Connect with us
Us
Us (2019)

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Horor Terbaik Dekade Terakhir

Sederet film horor terbaik dalam satu dekade (2010-2019).

Film horor mendapatkan perhatian lebih pada dekade lalu. Meski masih banyak film horor murahan dengan rating rendah, tak sedikit pula film horor berkualitas banyak dirilis. Beberapa judul bahkan berhasil masuk festival bergengsi hingga penghargaan besar seperti Academy Award.

Tak lagi memiliki cerita yang generik, semakin banyak naskah original maupun adaptasi yang dieksekusi sebagai film yang artistik dan memiliki esensi. Berikut rekomendasi film horor terbaik memasuki tahun 2010-an.

The Babadook (2014)

Amelia adalah seorang single-mother yang sedang berjuang melawan trauma setelah suaminya meninggal. Dengan keadaan mental yang tidak juga membaik, Amelia harus merawat anaknya yang mengaku melihat penampakan sosok misterius di rumah mereka. Awalnya Amelia beranggapan bahwa anaknya berimajinasi, hingga akhirnya Ia pun merasakan teror dari sosok tersebut.

The Babadook memiliki kisah drama horor yang bermain dengan keadaan psikologi protagonis. Ada sentuhan kisah hubungan ibu dan anak bermakna yang cukup menyentuh hati. Film ini memiliki definisi antara kenyataan dan delusi, hingga saat ini masih menimbulkan teori yang ambigu tentang sosok Babadook.

The Witch (2015)

The Witch merupakan film folklore horror yang diadaptasi dari legenda sosok penyihir. Cerita berfokus pada sebuah keluarga yang harus meninggalkan kota karena pertentangan kepercayaan. Namun, tinggal di padang antah-beranta justru membawa kesengsaraan baru bagi keluarga ini.

Film ini merupakan film debut dari sutradara Robert Eggers, dibintangi oleh Anya Taylor-Joy. Menghadirkan kisah legenda penyihir dengan produksi artistik dan kualitas akting setiap aktor yang “mengerikan” bagusnya.

Get Out (2017)

Chris merupakan pria ras kulit hitam, Ia merasa gelisah ketika harus menginap di rumah keluarga ras kulit putih sang kekasih, Rose Armitage. Kecanggungan sangat terasa semenjak Ia menginjakkan kaki di rumah keluarga Armitage, hingga akhirnya semua bukan hanya firasat Chris, memang ada yang aneh dengan keluarga kekasihnya tersebut.

Get Out merupakan salah satu film horor critical-acclaimed pada tahun 2017. Kualitas dari film ini juga terbukti dengan memenangkan penghargaan Oscar sebagai Best Original Screenplay.

Hereditary (2018)

Hereditary merupakan film horror bertema sekte yang sempat populer ketika rilis pada tahun 2018. Bercerita tentang keluarga Graham yang baru saja ditinggal oleh sang nenek, sosok yang cukup berpengaruh dalam keluarga tersebut. Kematian nenek pada akhirnya mengungkap masa lalu gelap yang mengancam keluarga Graham. Hereditary memiliki plot dengan pengembangan yang pelan dan “meledak” memasuki klimaks. Penampilan Toni Collette merupakan salah satu headline dari ulasan positif akan film ini.

Us (2019)

Melanjutkan kiprahnya sebagai sutradara film horor, Jordan Peele kembali merilis film pada tahun 2019 yaitu Us. Peele juga kembali menyajikan premis original ciptaannya sendiri, tentang komunitas doppelganger dengan seragam merah dan senjata gunting emas. Dalam film ini, setiap aktor dituntut tampil sebagai dua kepribadian dengan karakteristik yang kontras. Lupita Nyong’o sebagai protagonis mampu memberikan penampilan akting terbaik dalam debut film horornya ini.

The Lighthouse (2019)

Satu lagi film horor nominasi Oscar dari tahun lalu adalah The Lighthouse, dibintangi oleh Robert Pattinson dan Willem Dafoe. Bercerita tentang dua orang penjaga mercusuar yang harus bertugas di sebuah pulau tak berpenghuni selama satu bulan. Ketika agenda tidak berjalan sesuai rencana, kegilaan pun secara perlahan menyerang akal sehat mereka. Robert Eggers kembali mengangkat materi folklore dalam film keduanya ini.

Film ini mendapatkan banyak ulasan positif berkat penampilan kedua aktor yang maksimal dan kengerian horor yang berhasil didukung dengan visual dan efek suara berkualitas.

Midsommar (2019)

Film horor bertema sekte merupakan salah satu premis yang banyak diadaptasi oleh sutradara pada dekade 2010-an. Salah satu yang terbaik lagi adalah Midsommar karya Ari Aster yang juga mengangkat tema serupa pada film debutnya. Midsommar bercerita tentang Dani yang sedang berkabung. Sebagai pelarian, Ia pun secara impulsif menerima ajakan teman-teman kekasihnya untuk ikut mengunjungi sebuah komunitas pagan di Swedia.

Film horor ini menghadirkan berbagai konsep yang bertentangan dengan horor yang kita kenal selama ini. Mulai dari tampilan visual yang khas dengan warna-warna bunga pastel, hingga kejadian menegangkan yang justru terjadi saat pagi hari.

Veronica (2017)

Veronica merupakan Netflix Original Series yang sempat dinobatkan sebagai film paling menakutkan di platform VOD tersebut pada tahun 2017. Film horor dari Spanyol yang disutradarai oleh Paco Plaza ini terinspirasi dari kisah nyata seorang remaja perempuan bernama Estefania Lazaro yang meninggal secara misterius setelah bermain papan ouija pada tahun 1990. Tak jauh berbeda dari kisah nyata tersebut, Veronica juga memiliki plot serupa yang lebih didramatisir. Veronica memiliki plot cerita film horor yang cukup generik, namun penyajian plot yang rapi membuat film seru untuk ditonton.

Annihilation (2018)

Genre cosmic horror ala Lovecraft juga mewarnai deretan film horor terbaik pada dekade lalu. Annihilation merupakan film horor dengan sentuhan fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel berjudul serupa karya Jeff VanderMeer. Dibintangi oleh Natalie Portman sebagai Lena. Lena adalah seorang ilmuwan yang juga mantan tentara, mengambil misi berbahaya untuk menemukan apa yang terjadi pada suaminya yang tiba-tiba kembali setelah lama pergi meninggalkannya.

Berbeda dengan horor pada umumnya yang dekat dengan hantu maupun berbagai jenis fenomena supranatural, Annihilation menghadirkan materi horor dari sebuah fenomena ekstraterestrial, dalam bentuk sebuah medan misterius bernama The Shimmer. Film ini juga didukung dengan produksi visual yang artistik sekaligus sisi kelam yang meneror. Film ini didistribusikan melalui platform Netflix.

Cam (2018)

Satu lagi Netflix Original Movies bergenre horor terbaik adalah Cam. Film ini merupakan hidden-gem di platform Netflix. Tidak didukung dengan promosi yang maksimal, untungnya ada banyak penikmat film yang menonton kemudian memberikan ulasan positif pada film Cam. Kita akan tertipu dengan kemasannya yang tampak seperti film dewasa dengan konten sensual.

Sama seperti Annihilation, Cam memiliki cerita horor cosmic. Bercerita Alice yang diteror oleh sosok misterius di internet yang mencuri popularitasnya. Film ini juga didukung dengan visual dengan warna-warna merah muda neon sebagai karakteristik tokoh utama yang merupakan seorang web-girl di situs dewasa.

Honorable Mention:

  • Insidious (2010)
  • The Conjuring (2013)
  • It (2017)
  • 1922 (2017)
  • Ouija: Origin of Evil (2016)
  • A Quiet Place (2018)
Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect