Connect with us
soundtrack james bond
Picture by: SplashNews.com

Cultura Lists

10 Theme Songs Terbaik James Bond

Soundtrack terbaik James Bond 007 dari masa ke masa.

James Bond merupakan salah satu franchise film Hollywood tertua yang telah merilis 26 film. Film aksi agen rahasia 007 ini telah diproduksi sejak tahun 1962, diadaptasi dari novel Inggris karya Ian Fleming. Tak hanya menyajikan kisah petualangan yang penuh aksi dan misteri, film franchise ini selalu menarik perhatian dengan bergantinya berbagai aktor yang memainkan karakter James Bond hingga aktris yang menyandang status Bond Girl pada setiap judul terbaru dirilis.

Theme song atau soundtrack dari film James Bond juga tak luput dari perhatian para penikmat showbiz. Lebih dari sekedar lagu tema, original soundtrack juga menjadi atribut promosi film James Bond. Oleh karena itu, dari masa ke masa, lagu tema James Bond selalu memiliki standar yang harus diikuti oleh siapapun musisi yang menerima tawaran tersebut.

Dari puluhan theme song James Bond yang telah dirilis, tidak semuanya selalu mendapat respon yang memuaskan. Lebih dari sekedar musik yang catchy dan komersial, setiap lagu tema film ini harus mampu memadukan ‘Bond vibe’ dengan sentuhan personal musisi yang membawakan dengan komposisi yang sempurna.

No Time To Die merupakan film terbaru dari sekuel James Bond yang sebelumnya telah direncanakan rilis pada April 2020. Sayangnya, karena wabah corona virus yang semakin menyebar di beberapa negara, No Time To Die harus mengalami pengunduran jadwal rilis yang cukup jauh. Film yang masih dibintangi oleh Daniel Craig ini akan dirilis pada 12 November 2020 mendatang.

Daripada sedih karena batal nonton No Time To Die bulan depan, kita nikmati saja dulu 10 lagu tema James Bond terbaik dari masa ke masa.

Diamonds Are Forever – Shirley Bassey

Menjadi soundtrack dari film Diamonds Are Forever (1917), theme song yang dibawakan oleh Shirley Bassey satu ini merupakan salah satu yang paling klasik dan populer. Lagu ini sempat disample oleh Jay-Z dan Kanye West dalam lagu Diamonds From Sierra Leone. Dibawakan dengan lirik dan pola yang diulang-ulang, lagu ini sebetulnya memiliki layer aransemen musik yang semakin diakselerasi setiap baitnya. Dilengkapi dengan kualitas vokal Shirley yang powerful sekaligus menawan.

You Only Live Twice – Nancy Sinatra

Berikutnya giliran Nancy Sinatra yang mengisi theme song You Only Live Twice (1967). Lagu tema satu ini memiliki konsep aransemen musik yang lebih lembut dengan Swing Jazz, masih diiringi dengan orkestra yang tak pernah lepas dari setiap lagu tema film James Bond. Lagu ini terdengar ‘berbahaya’ sekaligus romantis menggambarkan persona James Bond yang sempurna.

Moonraker – Shirley Bassey

Shirley Bassey mendapatkan kepercayaan lagi untuk membawakan lagu tema James Bond pada film Moonraker (1979). Jika Diamonds Are Forever terdengar lebih powerful dan megah, Moonraker terdengar lebih lembut dengan warna musik Swing. Lagu tema satu ini terdengar dreamy, tak jauh berbeda dengan You Only Live Twice.

Licence To Kill – Gladys Knight

Memilih penyanyi wanita dengan kualitas vokal yang powerful tampaknya menjadi ciri khas dari project lagu tema James Bond di masa lalu. Salah satu lagu terbaik dari James Bond golden era berikutnya adalah Licence to Kill yang dibawakan oleh Gladys Knight. Dalam lagu ini, ia membawakan aransemen musik R&B berpadu dengan orkestra yang mengandung dinamika musik yang megah.

The World Is Not Enough – Garbage

Memasuki tahun 1990-an, image lagu tema James Bond mulai berubah menjadi musik Trip Hop yang lebih sensual dan misterius. Salah satu theme song James Bond terbaik pada era ini adalah The World Is Not Enough yang dibawakan oleh Garbage. Dengan film yang memiliki sentuhan Thriller, lagu tema ini juga memiliki nuansa suspense dan melankolis yang berpadu dalam musik Trip Hop.

Tomorrow Never Dies – Sheryl Crow

Sheryl Crow juga merupakan salah satu musisi yang berhasil mengeksekusi project lagu tema James Bond. Ia mendapatkan kesempatan tersebut dalam film Tomorrow Never Dies (1997). Dibuka dengan komposisi orkestra yang suspenseful, kemudian aransemen Trip Hop dan suara seksi Sheryl Crow. Lagu ini memiliki dinamika pola dan warna musik yang variatif, serta chorus yang powerful. Tak diragukan lagi, lagu tema ini merupakan salah satu yang terbaik.

Another Way To Die – Alicia Keys & Jack White

Sempat menjadi salah satu lagu tema James Bond yang paling dibenci, Another Way To Die merupakan salah satu lagu terbaik dalam franchise modern James Bond. Another Way To Die dibawakan oleh Alicia Keys dan Jack White, dua musisi dengan genre musik yang sangat bertolak belakang. Lagu tema ini dianggap terlalu keras dan nge-Rock untuk lagu James Bond. Sebagai lagu tema Quantum of Solace (2008), mungkin para penikmat lagu ini tidak paham bahwa film ini mengandung kisah James Bond yang sedang penuh dengan amarah dan keinginan balas dendam.

You Know My Name – Chris Cornell

Chris Cornell merupakan musisi yang patut diberi apresiasi lebih melalui You Know My Name. Sempat ragu mengambil project ini, Chris akhirnya mengerjakan lagu ini dengan dedikasi tinggi. Mulai dari datang ke lokasi syuting hingga memahami karakter James Bond yang masih asing baginya. Akhirnya terciptalah lagu Rock yang berpadu dengan musik orkestra. Menciptakan harmoni Rock Dessert paling elegan yang pernah ada. Lagu ini menjadi soundtrack untuk film Casino Royale (2006).

Skyfall – Adele

Bicara soal theme song James Bond terbaik, nama Adele tak boleh absen dari list. Penyanyi Inggris ini mendapatkan project lagu tema untuk film Skyfall (2012). Tak hanya memiliki lirik yang sesuai dengan persona James Bond, lagu ini memiliki aransemen musik dengan layer yang kompleks dan megah. Suara sendu namun powerful Adele berpadu dengan musik orkestra dengan sentuhan Trip Hop yang sensual.

No Time To Die – Billie Eilish

Billie Eilish menjadi musisi paling muda yang pernah terpilih sebagai pengisi lagu tema James Bond. Billie was born to sing James Bond song, ia berhasil mengeksekusi project ini dengan sukses. Dibantu dengan sang kakak, Finneas O’Connell, Billie mampu membawakan lagu No Time To Die dengan sentuhan pribadinya yang melebur sempurna dengan standard ‘Bond Vibe’.

Baca Juga: Phoebe Waller, Lashana Lynch, dan Rami Malek Sebagai Era Baru James Bond

Click to comment

Leave a Comment

indra lesmana indra lesmana

Indra Lesmana: Little Things from the Heart Album Review

Music

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Music

Natinson Liga Dangdut Natinson Liga Dangdut

Natinson: Liga Dangdut Single Review

Music

rekomendasi anime terbaik rekomendasi anime terbaik

12 Anime Terpopuler untuk Movie Marathon

Cultura Lists

Advertisement
Connect