Connect with us
Glenn Fredly
Photograph: Dicky Bisinglasi/Cultura

Cultura Lists

10 Tembang Terbaik Glenn Fredly

Glenn Fredly melahirkan sederet hits yang mendorong kemajuan industri musik Indonesia. Rest in Love, Legend.

Penyanyi bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini memulai karirnya di tahun 1995 sebagai vokalis Funk Section. Setelah debut bersama Funk Section dengan merilis album eksklusif, 3 tahun kemudian Glenn Fredly banting setir sebagai penyanyi solo. Album debut sebagai solois dari penyanyi ini bertajuk “GLENN”, dengan 8 track. 3 lagu di dalamnya, “Kau” dan “Cukup Sudah” serta “Mobil Mama” menjadi hits di Malaysia.

Di tahun 2000, Glenn Fredly kembali dengan album kedua, “KEMBALI”. Album dengan hits “Salam Bagi Sahabat” dan “Kasih Putih” ini digarap di bawah label Sony Music Indonesia dengan produser Aminoto Kosin. Sama dengan album debut pertama dari sang penyanyi.

Mulai dikenal melalui rilisan album keduanya, saat itu kesuksesan Glenn Fredly sebagai penyanyi dengan genre R&B rupanya masih mendapatkan keraguan dari label. Sampai akhirnya di tahun 2003 ia meluncurkan album ketiga, “Selamat Pagi, Dunia!”. Sederet hits lahir dari album ini, yang melesakkan nama Glenn Fredly. Salah satunya mega hits “Januari” yang membawa Glenn Fredly masuk dalam deretan penyanyi papan atas di Indonesia.

Lagu Terbaik Glenn Fredly

Photograph: @akbarmoose

Setelah kesuksesan “Januari”, karir Glenn Fredly di blantika musik Indonesia semakin bersinar. Hits demi hits dirilis, diiringi dengan berbagai pencapain lain. Penghargaan, menjadi salah satu vocal coach di The Voice Indonesia, sampai menjadi produser untuk penyanyi pendatang baru seperti Gilbert Pohan dan Yura. Pada tahun 2012, Glenn Fredly juga merayakan 17 tahun berkiprah di industri musik dengan menggelar konser akbar di Istora Gelora Bung Karno, yang dihadiri 7500 penonton.

Sepanjang karirnya, terdapat sederet hits dari sang penyanyi berdarah Maluku ini. Berikut kami pilihkan 10 tembang terbaik dari Glenn Fredly.

1. Januari

“Januari” menjadi salah satu hits terbesar dari Glenn Fredly. Bahkan bisa dikatakan, karir penyanyi berusia 44 tahun ini melesat setelah merilis “Januari,” yang menjadi bagian dari album “Selamat Pagi, Dunia!” di tahun 2003.

2. Terpesona

Album “Selamat Pagi, Dunia!” benar-benar melahirkan sederet hits. “Terpesona” menjadi hits berikutnya dari album ketiga dari Glenn Fredly ini. Lagu ini dibawakan bersama dengan penyanyi papan atas Audy.

3. Sekali Ini Saja

“Sekali Ini Saja” menjadi daftar panjang hits yang lahir dari album “Selamat Pagi, Dunia!”. Musik R&B yang disuguhkan di album ini terasa semakin menggerus emosi di lagu “Sekali ini saja”. Selain itu tema perpisahan dan patah hati yang diangkat benar-benar membuat pendengar merasa memiliki keterkaitan dengan mega hits apik ini.

4. Sedih Tak Berujung

Kesuksesan album “Selamat Pagi, Dunia!” di 2003 mendorong label Sony Music Indonesia merilis beberapa versi berbeda. Salah satunya versi repack dengan tambahan beberapa lagu baru. Salah satunya, “Sedih Tak Berujung.”

Di lagu ini, Glenn Fredly masih mengandalkan vokal soulful dengan musik R&B berbalut pop. Melahirkan lagu melankolis dengan pembawaan penuh penghayatan. Satu hits yang tentunya tak akan terlupakan.

5. Akhir Cerita Cinta

“Akhir Cerita Cinta” juga dirilis bersama dengan repack album “Selamat Pagi, Dunia!” di tahun 2003. Irama musik melankolis dan minimalis di lagu ini menceritakan sebuah pendalaman perasaan tersendiri. Selain juga lirik romantis serta mengiris yang menjadi khas dari Glenn Fredly untuk album ketiga ini. Hits ini juga sempat menjadi soundtrack untuk film “Cinta Silver.”

RIP Glenn Fredly

Photograph: @dickybisinglasi

6. Terserah

Di tahun 2008, Glenn Fredly merilis album “Private Collection.” Sedikit berbeda dengan rilisan-rilisan sebelumnya, album kali ini lebih berfokus pada genre pop ketimbang R&B. Meski sama sekali tak mengurangi keapikan dan sisi musikalitas yang dihadirkan.

“Terserah” menjadi hits dari album satu ini. Instrumen string yang digunakan di lagu ini seakan pas untuk mengiringi vokal soulful dari sang penyanyi legendaris.

7. Hikayat Cintaku

Album “Private Collection” memiliki beberapa aspek musik berbeda dari sang musisi. Selain “Terserah” yang lebih kental dengan musik pop akustik, album ini juga memiliki hits berikutnya, “Hikayat Cintaku.”

Menggandeng penyanyi dangdut papan atas, Dewi Persik, Glenn Fredly tampil dengan musik pop dan irama musik rancak. Hits ini sendiri menjadi angin segar diantara diskografi sepanjang karir Glenn Fredly.

8. Kasih Putih

“Kasih Putih” dirilis bersama dengan album “KEMBALI” di tahun 2000. Lagu ini menjadi salah satu hits dari album kedua Glenn Fredly. Untuk track ini, sang penyanyi masih sangat kental mengusung musik R&B. Serta sentuhan elemen jazz dan pop yang manis.

9. Malaikat Juga Tahu

Di tahun 2012, Glenn Fredly merilis “Malaikat Juga Tahu” sebagai soundtrack film “Rectoverso.” Selain itu track in juga menjadi bagian dari album studio ke-9, “Luka Cinta & Merdeka.”

Musik R&B dari Glenn Fredly terdengar begitu kaya dalam iringan permainan piano minimalis. Lirik puitis dibawakan oleh Glenn Fredly dengan penuh penghayatan mendalam.

10. Adu Rayu

“Adu Rayu” memang bukan lagu solo dari Glenn Fredly. Meski lagu yang dibawakan bersama Yovie Widianto dan Tulus ini menjadi hits terbaru dari sang legenda. Dirilis di tahun 2019, irama romantis “Adu Rayu” lahir dari perpaduan manis musik R&B, pop, serta instrumen string serta piano. Kolaborasi apik yang terlahir dari Glenn Fredly, Yovie Widianto dan Tulus. Lagu ini juga masuk dalam 10 Lagu Terbaik 2019 Versi Cultura.

Glenn Fredly meninggal dunia pada 8 April 2020 di Rumah Sakit Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan pada usia 44 tahun. Kepergian mengejutkan sang penyanyi, produser musik dan film, serta pegiat industri musik Indonesia melahirkan kesedihan mendalam. Meninggalkan keluarga, sahabat, rekan, serta karya-karya yang akan selalu dikenang. Selamat jalan, Glenn Fredly. Rest in Love.

Click to comment

Leave a Comment

Advertisement
Cultura Podcast
Connect