik yang patut ditonton adalah War Games yang disutradarai oleh John Badham. Bercerita tentang David Lightman, seorang remaja yang memainkan sebuah video game berjudul ‘Global Thermonuclear War’ yang Ia temukan di internet. Ia pun tak sadar bahwa dirinya telah berhasil meretas supercomputer milik militer negara dan tak sengaja mengaktifkan senjata nuklir yang berpotensi memulai Perang Dunia ke III.

Sneakers (1992)

Sneakers merupakan film tentang hacker dengan sentuhan genre komedi yang disutradarai oleh Phil Alden Robinson. Menceritakan Martin Bishop, seorang pemimpin kelompok khusus yang memiliki spesialisasi mengetes sistem keamanan. Hingga suatu hari pemerintah menuduh mereka mencuri sebuah black box yang berisi file rahasia, Martin dan rekan-rekannya harus terlibat dalam sebuah permainan yang berbahaya.

Hackers (1995)

Hackers, dibintangi oleh Jonny Lee Miller dan Angelina Jolie merupakan salah satu film cult classic bertema hacker. Dade dilarang menggunakan komputer setelah melakukan hacking pertamanya pada usia 11 tahun. Setelah kembali diperbolehkan menyentuh komputer pada usia 18 tahun, Dade membuat nama alias baru dan kembali melakukan peretasan bersama dengan teman-temannya.

23 (1998)

23 menceritakan kisah dua orang hacker yang nekad meretas database pemerintahan hanya untuk bersenang-senang. Namun keduanya harus menerima konsekuensi akibat keisengan brillian tersebut. Film ini disutradarai oleh Hans-Christian Schmid, dibintangi oleh August Diehl dan Fabian Busch.

Office Space (1999)

Satu lagi film bertema hacker dengan genre komedi adalah Office Space. Peter adalah seorang teknisi software di sebuah perusahaan. Hingga suatu hari Ia bosan dengan pekerjaannya dan membuat rencana balas dendam. Bersama dengan temannya, Peter hendak menyebar virus pada sistem software perusahaannya. Office Space disutradarai oleh MIke Judge dan dibintangi oleh Ron Livingston.

Swordfish (2001)

Swordfish merupakan film action thriller yang dibintangi oleh, Halle Berry, John Travolta, dan Hugh Jackman. Bercerita tentang seorang agen rahasia, Gabriel Shear, yang memberi tawaran pada Stanley, seorang hacker, untuk membantunya merentas sistem dari pendanaan pemerintah yang ilegal. Dengan begitu Stanley dijanjikan kesempatan untuk membangun kembali masa depannya.

Snowden (2016)

Dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt sebagai Edward Snowden, film ini bercerita tentang sosok hacker yang menjadi pahlawan bagi beberapa pihak, sekaligus kriminal bagi pihak lainnya, Edward Snowden keluar dari pekerjaan di Agensi Keamanan Nasional. Setelah mengetahui sistem informasi database yang memuat banyak informasi penting, Edward Snowden memutuskan untuk membocorkan berbagai informasi tersebut. Film ini diangkat dari buku The Snowden Files dan Time of the Octopus.

The Internet’s Own Boys: The Story of Aaron Swartz (2014)

Rekomendasi berikutnya adalah film dokumenter tentang seorang programmer handal sekaligus aktivis bernama Aaron Swartz. Ia juga merupakan pengembang protokol RSS untuk website Reddit dimana Ia juga mengambil bagian sebagai co-founder. Namun, pertarungan sesungguhnya dimulai ketika Ia berjuang untuk keadilan sosial dan politik, berdampingan dengan usahanya yang agresif tentang akses informasi. Pada akhirnya, Aaron Swartz mengakhiri hidupnya pada usia 26 tahun.

Citizenfour (2014)

Jika film Snowden dibawakan dengan gaya film fiksi yang dramatis, Citizenfour merupakan film dokumenter tentang Edward Snowden yang terasa lebih nyata dan informatif. Edward Snowden tampaknya memiliki dedikasi tinggi untuk membongkar informasi rahasia besar-besar yang disimpan oleh pemerintah dari masyarakat luas. Seorang sutradara, Laura Poitras menerima sebuah email dari seseorang yang mengaku memiliki informasi top secret tentang sebuah program pengawasan yang massive. Ia pun mengajak reporter, Glenn Greenwald untuk menemui sosok tersebut di Hong Kong. Sosok misterius tersebut ternyata Edward Snowden.

The Imitation Game (2014)

Bicara tentang aktivitas meretas atau hacking, kita pasti memikirkan komputer dengan kemampuan super canggih dari era modern. Padahal kegiatan meretas untuk mendapatkan informasi secara ilegal juga pernah terjadi pada Perang Dunia II oleh seorang ahli matematika bernama Alan Turing. The Imitation Game merupakan film biografi tentang Alan Turing, penemu enigma yang menjadi bakal gagasan komputer modern. Ketika rekan kerjanya berusaha menangkap informasi rahasia militer Jerman secara manual, Alan berusaha keras membuat sebuah mesin yang mampu menerjemahkan pesan secara otomatis untuk mendapatkan informasi serangan militer. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan Benedict Cumberbatch dan Keira Knightley.

The Signal (2014)

The Signal merupakan film tentang hacker bergenre fiksi ilmiah dan thriller. Bercerita tentang tiga mahasiswa yang pergi ke California dengan ambisi menemukan hacker yang berusaha mengecoh mereka melalui email. Namun, rencana tidak berjalan mulus dan terjebak di sebuah fasilitas misterius di padang pasir yang terisolasi.

Who Am I (2014)

Satu lagi film hacker dari Jerman adalah Who Am I. Film satu ini kerap disandingkan dengan Fight Club (1999) dan serial hacker terkenal, Mr. Robot. Film bernuansa techno-thriller ini bercerita tentang Benjamin Engel, seorang ahli komputer yang penyendiri, kemudian Ia bertemu dengan Max yang karismatik. Keduanya akhirnya tergabung dalam sebuah grup hacker, CLAY, berusaha mendapatkan pengakuan secara global.

I.T. (2016)

Banyak film hacker bertema kriminal yang cenderung memihak pada sosok hacker yang bisa jadi menyalahgunakan kemampuannya. Dalam film I.T yang dibintangi oleh Pierce Brosnan, Ia berperan sebagai Mike Regan, seorang pengusaha sukses dengan keluarga yang harmonis. Hidupnya yang sempurna harus terusik ketika anak perempuan dan berbagai aspek kehidupan pribadinya diintervensi oleh hacker. Mike pun tak tinggal diam dan mencari cara untuk balas dendam.

Hacker (2016)

Hacker merupakan film drama kriminal tentang seorang pemuda bernama Alex. Ketika keluarganya menghadapi krisis finansial, Ia pun menggunakan keahliannya untuk masuk ke sebuah aktivitas trading online ilegal untuk mendapatkan uang dengan cepat. Ketika aksinya berhasil mendapatkan keuntungan besar sekaligus mengacaukan pasar finansial, Alex menarik perhatian Z, hacker nomor satu dalam daftar FBI.

The Great Hack (2019)

Satu lagi film dokumenter tentang hacker yang patut ditonton adalah The Great Hack. Film dokumenter satu ini hendak mengungkap bagaimana sebuah perusahaan bernama Cambridge Analytica menjadi simbol gelap dari media sosial yang ditemukan oleh seorang jurnalis bernama Carole Cadwalladr. Bagaimana media sosial berpengaruh pada pemilihan presiden pada tahun 2016 silam. The Great Hack bisa ditonton di Netflix.

The Great Hack Review

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect