Connect with us
Musisi paling berpengaruh dekade ini
Photo by Larry Busacca/BMA2015/Getty Images

Music

10 Musisi Paling Berpengaruh Dekade Ini

Satu dekade nyaris berakhir. Sebelum melangkah ke 2020, tak ada salahnya menilik kembali sederet musisi paling berpengaruh 10 tahun terakhir.

Di penghujung 2019 nanti, kita bukan hanya sekedar akan menyambut hadirnya tahun baru. Melainkan juga dekade baru. Sepanjang satu dekade terakhir terdapat pergeseran besar di industri musik. Salah satunya munculnya sederet penyanyi-penyanyi serta musisi baru yang membantu membentuk satu dekade ini.

Berikut ini merupakan 10 musisi berpengaruh yang membawa perubahan di industri musik selama 10 tahun terakhir.

Rihanna

Mulai dari “Umbrella,” “Take a Bow,” sampai “Diamonds,” dan “B—- Better Have My Money,” hits dari Rihanna mewarnai panggung demi panggung. Kesuksesan karir Rihanna pun tak berhenti di 14 mega hits yang menempati peringkat pertama di Billboard Chart. Melainkan juga kesuksesan membangun dirinya sebagai sebuah brand. Rihanna menjadi sosok dibalik berkibarnya Fenty Beauty, Savage x Fenty, Fenty fashion house, dan entah apa lagi yang akan dikembangkan oleh sang diva.

Melebarkan sayap dari industri musik memang bukan dimulai pertama kali oleh Rihanna. Meski tak bisa disangkal, satu dekade ini, selain melahirkan hits demi hits, RiRi juga berhasil membangun sebuah brand untuk dirinya.

Adele

Lagu-lagu emosional, lirik penuh ratapan patah hati, sampai gambaran sulitnya move on dari mantan tak terlepas dari Adele. “Rolling in the Deep,” “Hello,” dan tentu saja “Someone Like You” menjadi hits yang turut serta membangun dekade ini. Adele, pastinya tak terlepas dari itu.

Adele bukan hanya menjadi sosok yang melengangkan musik dengan tema patah hati. Seolah menjadi lemah karena cinta merupakan hal yang begitu wajar. Mungkin sewajar menyanyikan lagu tentang sang mantan di pesta pernikahannya. Selain itu, Adele menjadi salah satu musisi di dekade ini yang hadir dengan kualitas vokal paling menonjol. Saat industri musik dipenuhi dengan irama disko dan EDM, Adele menggebrak dengan musik akustik minimalis serta vokal menggelegar. Perubahan manis yang sepertinya sudah diharapkan.

Justin Bieber

Siapa yang mengenal nama Justin Bieber? Dimulai dari hits “Baby” di tahun 2009, sang superstar sama sekali tak kehilangan popularitasnya dalam 10 tahun terakhir. Malah Justin Bieber menggebrak dengan dirilisnya album ‘Purpose’ pada 2015. Sederet hits seperti “Love Yourself,” “Sorry,” “What Do You Mean,” sampai “Where Are Ü Now” membentuk musik pop di pertengahan dekade ini.

Selain memberikan pengaruh besar dengan rilisannya, Justin Bieber pun menjadi penyanyi yang sukses membangun fanbase-nya sendiri. Satu hal yang sebelumnya mungkin tak banyak dilakukan musisi lain. Biebers, nama fanbase dari sang penyanyi sempat merajai dan melahirkan kultur fandom di industri musik Hollywood. Satu lagi, Justin Bieber pun memulai era dimana musisi dikenal dari YouTube. Satu perubahan besar di dekade ini tentunya.

Miley Cyrus

Kembalinya Miley Cyrus ke industri musik seakan came in like a wrecking ball. “Wrecking Ball” menjadi mega hits di tahun 2013, yang disusul dengan sederet rilisan berikutnya dari sang mantan bintang Disney.

Namun tentu saja, Miley memberikan pengaruh lebih dari sekedar lagu hits. Perilisan “Wrecking Ball” dari album studio keempat, ‘Bangerz’ diiringi dengan perubahan karakter besar-besaran. Miley tampil dengan potongan rambut super pendek, lidah menjulur, dan baju minim. Video musik dan juga lirik bertema seksual pun memberikan kejutan besar.

Dibalik sederet kritik yang didapatkan, Miley memberikan peran besar untuk membawa kebebasan berekspresi di industri musik. Serta tentunya dimana lirik dengan tema seksual pun sama sekali normal dan layak menjadi hits.

Taylor Swift

Diantara nama musisi lain yang disebut berpengaruh di dekade ini, Taylor Swift merupakan salah satu yang tak diragukan lagi. Selain tentunya sederet penghargaan Artist of Decade yang didapatkan sang artis. Taylor memberikan perubahan untuk tema lagu. Dimana rilisannya berdasarkan dari pengalaman pribadi, yang tentu, memberi rasa keterikatan tersendiri dengan penggemar (serta pendengar).

Pengalaman jatuh cinta, patah hati, sampai dikhianati sahabat menjadi beberapa tema di lagu-lagu Taylor. Bahkan menjadi mega hits untuk sang penyanyi.

Taylor juga memberikan pengaruh besar bahwa musisi memiliki audience yang dapat memberi perubahan. Ia berbicara mengenai ketidakadilan di industri musik, baik secara langsung ataupun melalui lagu rilisannya. Bahkan sang musisi tanpa ragu memberikan kritik pada pemerintahan dan juga label yang turut membesarkan namanya.

Drake

Di genre hip-hop, memang ada beberapa nama yang layak masuk ke dalam daftar ini. Walau sepertinya, Drake menjadi salah satu yang memberikan perubahan terbesar. Pengaruh dari Champagne Papi tak hanya untuk hits yang ia rilis saja. Ia pun mengubah pandangan musik hip hop menjadi sesuatu yang mewah. Tak ada lagi gambaran mengenai musisi hip hop dengan penampilan serba lusuh. Sebaliknya, Drake justru menunjukan ada kaitan besar antara lifestyle dan musik.

Ia pun menghadirkan musik hip hop yang bisa dinikmati pendengar musik secara luas. Selain lirik yang memiliki kaitan dengan pendengarnya. Intip saja seperti “Hotline Bling,” atau “In My Feeling.”

Ed Sheeran

Tak jauh berbeda dengan Taylor Swift, Ed Sheeran pun menjadi musisi yang tak perlu diragukan lagi memiliki pengaruh besar di dekade ini. Hits demi hits, kolaborasi demi kolaborasi mewarnai kesuksesan sang penyanyi sekaligus musisi ini. Ed Sheeran hadir tak hanya sebagai penyanyi yang membawakan lagu di atas panggung atau pun di CD. Ia hadir dengan karakter kuat. Penampilan sederhana, dengan kaos serta gitar membangun karakter yang kuat antara dirinya dan pendengar.

Ed menulis lagu-lagunya sendiri. Selain juga melahirkan sederet hits untuk penyanyi lain. Musiknya memiliki sebuah karakter autentik khusus yang dengan mudah dikenali. Selain tentu, lirik mendalam yang memberikan rasa keterikatan pada pendengar. Sepertinya tak akan perlu banyak kata untuk membuktikan bahwa Ed Sheeran is artist of the decade.

Ariana Grande

Dibandingkan dengan sederet penyanyi dan musisi lain di daftar ini, Ariana Grande memang belum banyak membuktikan pengaruhnya. Selain ia menjadi sosok musisi yang para pendengar merasakan sebuah keterikatan secara khusus. Terutama dengan sederet rilisan terakhir dari album ‘Sweetener.’ Sama sekali tak akan mengherankan bila di dekade mendatang, Ariana akan semakin bersinar dan membawa perubahan begitu besar di industri musik dunia.

BTS

Ada dua boy group yang memiliki pengaruh besar di dekade ini: BTS dan One Direction. Meski begitu, berbeda dengan One Direction, BTS membawa pengaruh lebih besar karena membuka jalan bagi boy group K-pop untuk diterima di pasar lebih luas. Stigma dan pandangan untuk K-pop group memang lebih besar. BTS hadir mengubah pandangan tersebut, menghadirkan hits seperti “Idol,” dan “Boy With Luv,” sampai menggandeng musisi papan atas untuk berkolaborasi.

BTS pun memudahkan untuk K-pop group lain diterima di industri musik dunia. Terutama di Amerika Serikat. Selain itu, boy group dengan 7 member ini pun berhasil membuktikan kekuatan penggemar (ARMY -red) sebagai pendukung terbesar mereka.

Billie Eilish

Billie Eilish menjadi nama musisi termuda di daftar ini. Sang penyanyi yang baru berusia 18 tahun ini pun bisa dikatakan baru saja memulai karir dan bersinar di beberapa tahun terakhir. Walau begitu, Billie sudah membuktikan pengaruh besar yang ia bawa.

Menulis dan memproduseri musiknya sendiri, Billie memang tak mengusung musik pop atau hip-hop kebanyakan. Genre yang ia angkat condong pada indie pop sampai electronic dance musik dan electropop. Deretan genre yang sebelumnya akan sulit sekali menjadi hits. Tentu saja, ini diubah oleh Billie berkat lirik yang relatable. Memberikan keterikatan besar pada para pendengarnya. Sama sekali tak akan heran bila sang musisi akan menjadi semakin berkembang besar di dekade berikutnya.

Click to comment

Leave a Comment

musik indonesia dekade terakhir musik indonesia dekade terakhir

20 Karya Musik Indonesia Paling Penting Satu Dekade Terakhir

Music

Jackson Wang Jackson Wang

Jackson Wang: 100 Days Single Review

Music

Rafi Sudirman: When I’m All Alone Single Review Rafi Sudirman: When I’m All Alone Single Review

Rafi Sudirman: When I’m All Alone Single Review

Music

Lyodra Indonesian Idol 2020 Lyodra Indonesian Idol 2020

Indonesian Idol 2020: Pabrik Bintang Gen Z

Entertainment

Advertisement
Connect