Connect with us
Chef 2014 movie
Chef (2014)

Cultura Lists

10 Best Movies About Food & Cooking

List film bertema cooking dan bisnis restaurant yang populer sekaligus mampu meramu cerita menarik.

Dunia dapur tak hanya memikat para pecinta masak atau makanan saja tetapi juga masyarakat luas. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya film yang bertema dunia masak. Ratingnya pun tinggi dan segmentasinya hampir segala usia baik lelaki maupun perempuan. Memasak tak hanya dianggap sebagai skill dasar seseorang dalam bertahan hidup tetapi juga profesi yang menarik.

Chef (2014)

Jon Favreau menunjukkan kebolehannya sebagai sutradara, penulis naskah, sekaligus aktor di film ini. Kisahnya tentang Carl Casper, seorang chef di restoran ternama yang memiliki idealisme tinggi. Sayangnya ia tak sejalan dengan atasannya si pemilik restoran. Apalagi Carl mendapat kritik buruk dari kritikus makanan. Ia pun mengamuk dan aksinya tersebut terekam dan viral di internet. Carl lalu berubah haluan membangun bisnis food truck sendiri. Salah satu aspek menarik dari film ini adalah tak hanya mengenai dunia masak saja tetapi juga hubungan keluarga. Hubungan antara Carl, mantan istri, dan anaknya digambarkan dengan realistis. Dialog-dialognya pun segar dan sentilan komedinya cukup kena. Akting Jo Favreau dan Sofia Vergara pun bagus dan saling melengkapi.

burnt movie

Burnt

Burnt (2015)

Fans Bradley Cooper akan senang menonton film ini. Ia berperan sebagai Chef Adam Jones yang sedang berada di puncak karir. Sayangnya Adam merusak semuanya karena narkoba dan perempuan. Adam sampai kehilangan Michelin Star, sebuah predikat prestisius bagi chef dan restoran. Walau pada bagian awal film Adam digambarkan terpuruk, ia mampu bangkit dan kembali menata hidup dengan membuka restoran baru. Meski publik cukup menyukai film ini, beberapa kritikus memberikan review buruk karena kurang terlihatnya passion memasak yang ditampilkan karakter Adam. Karakternya juga terlalu stereotip.

Julie & Julia (2009)

Amy Adams dan Meryl Streep, apalagi yang kurang? Dua bintang bersatu dalam Julie & Julia. Kedua tokohnya adalah nyata tetapi mereka ada di masa yang berbeda. Julia Child adalah seorang koki terkenal. Ia menulis buku masak dan memiliki acara televisi sendiri. Buku masaknya, Mastering The Art of French Cooking (1961) menginspirasi Julie Powell. Julie bertekad untuk memasak ke-524 resep Julia. Tentunya memasak satu persatu resep itu tak mudah. Julie harus mengalami jatuh bangun dalam usahanya belajar masak. Julie mendokumentasikan perjalanan memasaknya secara online. Kritikus menilai aktor yang memerankan suami dari Julie dan Julia tidak memiliki kualitas akting yang cukup baik. Padahal ada gambaran mengenai kehidupan pernikahan Julie dan Julia.

The Hundred-Foot Journey (2014)

Film ini memiliki cerita unik yaitu persaingan dua restoran. Satu restoran bergaya Prancis, Le Saule Pleureur, yang dipimpin perempuan bergaya ningrat Madame Mallory (Helen Mirren). Satu lagi adalah restoran India, Masion Mumbai dengan chef andalan Hassan (Manish Dayal). Tak hanya menggambarkan dunia masak, film ini juga mengangkat tema kebangsaan. Bagaimana dua bangsa dengan budaya makan berbeda hanya terpisah dalam jarak 100 langkah saja. The Hundred-Foot Journey juga mengangkat kisah mengenai para imigran India di Eropa. Ide cerita yang unik membuat film ini menjadi menarik.

big night movie review

Big Night

Big Night (1996)

Ini adalah salah satu film terbaik mengenai makanan dan chef. Kisahnya tentang dua orang bersaudara yang juga imigran di Amerika. Mereka mengelola restoran bernama Paradise. Kakaknya, Primo (Toni Shalhoub) adalah chef yang jenius. Adiknya, Secondon (Stanley Tucci) menghargai idealisme sekaligus talenta kakaknya. Namun Secondo harus melakukan sesuatu karena restoran mereka akan bangkrut. Ia pun mencari pertolongan pada Pascal. Padahal ia meniduri pasangan Pascal. Di sisi lain, Secondo juga memiliki pasangan. Selain mengenai kuliner, film ini juga membangun karakter tiap tokohnya dengan sangat baik. Melihat akting para tokohnya juga terasa menghibur.

Cook Up A Storm

Cook Up A Storm

Cook Up A Storm / Jue Zhan Shi Shen (2017)

Kisahnya tentang kompetisi masak antara dua chef bernama Sky dan Paul. Sky memiliki restoran masakan Kanton bernama Seven sementara Paul memiliki gelar Michelin. Sky dan Paul berkompetisi untuk sebuah kompetisi masak internasional. Namun akhirnya Sky dan Paul menyadari mereka memiliki kesamaan dan menciptakan makanan fusion yang memadukan antara timur dan barat. Tak hanya mengenai rivalitas di dunia masak saja, film ini juga menyisipkan kisah keluarga. Misalnya tentang Sky yang dianggap oleh ayahnya tak berbakat.

No Reservations (2007)

Film ini berkisah tentang seorang tante dengan keponakannya yang mengelola sebuah restoran. Kate (Catherin Zeta-Jones) mengelola restorannya seperti seorang sipir penjara sementara Nick (Aaron Eckhart) memiliki bakat masak yang sama dan dipandang sebagai rival. Pemilik restoran ingin agar Kate rajin menemui para fans yang memuji masakannya tapi melarang Kate menanggapi kritikan. Meski kondisi di dapur terlihat menarik tetapi pada kehidupan sosial, para tokohnya tidak mampu membangun chemistry. Selain soal masak, film ini diberi bumbu drama dengan Kate yang mengasuh anak angkat. Padahal Kate tak mau memiliki anak. Film ini merupakan remake dari Mostly Martha (2001).

East Side Sushi (2014)

East Side Sushi berkisah tentang seorang chef berdarah Meksiko Amerika yang bermimpi dapat bekerja di balik bar restoran Jepang. Ia bekerja membantu ayahnya, seorang vendor buah. Ia bangun tiap pagi pukul empat untuk membantu sang ayah. Namun suatu hari ia mengalami perampokan dan kemudia terpikir untuk mencari pekerjaan yang lebih aman dan menemukan lowongan kerja di sebuah restoran sushi. Ia lalu jatuh cinta pada sushi sejak gigitan tuna mentah pertama kalinya. Film ini tak hanya mengangkat tema makanan tapi juga dua kebudayaan yang saling bertolak belakang. Pemeran utamanya sendiri mendapat pujian kritikus sebagai seorang pendatang baru.

Le Chef / Comme un Chef (2012)

Film ini berkisah tentang Alexander Lagarde (Jean Reno) yang posisinya sebagai chef sedikit goyah karena pemilik restoran mengkritik pilihan masaknya. Masakannya menggunakan bahan makanan yang terlalu mahal. Pemilik restoran ingin agar Alexander memasak makanan yang lebih populer. Maka Alexander berjuang untuk memasak makanan modern tanpa menghilangkan nilai klasiknya. Tak hanya mengenai dapur, film ini juga menggambarkan pergulatan batin dan kehidupan pribadi sang chef. Film yang menarik dan segar berdurasi 90 menit.

Ratatouille (2007)

Bisa jadi inilah film bertema dunia masak paling populer tak hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Film ini telah berkali-kali diputar di televisi. Berkisah tentang seorang lelaki muda yang mengejar karir sebagai chef. Ia berteman dengan tikus yang pandai memasak dan mengajarinya hal-hal mengenai masak. Kehadiran tikus di dapur tentu saja membuat heboh dan jijik semua orang. Apalagi si tikus itu memiliki keluarga yang heran kenapa ia membantu manusia, bukan menghabiskan makanan saja di dapur. Selain menghibur, film ini muncul dalam bentuk animasi sehingga menggaet banyak penonton usia anak-anak.

Click to comment

Leave a Comment

Connect