Connect with us
Shoplifters review indonesia
Shoplifters (2018)

Cultura Lists

10 Film Drama Bermuatan Isu Sosial yang Menimbulkan Kesadaran

Sederet film yang mampu memberi dampak dan menyadarkan kita akan berbagai isu sosial.

Film belakangan ini menjadi media paling efektif untuk membuka mata kita akan isu sosial tertentu. Mulai dari isu kesenjangan sosial seperti dalam film Parasite (2019), hingga isu ras di mata hukum melalui banyak film seperti Just Mercy (2019).

Film-film seperti ini mampu memberikan dampak pada penonton dalam meningkatkan kesadaraan akan sebuah isu yang masih jarang diekspos. Dengan begini, industri perfilman juga memiliki makna lebih dari sekadar media seni dan hiburan, namun juga media yang informatif serta mengambil bagian dalam perubahan.

Berikut rekomendasi film drama bermuatan isu sosial yang patut kita tonton untuk memperluas wawasan akan isu tertentu dalam masyarakat di berbagai belahan dunia.

A Copy of My Mind

Dari dalam negeri sendiri ada film “A Copy of My Mind” karya sutradara Joko Anwar. Film ini memiliki naskah dan plot yang natural, memperlihatkan kehidupan sehari-hari Sari, seorang pekerja salon kecantikan kelas bawah. Kemudian Ia bertemu dengan Alek, penerjemah DVD bajakan.

Melalui film ini, kita akan melihat kontrasnya kehidupan kriminal kerah putih yang masih bisa hidup nyaman, dibandingkan dengan masyarakat kelas bawah yang tak punya salah dan hanya ingin mengisi perut dan bayar kos-kosan.

Marlina si Pembunuh Empat Babak

Melalui kisah Marlina yang dirampok dan diperkosa, kita bisa melihat bagaimana kehidupan di Sumba masih minim fasilitas. Mulai dari standar hidup yang masih rendah, keterbatasan infrastruktur, hingga kebutuhan akan jaminan keamanan dan hukum ketika terjadi tindakan kriminal. Membuat tindakan tercela sangat mudah dilakukan tanpa konsekuensi hukum yang adil.

Meski sebetulnya plot utama dari kisah ini adalah Marlina yang dibungkus dengan genre thriller, fakta-fakta tersebut tersebar pada setiap babak cerita yang patut kita simak.

Serious Men

Berikutnya ada film Bollywood berjudul “Serious Men”. Film ini membahas pentingnya pendidikan untuk keluar dari garis kemiskinan. Sayangnya, di India masih ada sistem kasta dimana kasta rendah tidak bisa mendapatkan pendidikan di sekolah yang layak. Dengan begini rantai kemiskinan jadi tidak bisa diputus dalam sebuah keluarga yang tidak beruntung lahir dari kasta rendah, bukan?

Dalam film Serious Men (2020), protagonis memiliki ambisi yang besar untuk membuat anaknya tampak jenius dengan segala cara, agar bisa mendapat pendidikan yang layak.

The White Tiger

“The White Tiger” merupakan film terbaru di Netflix yang mengangkat isu kesenjangan sosial di India. Dengan gaya penulisan kisah fiksi ala “Joker” atau “Taxi Driver”, kita akan melihat kisah Balram yang oportunis dan cerdik untuk naik status dari perbudakan yang Ia alami sejak kecil.

Meski merupakan kisah fiksi dengan penokohan anti-hero yang di dramatisir, kita akan kembali diajak memahami sistem sosial di India yang berpihak pada orang-orang kaya sejak lahir. Sementara orang miskin, sepandai atau memiliki potensi akan selama miskin karena tidak pernah diberi kesempatan dan memang sengaja dipupuk untuk memiliki mental budak yang naif.

Shoplifters

Kemiskinan adalah “ibu” dari kriminalitas, “Shoplifters” merupakan salah satu film yang menyajikan kisah dari kalimat tersebut. Dengan vibe-nya yang hangat dan penuh dengan suasana kekeluargaan, kita akan dibuat simpati pada keluarga Shibata yang mengajari anak mereka untuk mencuri. Mungkin sudah putus asa, tindakan tercela pun dihalalkan untuk tetap bisa makan dan hidup hari demi hari.

The Platform

Terlihat seperti film sci-fi thriller yang sadis, “The Platform” sebetulnya menyimpan pesan tentang sistem kesenjangan sosial di dunia. ‘Platform’ dalam film ini merupakan simulasi “sederhana” dari cara kerja dunia. Bagaimana orang dengan status yang lebih tinggi bisa makan enak, kemudian semakin ke bawah lapisan masyarakat, semakin sedikit makanan yang bisa mereka dapat. Hingga akhirnya kemiskinan mampu menjadi sumber dari sifat anarki dan tindakan kriminal di kalangan orang miskin yang sudah putus asa.

The Occupant

“The Occupant” merupakan film drama suspense tentang seorang pria yang hendak mengambil kembali statusnya sebagai orang kaya. Dalam film ini, kita akan melihat “standar hidup bahagia” di masyarakat. Dimana kenyataannya, keluarga kaya yang tinggal di apartemen mewah sekalipun belum tentu bahagia. Namun, protagonis dalam film ini digambarkan terobsesi dengan standar tersebut dan rela melakukan apapun sekalipun tanpa didasari emosi dan faktor sentimental.

Roma

Melalui keindahan sinematografinya, “Roma” hendak mengekspos kehidupan masyarakat menengah ke bawah di Mexico. Materi dalam film ini diambil dari ingatan masa kecil sang sutradara, Alfonso Cuaron. Dengan plot yang dieksekusi dengan natural, “Roma” memuat isu feminisme. Dimana baik Cleo maupun majikan wanitanya dengan status lebih tinggi pun harus terjebak dalam budaya patriarki.

Spotlight

“Spotlight” merupakan film tentang investigasi yang dilakukan oleh koran Boston Globe yang mengekspos kasus pelecehan seksual di komunitas gereja lokal. Diangkat dari kisah nyata, film ini memperluas kita akan potensi penyalahgunaan agama yang dilakukan oleh pihak tertentu demi kepuasan pribadi. Lembaga yang selama ini kita pikir suci ternyata tetap memiliki “human error” jika kita terlalu polos. Pada akhirnya, dimana pun kita berkomunitas, kita harus tetap waspada.

Short Term 12

Melalui film drama yang emosional dan menyentuh, kita akan diajak lebih peka tentang isu kekerasan pada anak di bawah umur melalui film “Short Term 12”. Ketika seorang anak memiliki masalah dalam mengontrol emosi atau tidak stabil, perlu pendekatan yang lebih lembut untuk memahami faktor yang menjadi pemicu sifat tersebut. Sebagai orang dewasa, sudah menjadi kewajiban kita untuk melindungi dan membentuk anak, terutama bagi mereka yang mengalami trauma atau tumbuh di lingkungan yang disfungsional.

Click to comment

Puka Beach Puka Beach

Rekomendasi Destinasi Liburan di Filipina

Travel

Things Heard and Seen Things Heard and Seen

Things Heard & Seen: Percampuran Horror Supranatural dan Drama Rumah Tangga

Film

Jupiter’s Legacy Jupiter’s Legacy

10 Serial Terbaru di Netflix (Mei 2021)

Cultura Lists

Army of the Dead Army of the Dead

10 Rekomendasi Film Terbaru di Netflix (Mei 2021)

Cultura Lists

Advertisement
Cultura Live Session
Connect